Comscore Tracker

Ini 5 Alasan Karyawan Sebenarnya Gak Perlu Beberkan Alasan Cuti

Sebab privasi juga berlaku dari atasan ke pekerja

Kalau kamu berprofesi sebagai karyawan atau pekerja, cuti adalah sesuatu yang ditunggu-tunggu. Kendati menjadi hak, cuti sendiri disesuaikan dengan posisi dan jabatanmu. Jadi kalau kedudukanmu makin tinggi, jatah cutinya pun makin banyak

Tapi ada satu masalah klasik. Saat mengajukan cuti, manajer sering banget nanyain apa alasan dan kepentingan sampai harus rehat dari aktivitas kantor. Padahal sebenarnya, kamu berhak untuk gak menjawabnya secara rinci. Ya ini sih tergantung kesepakatan dengan kantor, seperti yang tertuang dalam kontrak kerja.

Reporter rubrik gaya hidup Huffington Post, Brittany Wong, mengumpulkan alasan-alasan sehingga kamu sebenarnya gak perlu merinci alasan cutimu.

1. Demi beristirahat sejenak

Ini 5 Alasan Karyawan Sebenarnya Gak Perlu Beberkan Alasan Cuti(Ilustrasi istirahat, cuti bekerja) Unsplash.com/Drew Coffman

Ini jadi salah satu alasan yang paling umum. Ini juga agar kamu terhindar dari burnout, istilah dari psikolog dekade 1970-an Herbert Freudenberger untuk seorang pekerja profesional yang mengalami kelelahan fisik dan mental.

Selama beristirahat ini, kamu bisa menjauh dari deadline untuk sementara waktu. Entah berlibut, staycation bareng teman atau bahkan cuma malas-malasan di rumah. Semua agar kamu bisa tetap merasa fresh di tempat kerja.

2. Akan tes di perusahaan lain

Ini 5 Alasan Karyawan Sebenarnya Gak Perlu Beberkan Alasan Cuti(Ilustrasi wawancara kerja) Freepik.com/yanalya

Salah satu alasan kuat untuk mengajukan cuti adalah kamu sedang mengikuti tes masuk atau wawancara kerja dengan perusahaan lain. Secara etis, sebaiknya jangan blak-blakan soal ini ke manajer sebelum sudah pasti diterima.

Alasannya? Kamu gak bisa menebak seperti apa reaksi sang manajer saat kamu memberitahu rencana lompatan karier. Mungkin dia oke-oke saja, tapi boleh jadi dia malah merasa tersinggung. Karena itu, bilang saja alasannya untuk keperluan pribadi.

3. Gak menerobos privasi

Ini 5 Alasan Karyawan Sebenarnya Gak Perlu Beberkan Alasan Cuti(Ilustrasi privasi) Unsplash.com/Jason Dent

Satu yang sering dilupakan: Privasi di lingkungan perusahaan juga berlaku dari manajer ke anak buah, bukan si karyawan pada atasan. Manajer atau pemimpin yang baik sekaligus etis akan menghargai hak bawahan untuk cuti sebab merupakan hak tahunannya.

Ada banyak hal-hal dalam kehidupan sehari-hari manajer dan anak buah yang sebaiknya gak terlalu diumbar di lingkungan kerja. Dikhawatirkan, gak semua bisa menjaga privasi. Salah-salah, justru malah disalahgunakan.

Baca Juga: Perusahaan Jepang Beri Cuti Pegawai yang Sedih Idolanya Pensiun

4. Memang hak karyawan

Ini 5 Alasan Karyawan Sebenarnya Gak Perlu Beberkan Alasan Cuti(Ilustrasi atasan di lingkungan kerja) Unsplash.com/Amy Hirschi

Setiap karyawan punya hak cuti tahunan. Namun perhatikan juga situasi dan kondisi saat akan mengajukan. Gak etis banget kalau kamu cuti saat kerjaan sedang banyak-banyaknya. Alhasil, tugasmu bakal dilimpahkan ke orang lain.

Nah, ada baiknya kamu membereskan tugas lebih dulu. Ini dilakukan agar masa-masa tenangmu gak terganggu dengan rentetan pertanyaan dari rekan yang ditunjuk untuk menyelesaikan pekerjaanmu.

5. Meredakan stres akibat dinamika kantor

Ini 5 Alasan Karyawan Sebenarnya Gak Perlu Beberkan Alasan Cuti(Ilustrasi bekerja, jenuh, rasa frustrasi.) Unsplash.com/Tim Gouw

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tingkat stres karyawan menentukan performanya. Alhasil kalau kamu sering mumet, atau di lingkungan kantor banyak drama yang gak banget, pengaruhnya bakal terasa.

Demi menjaga kesehatan mental, mengambil cuti jadi hal mutlak. Manajer sejatinya gak perlu tahu kalau stres dan bosan dengan drama jadi alasanmu menepi sementara. Cukup jelaskan bahwa kamu sedang ingin menyegarkan pikiran.

Gimana? Udah jelas, kan? Jadi kapan nih kamu mengajukan cuti?

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Rosita Meinita dengan judul "Inilah Kenapa Kamu Nggak Harus Kasih Tahu Alasan Cutimu" dan dimuat di Popbela.com.

Baca Juga: 5 Tipe Teman Kantor yang Bikin Jengkel Setengah Mati, Banyak Sabar!

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya