TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Perilaku Bermedia Sosial Ini Bisa Merusak Mental, Segera Hindari!

Jangan biarkan media sosial membuatmu sakit secara mental

ilustrasi emosi akibat media sosial (pexels.com/cottonbro studio)

Intinya Sih...

  • Kecanduan media sosial membuat kurang produktif dan merusak kesehatan mental
  • Perbandingan diri dengan orang lain di media sosial dapat menurunkan rasa percaya diri dan memicu perasaan insecure
  • Oversharing dan perilaku pamer di media sosial dapat merusak mental dan menimbulkan rasa cemas serta negative thinking

Tak dapat dipungkiri bahwa media sosial memberikan banyak manfaat yang berarti dalam kehidupan saat ini jika digunakan dengan benar. Seperti menghilangkan kejenuhan, mencari cuan tambahan ataupun untuk menambah ilmu pengetahuan, wawasan dan juga pengalaman yang di share oleh orang lain. 

Maka sebaliknya, media sosial juga dapat berdampak negatif jika kurang bijak dalam menggunakannya. Karena bisa berpengaruh terhadap kesehatan mental, lho! Seperti lima perilaku bermedia sosial ini yang bisa merusak mental jika salah digunakan. 

1. Berselancar tanpa batas waktu

Keasyikan bermain media sosial tanpa batas waktu akan membuatmu menjadi kecanduan, lho! Pikiranmu akan selalu dipenuhi keinginan untuk berselancar di dunia maya. Jika sudah seperti itu, konsentrasimu menjadi mudah terpecah saat sedang melakukan suatu kegiatan karena keinginan untuk membuka media sosial yang tak kunjung henti. 

Nah, bukankah hal tersebut akan membuatmu jadi kurang produktif? Bahkan jika gak bisa mengendalikan diri baik, kamu bisa meninggalkan kegiatanmu demi bermain media sosial. Maka perilaku addict terhadap media sosial tersebut akan merusak mental sehatmu. Kamu gak bisa lagi membedakan mana kegiatan yang lebih penting dan wajib serta tidak di dalam hidupmu sendiri. 

2. Mudah membandingkan diri dengan orang lain

Tahukah kamu? Apa yang kamu lihat di media sosial belum tentu sesuai dengan kenyataannya. Nah, saat kamu gak bisa lagi membedakannya. Di mana kamu mudah terpengaruh karenanya, maka hal tersebut pertanda mentalmu mulai terkena imbasnya. 

Kamu menjadi mudah membandingkan dirimu sendiri dengan orang lain hanya karena melihat postingan mereka di media sosial. Sehingga rasa percaya dirimu juga akan ikut turun karenanya. Bahkan bisa membuatmu insecure, lho! Nah, jika terus dilanjutkan dan berlarut-larut, mentalmu sendiri yang akan rusak pada akhirnya. 

3. Meraih sesuatu dengan cara yang instan dan salah

Selalu berkaca pada kehidupan orang lain yang menurutmu lebih baik sebenarnya hal yang wajar. Namun, selama kamu bisa menjadikannya sebagai motivasi yang baik untukmu maju dan berkembang. Termasuk melakukannya dengan cara yang benar dan gak melanggar norma serta etika yang ada.

Karena saat kamu memilih untuk melakukannya dengan cara yang instan dan salah hanya demi memenuhi hasrat diri. Maka yang ada, mentalmu yang akan rusak karenanya. Seperti terlibat dalam prostitusi atau membuat konten yang menyinggung suatu kelompok tertentu hanya demi viral dan cepat menambah viewer sehingga menghasilkan banyak cuan tanpa memikirkan perasaan orang lain. 

4. Mudah pamer

Gak ada yang salah saat kamu merasa bangga akan kelebihan yang kamu miliki. Namun, bukan berarti pula kamu menjadi orang yang mudah pamer, lho! Karena perilaku tersebut menandakan kamu haus akan pengakuan orang lain terhadapmu. 

Sehingga kamu kerap kali posting betapa mewah dan hebatnya segala sesuatu yang kamu miliki. Nah, keinginan untuk terus mendapatkan perhatian dan pujian dari orang lain tersebutlah yang akan merusak mentalmu sendiri. Termasuk saat kamu merasa stres ketika apa yang kamu posting ternyata hanya mendapatkan sedikit like dan komen dari orang lain. 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Banyak Orang Mudah Iri dengan Pencapaian Orang lain

Verified Writer

Shella Rafika Sari

Yuk semangat menulis!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya