TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Belajar Pola Pikir Strong Mindset, Ini Caranya

Yuk, ubah pola pikirmu

ilustrasi berpikir (unsplash.com/attentieattentie)

Intinya Sih...

  • Pola pikir adalah keyakinan yang membentuk cara berpikir dan memahami diri sendiri.
  • Analisis diri, afirmasi positif, dan lingkungan positif dapat membangun pola pikir yang kuat.
  • Keluar dari zona nyaman, tidak takut gagal, dan menerima kenyataan adalah langkah untuk memiliki pola pikir yang kuat.

Pola pikir adalah sekumpulan keyakinan yang membentuk atau membangun cara berpikir memahami dunia dan dirimu sendiri. Menurut Carol Dweck, seorang psikolog asal Amerika, keyakinan seseorang memainkan peran penting dalam mencapai hal yang dia inginkan. Pola pikir ini disebut juga dengan mindset. Pemahaman tentang mindset merupakan salah satu hal mendasar untuk mengenali diri sendiri.

Hidup bukan tentang siapa yang lebih lantang, melainkan siapa yang punya rencana dan informasi tentang langkah apa yang akan segera dia ambil. Berikut 5 langkah yang bisa kamu lakukan untuk membangun strong mindset.

1. Analisis diri sendiri

Pribadi yang baik adalah pribadi yang mampu memahami diri sendiri. Untuk itu, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menganalisis diri kamu sendiri. Tak hanya menganalisis kemampuan serta kelebihanmu saja, karena kekurangan diri pun tak kalah penting untuk kamu pelajari.

Dengan mengetahui dengan baik diri kamu sendiri, maka kamu akan dengan mudah memposisikan diri. Kesuksesan seseorang bergantung pada pola pikirnya. Mulailah melakukan afirmasi positif terhadap pikiranmu. Dengan begitu, kamu akan mudah mendapat hasil yang diinginkan.

2. Bergaulah dengan orang-orang yang positif

Dikelilingi orang-orang yang positif akan turut berdampak pada pembentukan pola pikir. Kita tidak bisa mengelak bahwa lingkungan pertemanan sangat berpengaruh pada kelangsungan hidup kita. Jika pertemanan kita sehat maka kita akan terbawa sehat, begitu pun sebaliknya.

Carilah teman yang memiliki energi positif. Teman yang baik pasti akan mendukungmu dan membantumu untuk sukses. Sumber perkataan dan perilaku positif dari mereka juga biasanya akan terlihat jelas berbeda dengan teman palsu yang tidak tulus padamu.

3. Berani keluar dari zona nyaman

Rasa nyaman dalam hidup memang sebuah kenikmatan yang indah, namun tak jarang hal tersebut justru membuat kita terlena. Berada di lingkungan yang aman-aman saja akan membuat kita cenderung santai sehingga tidak ada pencapaian baru yang dilakukan.

Untuk mengatasinya, kamu perlu bergerak keluar dari zona nyaman. Lakukanlah hal baru yang menjadi tantangan bagi kamu. Biasakanlah diri untuk tetap bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

4. Jangan pernah takut gagal

Kegagalan dalam hidup adalah sesuatu yang wajar dan pasti pernah dialami semua orang. Jadi, kamu tidak perlu takut mengalami kegagalan. Orang terkuat bukanlah mereka yang selalu meraih kemenangan, akan tetapi orang yang selalu bangkit meski sudah gagal berkali-kali.

Pola pikir yang kuat tidak pernah merasa takut gagal. Tidak ada kesuksesan yang datang secara instan. Jika pun suatu hari nanti kamu gagal, jadikanlah itu sebagai acuan untuk meraih kesuksesan.

Baca Juga: 5 Cara Cerdas Membuktikan Diri saat Diremehkan Orangtua, Tunjukkan!

Verified Writer

ini ume

suka sama banyak hal, tapi gasuka kamu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya