Comscore Tracker

Terapkan 5 Hal Penting Ini Saat Wawancara Kerja, HRD Dijamin Kagum!

Kamu harus menunjukkan kualitas dirimu, guys!

Tips menghadapi wawancara perlu kamu pelajari agar pekerjaan yang kamu inginkan bisa diraih. Untuk kamu yang jadi job seeker, tentunya wawancara kerja adalah hal yang krusial. Mungkin banyak di antara kamu yang tidak lolos wawancara hanya karena hal-hal sepele. Pastinya kamu tidak ingin gagal wawancara dong! Kamu perlu terapkan 5 hal di bawah ini! 

1. Branding diri kamu di media sosial. Diam-diam HRD akan kepoin kamu, lho!

Terapkan 5 Hal Penting Ini Saat Wawancara Kerja, HRD Dijamin Kagum!Foto oleh Tracy Le Blanc dari Pexels

Di era digital sekarang ini, semua orang bisa mengakses apa saja melalui internet. Yang perlu kamu tahu, sebelum HRD memberikanmu panggilan, diam-diam ia akan kepo tentang media sosialmu, lho! Maka dari itu, kamu perlu melakukan branding di media sosial, khususnya di instagram. Kamu bisa mengatur feed dengan aplikasi unum dan memberikan bio yang seolah-olah mempromosikan dirimu. 

2. Memberikan CV dengan desain yang menarik dan informatif

Terapkan 5 Hal Penting Ini Saat Wawancara Kerja, HRD Dijamin Kagum!Magazine Job-like

Curriculum vitae adalah hal penting yang wajib kamu kirim kepada perusahaan. Tentunya, HRD akan melirik CV kamu terlebih dahulu. Pastikan kamu memberikan CV dengan desain yang menarik agar kamu bisa dipanggil untuk wawancara kerja. Kamu bisa membuat desain CV melalui aplikasi canva, over, atau photoshop. Selain itu, berikan data yang informatif mengenai diri kamu ya! 

3. Berikan gaya bicara yang tegas dan tidak berbelit-belit

Terapkan 5 Hal Penting Ini Saat Wawancara Kerja, HRD Dijamin Kagum!careerbuilder.com

Umumnya, HRD akan menanyakan banyak hal kepadamu. Jika menjawabnya, katakan dengan tegas. Jangan berbelit-belit dan jangan mengada-ada sesuatu. HRD akan menilai skill komunikasi kamu dan profesionalitas kamu dari gaya bicaramu juga. Hindari juga bahasa yang tidak sopan dan kasar ya! 

Baca Juga: 5 Gestur yang Bernilai Buruk di Mata HRD Saat Interview Kerja

4. Tampil maksimal saat wawancara, tetap sopan dan enak dipandang ya!

Terapkan 5 Hal Penting Ini Saat Wawancara Kerja, HRD Dijamin Kagum!pexels.com/bruce mars

Penampilan perlu diperhatikan saat interview. HRD akan memperhatikanmu mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Untuk tampilan yang lebih maksimal, kamu bisa memakai outfit formal, yaitu kemeja, celana kain, dan juga sepatu yang tertutup.

Untuk wanita, kamu bisa memberikan riasan makeup tipis di wajahmu. Jangan lupa juga untuk memakai pewangi tubuh ya! 

5. Jangan terlihat tidak tahu apa-apa, tunjukkan wawasanmu!

Terapkan 5 Hal Penting Ini Saat Wawancara Kerja, HRD Dijamin Kagum!pexels.com/Christina Morillo

Jika HRD melontarkan pertanyaan, maka, sebisa mungkin harus kamu jawab. Pastikan sebelum wawancara, kamu banyak melakukan pencarian mengenai perusahaan tersebut. Mengenai visi misi perusahaan, sejak kapan perusahaan tersebut berdiri, hingga job yang akan kamu ambil. Jangan sampai tidak tahu apa-apa ya!

Wawancara kerja memang memerlukan banyak hal detail yang perlu untuk diperhatikan. Oleh sebab itu, kamu harus menyiapkan hal-hal tersebut sebelum wawancara. Semoga berhasil! 

Baca Juga: Sebelum Interview Kerja, Ikuti Kuis Karakter dari Cara Jabat Tangan Ini

Topic:

  • Irwan Idris

Just For You