Comscore Tracker

7 Pasukan Paling Tak Biasa dalam Sejarah Militer Dunia

Ada yang dinamai prajurit hantu. Apa itu? 

Sulsel, IDN Times - Sejarah tak hanya mencatat peristiwa besar saja. Hal-hal unik pun tercatat dalam perjalanan hidup manusia di dunia.

Salah satu yang jarang diperbincangkan adalah kehadiran kelompok prajurit dengan tugas aneh ataupun karakteristik yang tidak umum di dunia ini. Ada pasukan yang dibentuk dengan dana yang tak sedikit, tapi hanya untuk "pajangan." Ada lagi yang dinamakan prajurit hantu.

Penasaran? Simak nih penjelasannya.

1. Batalion Raksasa Potsdam

7 Pasukan Paling Tak Biasa dalam Sejarah Militer Duniahistory.com

Raja Frederick William I dari Prussia memiliki obsesi yang aneh terhadap pasukan militernya. Dia mengumpulkan orang-orang dengan tubuh tinggi besar yang setara pemain basket untuk dijadikan satu batalion. Kelompok tersebut tidak pernah bertempur sama sekali dan semata-mata hanya menjadi koleksi Raja William.

Di dalam history.com,  Raja William rela meminta, meminjam, bahkan mencuri untuk mendapatkan prajurit-prajurit tersebut. Dia juga berusaha untuk mengawinkan para prajurit tersebut untuk mendapatkan keturunannya yang besar-besar pula. Batalion raksasa ini dibubarkan oleh anaknya sepeninggal William dikarenakan menghabiskan banyak dana.

Baca Juga: Deretan Pesawat Tempur Tercanggih Dunia. Indonesia Punya yang Mana? 

2. Berserker, prajurit pengamuk Viking

7 Pasukan Paling Tak Biasa dalam Sejarah Militer Duniamedievalists.net

Dikisahkan dari mitologi Norwegia, kelas petarung berserker atau para pengamuk Viking adalah prajurit paling mengerikan. Mereka bertarung dengan liar dan tanpa kontrol, serta sering tidak mengenakan baju pelindung apa pun. Bahkan orang-orang yang melihat para pengamuk tersebut tampak seperti hewan buas yang lepas dari kurungan.

Dikisahkan juga bahwa mereka sering tidak dapat mengontrol emosinya hingga membunuh rekan-rekannya sendiri untuk memuaskan haus darah mereka. Para peneliti mempercayai kemampuan berserker ini dikarenakan adanya pengaruh hipnotis atau penggunaan jamur halusinogen.

3. The 10.000 immortals

7 Pasukan Paling Tak Biasa dalam Sejarah Militer Duniatoptenz.net

Sesuai namanya, The 10.000 immortals berjumlah 10 ribu orang dan datang dari Persia. Mereka menggunakan tombak dan diakui sebagai prajurit terbaik yang pernah ada, langsung di bawah perintah Raja Xerxes.

Sebutan abadi tersebut datang dari jumlah mereka yang tidak pernah berkurang ataupun bertambah. Jika ada satu prajurit yang meninggal, entah itu karena sakit atau mati berperang, prajurit tersebut langsung segera digantikan sehingga batalion tersebut tidak pernah sekalipun kurang atau lebih dari 10 ribu.

Baca Juga: 7 Peristiwa Penting yang Terjadi di Balik Perang Saudara Rusia

4. Prajurit hantu

7 Pasukan Paling Tak Biasa dalam Sejarah Militer Duniatimeline.com

Kala Perang Dunia II pecah, Amerika pernah memerintahkan para desainer serta ahli suara untuk membangun pasukan bayangan. Mereka terinspirasi dari pasukan hantu Inggris yang berperang di Afrika melawan dan menipu pasukan Jerman dengan menggunakan efek suara dan lainnya.

Dengan bermodalkan orang-orang yang kemampuannya setara pekerja di Hollywood, "prajurit hantu" Inggris itu membuat seragam palsu hingga kendaraan boneka yang dilengkapi dengan efek suara yang meyakinkan.

Tipu daya pasukan itu dibantu dengan penyebaran informasi yang sengaja dirancang salah untuk menipu mata-mata Nazi. Keberadaan prajurit hantu tidak pernah diketahui hingga seperempat abad setelah Perang Dunia II.

Baru pada tahun 1996, prajurit hantu diketahui keberadaannya dan diakui kontribusinya dalam perang tersebut.

5. Pasukan berani mati bernama Gurkhas

7 Pasukan Paling Tak Biasa dalam Sejarah Militer Duniawarhistoryonline.com

Gurkhas terkenal mampu menciptakan kerusakan besar kepada pasukan penjajah Inggris pada 1814. Pasukan Nepal itu terkenal kuat hingga Inggris memilih menjalin kerja sama dengan Nepal demi mendapatkan bantuan kekuatan pasukan Gurkhas.

Pasukan Gurkhas memiliki moto “lebih baik mati daripada menjadi pengecut” dan terkenal dengan penggunaan senjata pisau kukri. Mereka juga sangat loyal.

Sejarah mencatat jika pasukan Gurkhas memenangkan banyak sekali pertarungan (sekitar 2 ribu pertarungan) pada Perang Dunia I. Hingga sekarang pasukan Inggris masih mengakui Gurkhas dan untuk mendapatkan prajurit terbaik, para pemuda Nepal yang direkrut menjalani proses seleksi dengan berlari sepanjang Himalaya sambil membopong batu 30 kg.

6. Batalion Mormon

7 Pasukan Paling Tak Biasa dalam Sejarah Militer Duniaorsonprattbrown.org

Batalion Mormon adalah salah satu kelompok prajurit penjelajah Amerika paling jauh di zaman kolonial. Mereka berkeliling dari Iowa menuju Santa Fe, menyeberangi Arizona dan lanjut ke selatan California.

Batalion ini hanya berumur sebentar, yaitu dari 1846 sampai 1847. Setelah itu mereka berpencar untuk bergabung dengan prajurit lainnya.

7. Monuments Men

7 Pasukan Paling Tak Biasa dalam Sejarah Militer Duniahistoryvshollywood.com

Ini adalah prajurit yang dispesialisasikan untuk menyelamatkan karya seni di Inggris pada Perang Dunia II. Prajurit yang masuk dalam divisi The Monuments, Fine Arts and Archives ini memindahkan tiap karya seni yang ada di museum untuk menjamin karya-karya tersebut sengaja dirusak oleh tentara musuh. Monuments Men juga berada di depan museum serta gedung-gedung bersejarah untuk memastikan gedung tersebut tidak rusak.

Di akhir peperangan, tugas Monuments Men adalah mengembalikan lukisan dan pahatan yang dicuri oleh para Nazi. Hebatnya, kelompok khusus ini menemukan ribuan karya seni yang disembunyikan di kastil dan mengembalikannya kepada pemilik yang sesungguhnya.

Baca Juga: Tampilan 13 Senjata Tradisional Mancanegara dengan Bentuk Paling Unik

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You