TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Melatih Speaking Bahasa Inggris, Terapkan Supaya Jago!

Ingatlah "practice makes perfect"

ilustrasi dua orang mengobrol (pexels.com/nappy)

Intinya Sih...

  • Berlatih speaking bahasa Inggris dengan teman belajar, mulai dari campur percakapan hingga tidak menggunakan bahasa Indonesia
  • Memanfaatkan platform atau aplikasi untuk berinteraksi dengan penutur asli, serta melalui media audiovisual seperti video dan lagu berbahasa Inggris
  • Berbicara dengan diri sendiri dalam bahasa Inggris, menciptakan situasi dan pertanyaan, serta menerapkan prinsip "practice makes perfect"

Kemampuan speaking dalam bahasa Inggris sangat penting untuk diasah. Akan tetapi, sebagian orang banyak yang mengeluhkan bahwa berbicara dalam bahasa Inggris tidak mudah dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menguasainya.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi seseorang sulit dalam menguasai kemampuan ini, seperti tidak tahu harus mulai darimana, jarang berlatih, tidak percaya diri, dan masih banyak lagi.

Pada kasus ini, kamu dapat mencoba beberapa cara untuk agar speaking-mu bisa advanced alias jago, seperti penutur asli. Harap simak cara berikut ini, ya!

1. Mencari partner untuk berlatih

Cara ini adalah cara yang paling umum dilakukan oleh banyak orang. Pertama, kamu bisa mencari teman yang sama-sama mau belajar bahasa Inggris. Setelah itu, kamu bisa mengatur jadwal tetap untuk berlatih bersama.

Saat awal pembelajaran, kamu boleh mencampur percakapan dengan bahasa Indonesia. Ketika sudah di tahap yang cukup jauh, barulah kamu bisa menerapkan aturan untuk tidak menggunakan bahasa Indonesia dalam percakapan.

Kedua, kamu bisa memanfaatkan platform atau aplikasi yang membantumu untuk berinteraksi dengan orang asing atau bahkan penutur asli. Kamu bisa mencoba Ome Tv, Omegle, Azar, Hello Pal, dan lain-lain.

2. Meniru cara bicara penutur asli

Cara ini bisa kamu lakukan melalui media audiovisual, yaitu melalui video dengan konten apapun sesuai preferensi. Mulai dari berita, podcast, vlog, variety show, dan lainnya. Kamu bisa menemukan saluran internasional di YouTube, seperti TEDx Talks, IELTS English Academy,  BBC News, Trevor Noah, dan masih banyak lagi. Lalu, bagaimana caranya?

Pertama, setelah kamu mendengar serangkaian kalimat yang diucapkan oleh penutur, kamu bisa menjeda video tersebut. Untuk apa? Pastinya untuk kamu tiru. Kamu bisa meniru apa yang mereka bicarakan pada saat itu. Selain berguna untuk melatih kemampuan berbicara, ini juga melatih kemampuan pendengaran (listening) dan juga pelafalan (pronunciation).

Dengan meniru penutur asli, kamu dapat mengetahui bagaimana cara pelafalan kosa kata yang mungkin selama ini kamu tidak tahu atau kurang tepat dalam melafalkannya. Ditambah lagi, kamu dapat menyerap kepercayaan diri mereka saat berbicara menggunakan bahasa Inggris.

3. Menjadikan lirik lagu sebagai media pembelajaran

Buat kamu yang hobi banget dengerin lagu, kamu harus tahu satu hal. Lagu itu bukan hanya berfungsi sebagai media hiburan, tetapi juga media pembelajaran. Dalam hal ini, kamu bisa melatih kemampuan speaking dalam bahasa Inggris, lho! 

Pertama, pilihlah lagu berbahasa Inggris yang kamu sukai. Lalu, ketika sudah hafal liriknya, kamu bisa melafalkan lirik tersebut tanpa nada. Maksudnya bagaimana? Kamu harus melafalkan lirik tersebut seperti sedang berbicara pada umumnya, bukan bernyanyi. 

Cara tersebut sangat membantu kamu yang sulit menangkap pembelajaran yang dilakukan secara pakem atau kaku. Seperti yang kita ketahui bahwa ketika belajar dengan cara yang santai atau kita sukai, akan memudahkan proses penyerapan pembelajaran. Setuju?

4. Berlatih berbicara sendiri dengan cermin

Apa yang bisa kamu bicarakan dengan diri sendiri? Banyak hal. Apapun yang ingin kamu katakan, jangan hanya disimpan di dalam hati. Justru, kamu harus keluarkan lewat kata-kata menggunakan bahasa Inggris. Selain itu, kamu bisa menciptakan situasi yang disertai dengan pertanyaan-pertanyaan. Nantinya, kamu sendiri yang akan menjawabnya.

Misalnya, kamu bisa menciptakan situasi ketika hendak melakukan interview dengan HRD. Maka, kemungkinan pertanyaan yang muncul adalah "Apa kelebihan dan kekuranganmu?" "Mengapa kamu melamar posisi ini?" dan lain-lain. Tantangannya adalah kamu harus menjawab dengan bahasa Inggris!

Demi mendukung proses latihan tersebut, kamu bisa menggunakan cermin atau kamera ponsel untuk mengontrol ekspresi wajah dan gesturmu saat berbicara. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur rekaman suara atau video. Ini bertujuan untuk mengulas kembali bagaimana cara kamu berbicara. 

Baca Juga: 3 Alasan Kenapa Basa-basi Itu Penting di Dunia Kerja!

Verified Writer

Fatimah Tuzzahrah

hope my articles are beneficial for you (;

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya