Comscore Tracker

7 Juara Asal Sulsel pada Ajang Pencarian Bakat, Termasuk Evi Masamba!

Mereka berhasil menunjukkan talenta terbaiknya

Panggung ajang pencarian bakat dalam bidang tarik suara di Tanah Air memunculkan sederet nama dengan talenta suara yang luar biasa. Dari seluruh ajang itu, banyak juga lho peserta asal Sulawesi Selatan yang berhasil di kancah nasional.

Mulai dari Ainun Irsani yang mengharumkan nama Palopo di Indonesian Idol 2019 sampai Evi Masamba yang berhasil jadi diva dangdut tanah air. Inilah 7 juara ajang pencarian bakat sukses asal Sulawesi Selatan.

1. Muhammad Rafly, semifinalis D'Academy 3 (2016) asal Gowa

7 Juara Asal Sulsel pada Ajang Pencarian Bakat, Termasuk Evi Masamba!Instagram.com/da3_muh.rafly

Walau tak berhasil menjadi juara, penampilan keren Rafly berhasil membawanya jadi semifinalis di ajang D'Academy 3 (2016). Suami Ega D'Academy 2 ini berasal dari Gowa. 

Pedangdut yang berasal dari keluarga sederhana ini berhasil mencuri perhatian masyarakat lewat program tersebut. Walau cuma sampai posisi enam besar, Rafly DA3 semakin terkenal dan masih rajin tampil dari panggung ke panggung.

2. Aty Kodong juara dua D'Academy musim pertama (2014)

7 Juara Asal Sulsel pada Ajang Pencarian Bakat, Termasuk Evi Masamba!Instagram.com/aty_ratu_kodong

Di musim pertama D'Academy, Nur Aty alias Aty Ratu Kodong berhasil menyabet posisi juara kedua. Perempuan bersuara syahdu ini berasal dari Selayar, Sulawesi Selatan.

Saat ini Aty semakin sukses di dunia hiburan tanah air. Ia masih sering tampil di tv dan kebanjiran tawaran show di berbagai kota di Indonesia. Aty pun berhasil membeli rumah tiga lantai dengan pendapatannya sendiri.

3. Joel Matulessy mantan anggota Nu Dimension, juara ketiga X Factor Indonesia musim pertama (2013) asal Makassar

7 Juara Asal Sulsel pada Ajang Pencarian Bakat, Termasuk Evi Masamba!Instagram.com/elmatulessy

Joel Matulessy merupakan salah satu peserta X Factor Indonesia musim pertama (2013). Walau gagal di audisi sebagai soloist, peserta asal Makassar ini dianggap berpotensi. Ia pun dibentuk menjadi satu grup vokal bernama Nu Dimension bersama tiga peserta lainnya.

Grup bimbingan Ahmad Dhani ini pun berhasil menjadi juara tiga. Joel sempat merilis single pertama berjudul Luka di Hatimu (2013). Saat ini ia masih eksis di dunia musik dan rajin tampil dari panggung ke panggung.

Baca Juga: Lyodra Ginting dan 6 Juara Indonesian Idol Sukses Ini Berdarah Batak!

4. Abi KDI, juara pertama Kontes Dangdut Indonesia musim kesepuluh (2018) asal Sidrap

7 Juara Asal Sulsel pada Ajang Pencarian Bakat, Termasuk Evi Masamba!Instagram.com/kdi2018_abirafdi

Abi Rafdi merupakan juara pertama KDI alias Kontes Dangdut Indonesia musim kesepuluh (2018). Cowok 20 tahun ini berasal dari Sidrap, Sulawesi Selatan.

Suara merdunya berhasil membawa Abi jadi pemenang hadiah sebesar Rp500 juta. Kerennya lagi, sebagian dari uang hadiah ini disumbangkannya untuk korban gempa di Palu dan Donggala lho!

5. Evi Anggraini juara pertama D'Academy musim kedua (2015) asal Masamba

7 Juara Asal Sulsel pada Ajang Pencarian Bakat, Termasuk Evi Masamba!Instagram.com/evi_masamba_real

Nasib Evi Anggraini alias Evi Masamba berubah drastis sejak jadi pemenang pertama D'Academy 2. Perempuan asal Masamba, Sulawesi Selatan ini pernah bekerja serabutan demi menyambung hidup.

Sejak jadi juara, Evi makin kebanjiran tawaran manggung di berbagai daerah dan sering tampil di layar kaca. Ia pun telah menikah dan dikaruniai seorang anak perempuan.

6. Leo Mokodompit juara tiga AFI 3 (2004) asal Makassar

7 Juara Asal Sulsel pada Ajang Pencarian Bakat, Termasuk Evi Masamba!Instagram.com/leo.moko

Masih ingat gak dengan sosok Leo AFI 3? Tak disangka sudah 16 tahun berlalu sejak ia meraih gelar juara tiga di Akademi Fantasi Indosiar.

Saat ini, pria asal Makassar itu sudah tak lagi menekuni profesi di dunia tarik suara. Leo mencicipi kesuksesan lain dengan berkarier di salah satu perusahaan operator telekomunikasi ternama di Indonesia. 

7. Ainun Irsani semifinalis Indonesian Idol musim kesepuluh (2019) asal Palopo

7 Juara Asal Sulsel pada Ajang Pencarian Bakat, Termasuk Evi Masamba!

Tak bisa dipungkiri pesona Ainun Irsani sukses menyihir para penonton Indonesian Idol musim kesepuluh (2019). Walau harus berhenti di posisi tujuh besar, namun para juri dan penggemar tak perlu meragukan lagi kepiawaian gadis asal Palopo, Sulawesi Selatan ini.

Meski telah tereliminasi, popularitas Ainun tak lekang. Ia juga semakin eksis di sosial media dan berencana akan mempersiapkan diri untuk debut sebagai solois di dunia musik tanah air.

Itu dia 7 juara ajang pencarian bakat asal Sulawesi Selatan. Bukti nih kalau Indonesia bagian timur juga sarat akan bakat-bakat emas yang menjanjikan.

Baca Juga: Tiara Anugrah & 7 Juara Ajang Pencarian Bakat Sukses Asal Jawa Timur!

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya