TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kiat Bersikap dan Terlihat Cerdas saat Berdiskusi dengan Rekan Kerja

Diskusi jadi ajang pamer skill

ilustrasi diskusi dengan rekan kerja (Pexels.com/Christina Morillo)

Intinya Sih...

  • Berlatih mengontrol emosi saat berdiskusi dengan rekan kerja, termasuk mengatasi rasa panik dan memberikan afirmasi positif.
  • Membekali diri dengan pengetahuan tentang isu-isu terkini untuk memberikan tanggapan netral di tengah diskusi.
  • Menunjukkan sikap cerdas dengan tidak mencari pembenaran atas kesalahan, melainkan meminta maaf dan menerima saran kritik dari rekan kerja.

Kemampunmu untuk berdiskusi dengan rekan kerja dapat menjadi ajang untuk pamer keahlian yang kamu miliki. Di sisi lain, juga menjadi pertimbangan untuk atasan mempercayakan kamu pada beberapa projek pekerjaan. Meskipun kamu tidak benar-benar cerdas, namun fakta tersebut harus bisa kamu sembunyikan.

Sebab, di tempat kerja kamu dituntut untuk bisa cepat beradaptasi dengan kemampuan rekan kerjamu. Apabila kamu kerap kesulitan menjawab atau malah memberikan argumen aneh di tengah-tengah diskusi, kamu perlu menerapkan 5 hal di bawah ini. Agar kamu dapat bersikap dan terlihat cerdas saat berdiskusi dengan rekan kerja, sehingga tidak mengecewakan diri kamu sendiri.

1. Tidak mudah terbawa suasana

Tenang di segala kondisi, merupakan bekal yang penting, termasuk saat kamu berdiskusi bersama rekan kerjamu. Latih diri kamu untuk pandai mengontrol emosi. Dengan begitu kamu bisa lebih fokus dalam menanggapi pertanyaan rekan kerjamu, sekalipun kamu dihadapkan pada pertanyaan-pertanyaan yang sulit.

Kalau kamu gampang panik, maka perubahan fisik, gesture tubuh akan memengaruhi kamu untuk merangkai kalimat yang ingin kamu sampaikan. Jika panik mulai menyerang, segera tegapkan posisi dudukmu, senyum, ambil napas dalam-dalam dan hembuskan. Tidak lupa untuk melakukan affirmasi positif, beri keyakinan diri bahwa kamu bisa menghadapi situasi ini.

2. Bekali diri dengan belajar

Disadari atau tidak, diskusi dengan rekan kerja akan selalu dikaitkan dengan isu-isu yang beredar saat ini. Meskipun kamu tidak cocok dengan isu tertentu, setidaknya kamu butuh untuk membaca sekilas, agar bisa memberikan tanggapan yang netral di tengah diskusi. Di sinilah peran penting membekali diri dengan belajar hal-hal baru yang relevan dengan topik diskusi atau isu hangat yang tengah beredar.

Saat lawan diskusimu intermezo dengan memberikan pertanyaan di luar topik diskusi, kamu masih bisa bersikap dan terlihat cerdas memberikan jawaban. Selain itu, membiasakan diri untuk selalu update hal-hal baru, meskipun sekilas akan membantumu lebih kritis berpikir dalam menanggapi banyak hal.

3. Jadilah lawan diskusi yang asyik

Saat ruang diskusi mulai hening, ketahuilah ini waktu yang tepat untuk menunjukkan kalau kamu adalah lawan diskusi yang asyik. Yakni, cobalah untuk memecah keheningan di ruang diskusi dengan memberikan beberapa pertanyaan. Namun, pertanyaan-pertanyaan tersebut sebaiknya tidak berpusat pada kamu, ya.

Malah sebaliknya, kamu harus bisa membuat lawan diskusimu menjadi pusatnya. Tanpa membuatnya tersinggung, tanyakan hal-hal pribadi tentangnya. Misalnya, hobi yang ia sukai, genre film yang ia tonton, tak lupa berikan pujian yang sopan kepadanya.

4. Jika kamu salah, jangan mencari-cari alasan

Ya, memang kamu tengah berupaya untuk terlihat seperti orang cerdas. Namun, hindari untuk mencari-cari alasan atas jawaban diskusimu jika memang jawaban tersebut salah. Sebab, mencari pembenaran dari alasan yang kamu buat, bukanlah karaker orang yang cerdas.

Semakin kamu memberikan alasan untuk menyembunyikan kesalahanmu maka akan semakin kacau argumen yang kamu keluarkan. Alih-alih mencari alasan, kenapa gak untuk meminta maaf, lalu minta rekan kerjamu lainnya untuk memberikan saran dan kritiknya. Terlihat cerdas saat berdiskusi dengan rekna kerja, bukan hanya dilihat dari kemampuanmu memberikan jawaban, namun juga bagaimana sikapmu.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Distorsi Kognitif dalam Interpretasi Tes Statistik

Verified Writer

Yovi Aprilia

Haii, sudah baca berapa lembar hari ini?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya