Comscore Tracker

5 Desain Unik Perpustakaan di Rumah Dijamin Bikin Nyaman Membaca

Mimpi seluruh pencinta buku nih!

Artikel ini merupakan kerjasama dengan Dekoruma

Apa yang menjadi mimpi dari para pencinta buku? Jawabannya sudah pasti seragam: memiliki perpustakaan pribadi di rumah untuk menyimpan koleksi buku-buku dengan rapi. Nah, kalau kamu punya anggaran dan tenaga untuk membangun perpustakaan di rumah, jangan tunda-tunda lagi untuk merealisasikan mimpimu! 

Kamu bisa mengkhususkan satu ruangan yang akan ditransformasi menjadi perpustakaan pribadi idaman atau menggunakan salah satu sudut pada ruangan di rumah. Desainlah dengan bantuan desainer interior atau desain sendiri dengan referensi dari buku dan internet. 

Pada dasarnya, perpustakaan, terutama di rumah, bukan cuma ruangan yang diisi rak buku dan diberi tempat duduk untuk membaca. Banyak faktor yang mendukung dalam proses penciptaan perpustakaan pribadi dengan desain yang menggugah. Dekoruma sudah mengumpulkan lima desain perpustakaan di rumah yang bisa kamu ikuti. Yuk, simak di bawah ini!

1. Kombinasi minimalis dan klasik

5 Desain Unik Perpustakaan di Rumah Dijamin Bikin Nyaman Membacastylesourcebook.com

Daripada tampil terlalu polos dengan desain minimalis atau terlalu klasik, mengapa kamu tidak memadukan keduanya? Hadirkan warna netral pada aspek-aspek utama perpustakaan seperti pintu, dinding, rak buku, lantai, karpet, dan tirai. Kemudian, tambahkan furnitur-furnitur bergaya mid-century modern atau klasik seperti sofa, lampu gantung berukir, dan meja vintage sebagai aksen yang melengkapi gaya klasik kontemporer perpustakaanmu. 

2. Perpustakaan penuh warna

5 Desain Unik Perpustakaan di Rumah Dijamin Bikin Nyaman Membacafreshome.com

Desain perpustakaan di rumah yang minimalis dan didominasi warna netral memang bisa membawa suasana ketenangan. Namun desain seperti ini kadang bisa membosankan. Salah satu cara untuk menghindari rasa bosan tersebut adalah dengan memberi warna lain pada perpustakaan pribadi. Bukan hanya buku koleksimu yang penuh warna, tapi juga perpustakaannya itu sendiri. 

Tentukan satu warna utama dan beberapa warna tambahan lain yang masih dalam satu skema warna. Warna utama diletakkan pada dinding dan warna pada furnitur dan dekorasi dalam perpustakaan. Kombinasikan juga warna-warna lain untuk efek visual yang lebih menggugah. 

3. Unik dengan rak diagonal

5 Desain Unik Perpustakaan di Rumah Dijamin Bikin Nyaman Membacahomecrux.com

Tidak bisa dimungkiri bahwa rak buku adalah furnitur utama yang membentuk perpustakaan di rumah. Desainnya pun bermacam-macam, mulai dari rak freestanding pendek sampai yang terintegrasi dari langit-langit sampai ke lantai. 

Selain itu, ada juga berbentuk diagonal. Mulai dari yang berdiri sendiri hingga terbuat dari kotak penyimpanan terbuka, rak diagonal ini cocok diletakkan di perpustakaan rumah bila kamu ingin membuat perpustakaanmu ini berbeda dari yang lainnya.

Baca Juga: Diperingati 14 September, Ini Fakta Unik Hari Kunjung Perpustakaan

4. Kombinasikan dengan ruang kerja

5 Desain Unik Perpustakaan di Rumah Dijamin Bikin Nyaman MembacaDekoruma

Jika ruangan di rumah terbatas tapi keinginan untuk membuat perpustakaan sudah tidak terbendung, kombinasikan ruang kerja dengan perpustakaan pribadi. Kalau kamu suka bekerja atau belajar menggunakan buku sebagai referensi, buku-buku tersebut akan berada dalam jangkauan yang dekat. Kamu tinggal memaksimalkan rak di ruang kerja dan tempatkan buku-bukumu di situ.

5. Manfaatkan ruang bawah tangga

5 Desain Unik Perpustakaan di Rumah Dijamin Bikin Nyaman Membacadekoruma.com

Punya ruangan di bawah tangga yang posisinya sedikit aneh dan sulit untuk difungsikan jadi ruangan lain? Ubah saja jadi perpustakaan. Mulailah dengan menempatkan rak persis di bawah tangga dan sesuaikan bentuknya. Lalu, letakkan rak-rak lain di sekeliling tangga, tempat duduk berupa kursi lounge atau sofa, dan karpet dengan bantal-bantal jika kamu suka duduk di lantai. Voila! Jadilah perpustakaan pribadi yang memanfaatkan ruang tidak terpakai. 

Dengan punya perpustakaan sendiri, kamu bisa lebih nyaman ketika membaca buku tanpa perlu takut ada gangguan dari orang lain yang lalu-lalang di rumah. Mengatur koleksi pun bakal jauh lebih mudah dan teratur dengan ketersediaan tempat yang banyak yang didedikasikan khusus buat buku-buku kesayanganmu. 

Baca Juga: Makassar Biennale 2019: Migrasi, Sungai dan Kuliner dalam Kesenian

Topic:

  • Irwan Idris

Just For You