Comscore Tracker

Bikin Kangen! 5 Jajanan Tradisional yang Kian Susah Didapat

Menu khas ini jadi salah satu daya tarik bagi wisatawan

Selain hidangan utama, Indonesia punya amat banyak jajanan tradisional. Menu penganan yang khas di setiap daerah jadi salah satu daya tarik bagi wisatawan.

Tapi, seiring waktu dan banyaknya bermunculan produk jajanan, jajanan tradisional mulai sulit dijumpai. Jika dulu banyak dijajakan di pasar, sebagian jajanan tradisional kini tergantikan oleh produk yang lebih kekinian.

Seperti menu jajanan di bawah ini. Meski masih ada yang menjual, mendapatkannya tidak semudah di masa lalu. Apa saja? Cek daftarnya di bawah ini.

Baca Juga: Andalan Anak Kos, Resep dan Cara Bikin Nasi Goreng Gila yang Lezat

1. Getuk

Bikin Kangen! 5 Jajanan Tradisional yang Kian Susah Didapatinstagram.com/susanguoyf

Getuk termasuk jajanan tradisional yang jarang ditemukan lagi. Tapi makanan ini biasanya masih dijual di pasar-pasar tradisional.

Getuk biasanya terbuat dari singkong yang dihaluskan. Bahannya ditaburi gula, dibentuk, dan disajikan bersama parutan kelapa. Rasanya yang manis dan memiliki tekstur padat sehingga makanan ini sangat cocok untuk pengganti nasi.

2. Lemet

Bikin Kangen! 5 Jajanan Tradisional yang Kian Susah Didapatinstagram.com/anekaresepkueid

Lemet sering disajikan pada acara-acara tertentu, seperti syukuran, pernikahan dan acara-acara keagamaan lainnya. Tapi di pasaran, jajanan ini juga termasuk sudah jarang dijumpai.

Bahan dasar jajanan ini berasal dari singkong sama seperti getuk. Walaupun demikian lemet memiliki rasa yang lebih manis dan penyajiannya dibungkus dengan daun pisang.

3. Nagasari atau doko' doko'

Bikin Kangen! 5 Jajanan Tradisional yang Kian Susah DidapatInstagram.com/hanhanny

Makanan ini punya nama berbeda-beda di setiap daerah di Indonesia. Umumnya disebut nagasari, sedangkan di Sulawesi Selatan bernama doko' doko'. Sekilas lambang berbentuk seperti bantal.

Bahan dasar jajanan ini adalah tepung terigu dan potongan pisang matang di tengahnya. Dijamin membuat ketagihan jika sudah pernah merasakan jajanan tradisional satu ini.

4. Kumbu

Bikin Kangen! 5 Jajanan Tradisional yang Kian Susah Didapatinstagram.com/gerobak.kue

Pernah makan kumbu? Jajanan tradisional satu ini memang sudah mulai sulit ditemui, jajanan ini biasanya dijual di pasar tradisional dan bakul sayur.

Kumbu memiliki bentuk bulat dan berbahan dasar kacang hijau. Akan terasa manis dan gurih saat pertama kali menggigit makanan ini.

5. Bugis atau Roko' Cangkuning

Bikin Kangen! 5 Jajanan Tradisional yang Kian Susah Didapatinstagram.com/rismawati.jumalang

Yang terakhir adalah bugis. Mempunyai bentuk kerucut dengan warna yang beragam dan memiliki isi didalamnya membuat makanan ini menjadi favorit semua orang, tak heran jika bugis paling cepat habis bila disajikan.

Kamu bisa mencicipi makanan ini di pasar tradisional di daerahmu.

Itulah lima jajanan tradisional yang sekarang makin sulit ditemui. Kamu sudah pernah mencicipi yang mana? 

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Sumahir Hidayanto di IDN Times Community dengan judul 5 Jajanan Tradisional yang Sekarang Makin Sulit Ditemui, Cek Yuk!

Baca Juga: Bikinnya Gampang, Nih Resep Lengkap Bola Kentang Keju Favorit Kamu!

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya