TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Belajar Bahasa Inggris lewat Film, Fokus pada Spelling! 

Pakai subtitle dulu gak masalah, kok!

ilustrasi belajar lewat film (freepik.com/freepik)

Pusing belajar bahasa Inggris tapi gak bisa-bisa? Tenang, belajar bahasa Inggris bisa jadi pengalaman yang menyenangkan dan efektif saat dilakukan dengan cara yang menarik. Salah satunya adalah lewat menonton film.

Menggunakan film sebagai alat bantu belajar gak hanya mengasah kemampuan listening dan speaking, tapi juga meningkatkan pemahaman kosakata dan grammar. Penasaran caranya? Simak yuk, lima cara efektif belajar bahasa Inggris lewat film yang bisa membantumu menguasai bahasa dengan lebih cepat dan menyenangkan.

Baca Juga: 30 Ucapan Kemerdekaan RI dalam Bahasa Inggris, Bermakna Banget!

1. Pilih film yang sesuai dengan tingkat kemampuan

Jangan salah, pertama-tama kamu memilih film yang sesuai dengan tingkat kemampuan bahasa Inggrismu. Jika kamu baru memulai belajar bahasa Inggris, sebaiknya pilih film yang punya dialog sederhana dan jelas, seperti film anak-anak atau film keluarga. Film-film ini biasanya menggunakan bahasa yang lebih mudah dipahami dan gak terlalu banyak istilah atau slang yang bikin bingung.

Kemudian, untuk pelajar tingkat menengah, film drama atau komedi dengan dialog sehari-hari bisa jadi pilihan yang baik. Film-film ini biasanya mencerminkan percakapan sehari-hari dan bisa membantumu memahami ungkapan atau idiom yang sering digunakan dalam kehidupan nyata. Bagi pelajar tingkat lanjutan, film dengan genre yang lebih kompleks seperti thriller, fiksi ilmiah, atau dokumenter bisa jadi tantangan yang menarik untuk mengasah kemampuan bahasamu.

2. Gunakan subtitle sebagai bantuan

Gak ada salahnya menggunakan subtitle untuk meningkatkan pemahaman saat menonton film dalam bahasa Inggris. Subtitle bisa membantumu mengikuti alur cerita dan memahami kata-kata yang diucapkan oleh karakter dalam film. Ada beberapa cara menggunakan subtitle yang bisa kamu coba sesuai dengan tingkat kemampuan bahasamu, lho.

Untuk pemula, menggunakan subtitle dalam bahasa aslimu adalah step awal yang baik. Ini akan membantumu memahami konteks dan alur cerita tanpa merasa terlalu pusing oleh bahasa asing. Setelah kamu merasa lebih nyaman, cobalah beralih ke subtitle bahasa Inggris. Ini akan membantumu mengaitkan kata-kata yang didengar dengan teks yang ditampilkan, sehingga meningkatkan kemampuan mendengar dan membaca secara bersamaan.

Selanjutnya, bagi pelajar tingkat menengah dan lanjutan, menonton film tanpa subtitle adalah tantangan yang bisa membantu meningkatkan kemampuan mendengar. Tanpa bantuan teks, kamu akan lebih fokus pada pengucapan dan intonasi karakter dalam film, yang bisa meningkatkan kemampuan memahami percakapan dalam bahasa Inggris secara natural. Jika mengalami kesulitan, kamu bisa menghentikan sementara film dan mencari arti kata-kata yang gak dipahami.

3. Fokus pada pengucapan dan intonasi

Pengucapan dan intonasi adalah dua aspek penting dalam belajar bahasa Inggris yang bisa diasah lewat menonton film. Jadi, saat menonton film, perhatikan bagaimana aktor mengucapkan kata-kata dan kalimat, serta bagaimana intonasi berubah tergantung pada emosi dan situasi. Meniru cara berbicara aktor dalam film bisa membantumu meningkatkan pengucapan dan bikin bahasa Inggris mu terdengar lebih alami.

Salah satu teknik yang bisa digunakan adalah metode shadowing, dimana kamu menirukan percakapan atau dialog yang didengar dalam film. Pilih beberapa adegan yang kamu suka, dan cobalah menirukan cara aktor berbicara. Perhatikan pengucapan, tekanan kata, dan intonasi suaranya. Dengan melakukan latihan ini secara rutin, kamu bisa meningkatkan kemampuan speaking dan membangun rasa percaya diri dalam menggunakan bahasa Inggris.

4. Analisis kosakata dan ungkapan

Gak salah lagi, film adalah sumber yang kaya akan kosakata dan ungkapan bahasa Inggris yang bervariasi. Saat menonton film, catat kata-kata baru atau ungkapan yang menarik perhatianmu. Setelah menonton, cari arti dan penggunaan kata atau frasa tersebut dalam kamus atau sumber lainnya.

Pahami konteks penggunaan kosakata dan ungkapan dalam film demi membantumu memperkaya kosakata dan meningkatkan pemahaman bahasa Inggris. Setelah mencatat kosakata baru, cobalah menggunakannya dalam kalimat atau percakapan sehari-hari. Ini bisa dilakukan lewat berbicara dengan teman yang juga belajar bahasa Inggris, menulis jurnal harian, atau berlatih bicara di depan cermin. Gunakan kosakata baru dalam konteks yang berbeda sehingga kamu bisa mengingat dan memahami penggunaannya dengan lebih baik.

Selain itu, film juga mengandung idiom, slang, atau ungkapan yang gak bisa diterjemahkan secara langsung. Pahami idiom dan ungkapan ini demi meningkatkan kefasihan mu dalam bahasa Inggris dan membantumu berkomunikasi lebih efektif dengan native speaker. Luangkan waktu untuk mencari arti dan penggunaan idiom atau ungkapan yang kamu temui dalam film, dan selalu coba untuk menggunakannya dalam percakapan sehari-hari.

Verified Writer

Desy Damayanti

Read what I write and you will find out who I really am, IG: Desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya