Comscore Tracker

Jangan Salah Lagi, 12 Urutan Makeup Bikin Pemula

Temukan tips dari makeup artist

Sulsel, IDN Times - Saat ini, produk makeup yang membanjiri pasar kian beragam dengan fungsi yang makin spesifik pula. Oleh karena itu, makeup tidak lagi sesimpel: pelembab, foundation, bedak, dan lipstik.

Sebagai pemula, kamu mungkin tengah kebingungan bagaimana mengaplikasikan makeup dengan benar. Sebenarnya tidak ada aturan tetap dalam mengaplikasikan makeup, hal ini bisa disesuaikan dengan gaya dan kesukaan masing-masing.

Meski begitu, urutan item makeup yang tepat mampu mempertahankan setiap lapisan makeup. Berikut ini step by step makeup yang ingin kamu gunakan khususnya pemula.

Simak nih.

1. Moisturizer

Jangan Salah Lagi, 12 Urutan Makeup Bikin Pemulaunsplash.com/ The Honest Company

Ini adalah lapisan pertama dan paling penting. Pelembab mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung.

Selain itu, menggunakan pelembap sebelum makeup bisa memberikan efek lembap dan membantu semua item makeup yang terbuat dari bubuk bisa meresap dengan baik.

2. Primer

Jangan Salah Lagi, 12 Urutan Makeup Bikin PemulaInstagram/kamalibeauty

Bila selama ini kamu masih bingung, pelembap atau primer yang harus diaplikasikan terlebih dahulu, sekarang kamu punya jawabannya. Ya, ternyata primer bisa kamu gunakan pada lapisan kedua.

Kegunaannya sama dengan pelembap, yakni untuk mengikat dan meresap makeup bubuk ke dalam kulit. Hasil makeup juga akan terlihat lebih dewy.

3. Foundation

Jangan Salah Lagi, 12 Urutan Makeup Bikin PemulaInstagram/wetnwildindonesia

Untuk mengaplikasikan foundation yang baik dan benar, kamu bisa mengoleskannya pada bagian utama wajah, misalnya hidung, mata, dahi atau sekitaran garis T-zone.

Hal ini dilakukan guna mencegah terjadi penumpukan minyak wajah yang bisa merusak tatanan makeup. Kamu bisa mengaplikasikannya menggunakan spons, beauty blender atau brush.

4. Concealer

Jangan Salah Lagi, 12 Urutan Makeup Bikin Pemulacultbeauty.co.uk

Concealer bisa kamu aplikasikan usai foundation. Sebenarnya concealer hanya bertugas menyempurnakan permukaan kulit dari noda-noda seperti flek hitam atau garis di bawah mata. Selain itu, kamu juga bisa mengoleskan concealer di kelopak mata sebagai base eyeshadow.

5. Setting Powder

Jangan Salah Lagi, 12 Urutan Makeup Bikin PemulaInstagram/blpbeauty

Setting powder berguna agar makeup tahan lama. Menurut MUA ternama, Hector Simancas proses backing dengan setting powder ini mampu mempertahankan seluruh makeup yang telah kamu gunakan loh. Sehingga makeup bisa lebih tahan lama dan pastinya lembab.

6. Eyeshadow

Jangan Salah Lagi, 12 Urutan Makeup Bikin PemulaMilanicosmetics.com

Kamu bisa mengombinasikan beberapa warna pada kelopak mata. Namun, ada baiknya bila membubuhkan warna-warna netral seperti nude. Kemudian memberikan warna gelap di bagian ujung mata.

Pada bagian tengah kamu bisa mengaplikasikan warna cerah serta gliter yang akan membuat tampilan mata lebih segar dan cerah.

Baca Juga: Super Glowing, Ini 7 Rekomendasi Makeup Pemula ala Suhay Salim

7. Eyebrow

Jangan Salah Lagi, 12 Urutan Makeup Bikin PemulaInstagram/benefitindonesia

Untuk memperindah bagian alis, setiap perempuan membutuhkan waktu yang lebih lama. Oleh sebab itu, alis menjadi elemen yang paling penting dalam urutan makeup. Kamu bisa menggunakan alis berbentuk pensil, palette, maupun gel.

8. Eyeliner

Jangan Salah Lagi, 12 Urutan Makeup Bikin Pemulainstagram/instaperfectbywardah

Bagi pemula, pengaplikasian eyeliner mungkin yang paling sulit setelah alis. Tapi tenang, kamu bisa menggunakan eyeliner pencil yang memiliki ujung lebih runcing sehingga bisa memudahkan pengaplikasiannya.

Buat garis tipis di atas bulu mata, perlahan saja agar garis tetap lurus dan rapi.

9. Blush on

Jangan Salah Lagi, 12 Urutan Makeup Bikin Pemulasephora.ae

Membubuhkan blush on memang terasa sangat menyenangkan. Warna-warna cerah sebagai perona pipi biasanya terdiri dari beberapa warna seperti, pink, dusty pink, peach, fucshia dan lainnya.

Untuk kulit perempuan di Indonesia biasanya lebih cocok menggunakan warna pink dan peach. Kamu bisa mengoleskan blush on powder atau padat di tulang pipi atau tepat di bawah mata seperti korean style blush.

10. Contour

Jangan Salah Lagi, 12 Urutan Makeup Bikin Pemulaelleyajoku.com

Tak sedikit perempuan yang bingung harus menggunakan contour di urutan ke berapa. Tapi menurut Carmen Williamson seorang MUA asal Joanna Czech Dallas, mengaplikasikan contour powder di tahap akhir mampu memberikan kesempatan untuk kamu menyempurnakan makeup. Kamu bisa melihat sudut mana yang harus diberikan contour, misalnya pipi, dahi, dan hidung.

11. Highlighter

Jangan Salah Lagi, 12 Urutan Makeup Bikin Pemulainstagram/sorchacosmetic

Untuk mendapatkan wajah yang berkilau, kamu bisa memakai bubuk highlighter di area tulang atas pipi, hidung, dagu dan atas bibir. Item makeup ini mampu menyempurnakan tampilan makeup lho.

12. Lipstik

Jangan Salah Lagi, 12 Urutan Makeup Bikin Pemulainstagram.com/makeoverid/

Kamu bisa menggunakan lipstik, lip cream, lip tent atau pewarna bibir lainnya yang cocok dengan kondisi kulitmu. Untuk memberikan hasil yang lebih rapi dan sesuai dengan garis bibir, kamu bisa terlebih dahulu menggunakan lip liner. 

Nah, demikian urutan makeup. Selamat mencoba!

Jangan Salah Lagi, 12 Urutan Makeup Bikin PemulaIDN Times/Arief Rahmat

Baca Juga: Kerap Tampil Memesona, Ini 7 Rahasia Makeup Rutin Nagita Slavina

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You