TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Film Adaptasi Novel Dengan Ending Paling Menyedihkan

Kisah emosional dari kumpulan kata masuk ke dalam visual

Scene di film Wonder.(dok.Lionsgate/Wonder)

Film yang diadaptasi dari novel sudah sangat banyak, mulai dari genre romansa, aksi, misteri, hingga fantasi. Tidak ketinggalan, genre drama juga menawarkan deretan film yang luar biasa dan layak untuk ditonton.

Dari sekian banyak film adaptasi novel, beberapa di antaranya sukses membuat penonton meneteskan air mata. Jika ingin menonton film yang bisa menyentuh hati dan mungkin membuatmu menangis, cobalah menonton lima film ini. Diadaptasi dari novel, film-film ini dijamin memiliki ending yang menyayat hati dan membuat mata berkaca-kaca.

Baca Juga: 6 Film Drama Independen Terbaik 2024, Koleksi Plot Tak Tertebak

1. Green Mile

Diadaptasi dari novel karya Stephen King tidak usah dipungkiri lagi bahwa film ini bisa dibilang merupakan salah satu film tersedih yang pernah dibuat dalam sejarah perfilman, mencerita mengenai ketidakadilan yang begitu menyayat dan menghancurkan hati kita para penonton.

Film ini menceritakan tentang seorang penjaga penjara bernama Paul Edgecomb yang bertemu dengan John Coffey seorang terpidana mati yang dituduh membunuh seorang anak kecil. Namun dirinya tau bahwa John Coffey adalah orang yang istimewa dan fakta bahwa dirinya tidak bersalah.

Hancur kita benar-benar dibawa dalam sebuah perjalanan yang menyedihkan seorang tokoh John Coffey seorang napi yang tidak bersalah, dengan cerita yang sangat emosional durasi 3 jam ibarat hanya remah-remah. Apalagi ending film ini ketika kita semua mengetahui kebenarannya sudah pasti bakal marah, kecewa, dan rasa tangis juga keluar.

2. Wonder

Kalau yang ini dijamin deh semua kalangan akan berhasil dibuat menangis dengan bagaimana kita bisa melihat perjuangannya untuk merasa bersyukur dengan kekurangan yang dimiliki olehnya.

Wonder merupakan sebuah film yang diadaptasi dari novel karya R.J. Palacio menceritakan seorang anak bernama Auggie yang lahir dengan memiliki semacam cacat di muka yang membuatnya malu untuk berbaur dengan orang banyak. Orang tuanya pun akhirnya memutuskan memasukkan Auggie ke sebuah sekolah swasta yang penuh akan siswa, akhirnya dirinya masuk kesana walaupun banyak yang tidak menyukai dirinya karena memiliki cacat di muka Auggie ingin membuktikan bahwa dirinya sama.

Filmnya emosional bukan main apalagi dari awal sudah diperlihatkan kisah persahabatan yang tidak hanya hangat namun penuh penghianat, gak usah ditanya bisa bikin nangis atau tidak melihat ending dan perjalanan karakter saja rasanya sudah bisa bikin luluh hati.

3. Five Feet Apart

Jika yang mau kisah percintaan dan romansa yang bikin hati tersayat juga ada pastinya, apalagi ini adalah kisah cinta yang unyu-unyu banget dalam hati ketika menonton rasanya kayak pengen banget mereka bersatu namun kenyataan terlalu pahit bagi mereka berdua sepasang kekasih.

Film ini menceritakan Will dan Stella yang bertemu di rumah sakit yang memiliki penyakit yang memungkinkan mereka untuk tidak saling bersentuhan, namun benih-benih cinta tetap muncul diantara mereka semua. 

Kisah cinta mereka tidak pernah disatukan, dipisahkan oleh maut dengan rasa yang nyesek banget. Berhasil bikin hati kita seakan hancur ketika menonton film ini walau hanya sebatas fiksi. Ceritanya juga dari awal hingga akhir penuh cinta namun diakhir penuh kesedihan.

4. The Shawshank Redemption

Sepertinya Stephen King emang jawaranya nih dalam membuat kita untuk menangis, dimana lagi-lagi dirinya berhasil membuat kita tersentuh dengan sebuah film yang benar-benar mengajarkan kita apa artinya kebebasan dan sebuah harapan itu.

Film ini menceritakan seorang narapidana yang kehilangan harapannya ketika berada di penjara, namun dirinya perlahan ingin mencoba mencari harapan itu dan kabur dari penjara itu. 

Tidak hanya berhasil memancing emosional namun film ini penuh pembelajaran untuk berpegang teguh pada pengharapan yang selama ini kita punya, untuk terus memiliki harapan dalam hidup dan tidak pernah putus asa. Benar-benar pesan yang sangat baik untuk dihikmati.

5. The Boy In Striped Pyjamas

Sebuah pertemanan yang berbeda namun berusaha tetap bersatu walau akhirnya mereka bersatu di alam baka, itulah yang menggambarkan film ini dan juga sebuah kepedihan yang akan kita alami ketika menyaksikan film ini. 

Diangkat dari novel John Boyne film ini menceritakan pertemanan antara seorang anak dari perwira Jerman dan juga seorang anak Yahudi yang memiliki pertemanan pada zaman perang dunia ke 2. Sedih sangat sedih menggambarkan bagaimana kisah pertemanan yang benar-benar terhancurkan dengan yang namanya perang dan politik serta terasa sangat menyayat hati kita para penonton.

Itulah 5 film adapatasi novel dengan ending yang dijamin bikin menyayat hati dan bikin sedih mampus dengan endingnya yang menusuk hati, gimana bagi yang sudah baca novelnya setuju dengan rekomendasi ini ?

Baca Juga: Full Plot Twist! 10 Film dari Berbagai Genre yang Wajib Ditonton

Verified Writer

Nathaniel Deandre

Seorang pemuda gen z berumur 15 tahun yang hobi menulis dan menyebarkan isi hatinya melalui tulisan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya