TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Aturan dalam Mendidik Anak Remaja yang Suka Berkata Kasar

Tetapkan tujuan yang jelas, ya!

ilustrasi perempuan marah. (pexels.com/ Liza Summer)

Mendidik anak remaja memang penuh tantangan, terutama ketika mereka mulai menunjukkan perilaku yang tidak diinginkan seperti berkata kasar. Perilaku ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari pengaruh lingkungan, tekanan teman sebaya, hingga perubahan hormonal yang mempengaruhi emosi dan cara mereka berkomunikasi.

Sebagai orang tua atau pendidik, penting untuk menangani masalah ini dengan pendekatan yang bijaksana dan efektif. Berikut adalah tiga aturan penting dalam mendidik anak remaja yang suka berkata kasar.

1. Tetapkan aturan dan batas yang jelas

ilustrasi marah pada anak (pexels.com/August de Richelieu)

Anak remaja membutuhkan struktur dan batasan untuk memahami apa yang dapat diterima dan apa yang tidak dalam hal perilaku. Menetapkan aturan yang jelas membantu mereka memahami konsekuensi dari tindakan mereka dan pentingnya komunikasi yang sopan. 

Duduk bersama anak remaja kamu dan buat daftar aturan yang jelas mengenai perilaku dan bahasa yang dapat diterima. Pastikan mereka memahami mengapa aturan tersebut penting dan apa konsekuensinya jika dilanggar.

Terapkan aturan tersebut dengan konsisten. Jika aturan dilanggar, berikan konsekuensi yang telah disepakati sebelumnya. Konsistensi penting agar anak memahami bahwa aturan tersebut serius dan harus dihormati.

Jika anak remaja berkata kasar saat marah, beri mereka waktu untuk tenang dan kemudian diskusikan mengapa kata-kata tersebut tidak dapat diterima. Berikan konsekuensi yang adil, seperti membatasi penggunaan ponsel atau tugas tambahan di rumah.

2. Menjadi teladan dalam berkomunikasi

ilustrasi orang yang tampak ramah (pexels.com/Justin Shaifer)

Anak remaja cenderung meniru perilaku orang tua dan orang dewasa di sekitarnya. Menjadi teladan yang baik dalam hal berkomunikasi dengan sopan dan penuh hormat akan memberikan mereka contoh nyata tentang bagaimana seharusnya berbicara kepada orang lain.

Kamu juga harus selalu gunakan bahasa yang sopan dan penuh hormat saat berbicara dengan anak remaja dan orang lain di sekitar mereka. Ini akan menunjukkan kepada mereka pentingnya komunikasi yang baik. 

Tunjukkan kepada mereka cara mengatasi konflik tanpa harus menggunakan kata-kata kasar. Gunakan pendekatan yang tenang dan rasional untuk menyelesaikan masalah. 

Baca Juga: 5 Tips agar Anak Disiplin dengan Jadwal Rutinitas Harian, Konsisten!

Verified Writer

lotus n

ya begitu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya