Comscore Tracker

7 Fakta Adegan Drakor Racket Boys yang Dikritik Penonton Indonesia

SBS sudah menyampaikan permohonan maafnya #WaktunyaKorea

Drama Korea Racket Boys mengangkat kisah sekelompok anak muda dari pedesaan yang bercita-cita bermain bulu tangkis. Drama ini belakangan menuai kritik dari penonton di Indonesia.

Racket Boys yang juga menceritakan persahabatan dan persaingan dikritik untuk penayangan episode 5. Sebab adegan pada episode itu dianggap membuat citra Indonesia terlihat buruk.

Pada episode itu, Lee Jae In yang diperankan oleh Han See Yoon harus bertanding di Jakarta melawan perwakilan Indonesia yang diperankan oleh putri sulung Yannie Kim, yaitu Koo Soobin. Seperti apa fakta di balik adegan tersebut? Yuk simak di sini!

1. Gedung pertandingan di Racket Boys dibuat semirip mungkin dengan aslinya

7 Fakta Adegan Drakor Racket Boys yang Dikritik Penonton Indonesiaset Jakarta di drama Racket Boys (dok. YouTube/Yannie Kim)

Episode 5 drama Racket Boys, Lee Jae In (Han Se Yoon) ceritanya mesti bertanding melawan perwakilan Indonesia, yaitu Ivanna Putri (Koo Soobin). Pertandingan ini digelar di Indonesia, tepatnya di Gelora Bung Karno.

Syuting tidak berlangsung di Jakarta, melainkan di Korea dengan mengatur gedung pertandingan semirip mungkin dengan situasi di Gelora Bung Karno.

2. Menghadirkan spanduk-spanduk dengan tulisan brand dari Indonesia

7 Fakta Adegan Drakor Racket Boys yang Dikritik Penonton Indonesiaset Jakarta di drama Racket Boys (dok. YouTube/Yannie Kim)

Agar pertandingan terkesan benar-benar digelar di Indonesia, tim produksi menghadirkan berbagai spanduk yang dibuat mirip dengan banyak brand dari Indonesia. Seperti Indonesia Airline dan Jakarta Bank.

Nggak cuma itu, mereka juga memunculkan papan-papan atau poster bertuliskan kata-kata penyemangat dalam bahasa Indonesia agar nuansa pertandingannya lebih terasa.

3. Hadirkan banyak orang Indonesia sebagai supporter di set Racket Boys

7 Fakta Adegan Drakor Racket Boys yang Dikritik Penonton Indonesiaset Jakarta di drama Racket Boys (dok. YouTube/Yannie Kim)

Rasanya pertandinagn atau kompetisi olahraga tidak lengkap tanpa kehebohan penonton. Makanya tim produksi menghadirkan 200 orang untuk memerankan suporter dari Indonesia.

Karena terbatasnya jumlah orang, tim produksi akhirnya mengajak orang-orang yang berasal dari negara Asia Tenggara lain seperti Filipina dan Thailand untuk memerankan suporter dari Indonesia. Mereka dibekali dengan bendera merah putih berukuran kecil dan berpenampilan layaknya suporter agar sesuai dengan pertandingan pada umumnya. 

Baca Juga: 10 Potret Ko Soobin, Anak Yannie Kim yang Jadi Cameo di Racket Boys

4. Semua hal berusaha dibuat semirip mungkin

7 Fakta Adegan Drakor Racket Boys yang Dikritik Penonton Indonesiaset Jakarta di drama Racket Boys (dok. YouTube/Yannie Kim)

Agar semakin menunjukkan bahwa pertandingan ini memang dilakukan di Indonesia, tim produksi membuat semuanya semirip mungkin.

Salah satunya adalah botol minum untuk komentator Indonesia yang diperankan oleh Yennie Kim dan Rizki. Dalam botol tersebut tampak logo minuman yang sangat mirip dengan yang ada di Indonesia, meskipun merk-nya berbeda. 

5. Mendapat kritikan karena dianggap menggambarkan atlet dan pendukung badminton asal Indonesia secara negatif

7 Fakta Adegan Drakor Racket Boys yang Dikritik Penonton Indonesiadrama korea Racket Boys (Dok. SBS via instagram.com/sbsdrama.official)

Sesaat setelah episode kelima Racket Boys tayang, drama ini mendapat banyak kecaman dari netizen Indonesia. Mereka mengganggap bahwa ada adegan-adegan tertentu yang secara tidak langsung menjelekkan Indonesia.

Dalam episode tersebut, sang pelatih mengeluhkan sikap tidak adil tuan rumah (Indonesia) terhadap tim mereka. "Kamarnya buruk sekali. Mereka (tuan rumah) berlatih di stadion dan kita dipaksa latihan di salah satu tempat latihan yang bahkan tidak terdapat AC," kata sang pelatih.

Adegan tersebut dinilai sangat menggiring opini publik terhadap citra bulutangkis Indonesia. Oleh karena itu, netizen Indonesia kemudian membanjiri kolom komentar Instagram milik SBS dan menuntut permintaan maaf.

6. SBS mengeluarkan permintaan maaf di kolom komentar

7 Fakta Adegan Drakor Racket Boys yang Dikritik Penonton Indonesia

Beberapa waktu setelah itu, SBS menyampaikan tanggapan dalam bahasa Indonesia lewat kolom komentar di akun Instagram @sbsdrama.official. 

Kami dari tim produksi [Racket Boys] menyampaikan permohonan maaf mengenakan pertandingan yang tersiar di episode 5, kami tidak bermaksud untuk merendahkan negara, pemain, atau penonton tertentu (17/06/2021)

Kemudian, SBS meminta maaf dan berjanji akan lebih teliti dan berhati-hati ke depannya.

Namun demikian, kami mohon maaf atas beberapa adegan yang telah menyinggung pemirsa kami dari Indonesia. Kami akan memperhatikan dengan seksama untuk episode selanjutnya.

7. Selain SBS, nama Yannie Kim juga ikutan terseret

7 Fakta Adegan Drakor Racket Boys yang Dikritik Penonton IndonesiaYannie Kim (.instagram.com/yannie_kim79)

Bukan hanya SBS saja, rupanya Yannie Kim ikut menjadi sasaran kritik netizen Indonesia.  Seperti yang kita tahu, putri sulung Yannie Kim, Koo Soobin, turut bermain dalam drama Racket Boys. Hal ini membuat dirinya tidak terhindar dari rasa tidak senang netizen Indonesia. Bahkan salah satu netizen menuding bahwa Yannie Kim menerima bayaran dari SBS.

Menanggapi hal ini, Yannie Kim segera membantah tuduhan tidak berdasar yang ditujukan kepada dirinya. "Buktikan kalau memang ada fakta gw terima uang bikin citra Indonesia buruk? Lalu kamu dibayar berapa untuk nyerang saya dengan berkedok NASIONALIS?" ujar Yannie Kim via sosial media.

Sebelum itu, Yannie Kim juga sudah lebih dulu meminta maaf atas kontroversi yang terjadi dalam karena drama ini, meskipun ia dan putrinya tidak memiliki andil apapun dalam kontroversi yang terjadi. "Maafkan atas kegaduhan yang terjadi yg disebabkan adanya dialog yg tidak berkenan di drama RB ep.5," tulis Yannie Kim.

Nah itu dia beberapa fakta adegan Jakarta yang tuai kontroversi di drama Racket Boys. Gimana menurut kalian?

Baca Juga: 9 Potret Park Hae Soo, Jadi Sahabat Pelatih Yoon di Drama Racket Boys

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya