TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tips Belajar Bahasa Inggris ala Xaviera Putri Clash of Champions

Koneksikan hal yang kalian suka ke Bahasa Inggris!

Potret Xaviera Putri (instagram.com/xavieraaputri)

Nama Xaviera Putri saat ini sedang ramai diperbincangkan warganet setelah mengikuti Clash of Champions yang diselenggarakan Ruangguru. Dia viral lantaran kemampuannya dalam menjawab soal dalam hitungan detik. Tak heran, adik ipar Belva Devara itu memang memiliki segudang prestasi. Dia juga merupakan penerima beasiswa KAIST di korea.

Sebagai mahasiswa yang kuliah di luar negeri, tentunya ia juga memiliki kemampuan dalam berbahasa Inggris. Ia pun pernah membagikan beberapa tips belajar bahasa Inggris di kanal youtube pribadinya. Yuk, ikuti juga tips dari Xaviera berikut ini supaya level bahasa Inggrismu naik.

Baca Juga: 10 Idiom Bahasa Inggris Menggunakan Kata Live

1. Koneksikan hal favoritmu ke bahasa Inggris

Sebelum mengetahui tips tertentu dalam mempelajari bahasa Inggris, terlebih dahulu lakukan tips umum yaitu koneksikan hal yang kalian suka ke bahasa Inggris. Misalnya kamu menyukai masak-memasak, koneksikan hal tersebut ke bahasa Inggris dengan menonton tutorial masak berbahasa Inggris.

Dengan mengkoneksikan hal favoritmu ke bahasa Inggris, kalian akan menyukai bahasa Inggris dan akan familiar dengan bahasa Inggris. Sehingga kalian tidak akan merasa terbebani saat mempelajarinya.

2. Mempelajari reading & writting

Sama seperti yang telah dibahas sebelumnya, "koneksikan hal favoritmu ke bahasa Inggris." Maka, untuk belajar reading, bacalah buku berbahasa Inggris yang topiknya kalian suka. Kalau kalian suka membaca novel, kalian bisa mulai mempelajari reading lewat novel berbahasa Inggris. Atau jika kalian suka membaca berita, bisa membaca artikel berbahasa Inggris.

Xaviera pribadi sudah terbiasa membaca buku bahasa Inggris sejak kecil. Namun, bukan berarti kalian yang baru mulai membaca bacaan bahasa Inggris di usia dewasa terlambat. Tidak ada kata terlambat dalam belajar. So, tidak mengapa jika baru memulainya sekarang. Xaviera pun memberikan buku rekomendasi untuk belajar bahasa Inggris yaitu buku berjudul Life's Golden Ticket dan The Alchemist.

Sementara itu, untuk belajar menulis dalam bahasa Inggris, kalian bisa menuliskan kembali kalimat dari apa yang telah kalian baca sebelumnya tanpa melihat buku/artikel yang telah dibaca. Kalian juga bisa mencoba merakit kalimat (memparafrase) apa yang telah kalian baca tersebut. Dengan begitu, kalian akan terbiasa menulis kata-kata berbahasa Inggris.

Jika ingin punya fondasi yang lebih kuat dalam hal reading & writting, Xaviera menganjurkan untuk beralih ke buku TOEFL atau buku profesional lainnya untuk belajar. Apalagi jika tujuan kalian dalam belajar bahasa Inggris adalah untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri, hal tersebut akan sangat membantu.

3. Belajar listening comprehension

Dalam mempelajari listening, kalian bisa memulainya dengan membiasakan diri kalian  untuk mendengarkan podcast, lagu, atau video berbahasa Inggris. Kalian bisa mulai dari topik-topik atau genre yang kalian suka. Tentukan juga aksen-aksen bahasa Inggris yang ingin kalian pelajari dan gunakan nantinya, sehingga kalian bisa memilih video dengan aksen yang tepat.

Untuk belajar listening lewat film atau video, khususnya untuk pemula, kalian bisa pakai subtitle terlebih dahulu. Setelah itu, barulah mencoba untuk mematikan subtitle untuk mengasah kemampuan mendengarkan kalimat atau percakapan bahasa Inggris. Tes diri kalian, apakah kalian mengerti atau tidak dengan apa yang kalian dengar tersebut. Ada beberapa kanal youtube yang direkomendasikan oleh Xaviera antara lain VOX, National Geographic, dan Discovery. Selain itu, Xaviera juga merekomendasikan tv series favoritnya, yaitu Sherlock.

Verified Writer

Fida Nabila Noor Hasanah

Mahasiswa yang hobi nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya