TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Anime tentang Perjalanan Menuju Kedewasaan yang Harus Kamu Tonton!

Menawarkan perspektif unik tentang proses pendewasaan

Frieren dan Fern (dok. Kanehito Yamada (Story), Tsukasa Abe (Art), Madhouse/Frieren: Beyond Journey's End)

Intinya Sih...

  • Anime tentang proses pendewasaan menawarkan cerita dengan makna mendalam dan karakter kompleks
  • FLCL, Frieren, Assassination Classroom, Evangelion, Kino's Journey, Space Dandy, dan Kotaro Lives Alone adalah anime yang berhasil menggambarkan esensi kedewasaan
  • Anime-anime ini menyentuh tema persahabatan, pertumbuhan emosional, dan perubahan dalam kehidupan sehari-hari

Tidak semua anime harus berkutat pada dunia isekai atau dipenuhi dengan adegan pertarungan. Terkadang, penonton mendambakan cerita yang lebih dekat dengan kehidupan nyata dan memberikan makna mendalam. Di sinilah anime tentang proses pendewasaan hadir - biasanya dengan plot yang menampilkan karakter-karakter kompleks yang menghadapi situasi dengan cara yang realistis dan manusiawi.

Banyak anime yang menyentuh tema pendewasaan, tetapi hanya beberapa yang berhasil menangkap esensi dari proses melepaskan dan melangkah maju atas sesuatu yang kita alami berkali-kali sepanjang hidup, tidak hanya saat remaja. Bagaimanapun, pertumbuhan dalam arti metaforis adalah proses yang berlangsung seumur hidup. Jadi, anime apa saja yang mampu menggambarkan esensi kedewasaan ini dengan begitu indah? Yuk, langsung saja simak daftarnya!

1. FLCL (2000)

Gainax, studio di balik mahakarya Neon Genesis Evangelion juga menciptakan salah satu anime yang paling berpengaruh bagi banyak penggemar yaitu FLCL. Anime ini memadukan kisah kehidupan sehari-hari dan perjalanan menuju dewasa dengan elemen robot mecha yang unik dan tak terduga. Cerita berpusat pada Naota seorang remaja laki-laki yang tinggal bersama kakeknya yang sudah tua, ayahnya yang duda, dan kakaknya yang jarang pulang. Kehidupan monotonnya berubah drastis ketika seorang wanita misterius bernama Haruko, yang mengendarai Vespa dan membawa bass gitar muncul dalam hidupnya. Robot-robot aneh mulai keluar dari kepala Naota.

Frasa "tidak ada hal menarik yang pernah terjadi di sini" terus bergema sepanjang seri, sementara Naota bergulat dengan perasaan rumitnya terhadap Haruko, mantan kekasih kakaknya, dan fenomena robot yang muncul dari kepalanya. Pada akhir cerita, Naota telah mengalami perubahan perspektif yang signifikan. Meskipun diceritakan dari sudut pandang seorang remaja laki-laki, kisah pendewasaan Naota ini mampu menyentuh hati banyak orang. Musim-musim berikutnya dalam seri ini pun terus mengeksplorasi tema serupa dengan Haruko sebagai benang merah yang menghubungkan kisah-kisah tersebut.

2. Frieren: Beyond Journey's End (2023)

Kisah sang penyihir Frieren tak hanya berpusat pada dirinya tetapi juga merangkum perjalanan Fern, Himmel, Stark, dan karakter-karakter lain dalam anime ini. Sebagai seorang elf, Frieren memiliki umur yang sangat panjang. Sebuah kenyataan yang mulai ia pahami seiring berjalannya cerita, terutama melalui interaksinya dengan manusia seperti Fern dan Heiter.

Penonton menyaksikan kisah cinta pertama Fern dan Stark, sementara Frieren belajar untuk berempati dan mengatasi sifat egoisnya agar bisa mempertahankan hubungan dengan orang-orang yang ia sayangi. Selain itu, anime ini juga menyuguhkan petualangan seru tentang sihir, iblis, dan persahabatan yang terjalin dalam perjalanan keliling dunia. Bagi para penggemar Dungeons & Dragons, anime ini menawarkan daya tarik tersendiri mirip dengan anime populer Dungeon Meshi atau Delicious in Dungeon.

3. Assassination Classroom (2015)

Sekilas, Assassination Classroom mungkin terlihat seperti anime shōnen yang konyol tentang siswa sekolah menengah dan seekor gurita yang dipaksa berbagi ruang kelas sebelum ia menghancurkan dunia dalam waktu setahun. Namun, anime ini segera memikat hati penonton dengan kehangatannya, karakter-karakter yang unik dan menari, serta pesan mendalam tentang arti kehidupan dan pentingnya kebersamaan. Lebih dari itu, anime ini juga menyajikan komentar sosial tentang kehidupan remaja di Jepang.

Musim kedua menghadirkan nuansa yang lebih berat, mencerminkan kompleksitas kehidupan yang semakin meningkat seiring bertambahnya usia. Pilihan-pilihan yang harus diambil menjadi lebih rumit dan hubungan membutuhkan lebih banyak usaha, kesabaran, dan pengertian. Belajar memaafkan orang lain sama pentingnya dengan belajar memaafkan diri sendiri. Di samping itu, anime ini tetap menyajikan aksi yang seru dan menghibur dilengkapi dengan akting suara yang brilian.

4. Neon Genesis Evangelion (1995)

Serial yang dikenal dengan pertempuran mecha kolosal di Tokyo futuristik ini, Evangelion, dapat ditafsirkan sebagai alegori atas krisis keuangan dan trauma pasca-perang yang melanda Jepang pada tahun 1990-an. Hampir semua karakter di Evangelion berusia di bawah 25 tahun kecuali Gendo Ikari dan beberapa lainnya. Setiap karakter muda ini menjalani perjalanan hidup yang berbeda dengan momen-momen penting yang membentuk proses pendewasaan mereka. Tanpa memberikan terlalu banyak spoiler, dapat dikatakan bahwa setiap karakter mengalami serangkaian kegagalan sebelum akhirnya mencapai satu kesuksesan besar yang membuktikan bahwa mereka telah dewasa dan berhasil memutus rantai trauma.

Cara serial ini menggambarkan proses pendewasaan dengan apik terlihat dalam adegan antara Misato dan Shinji menjelang akhir anime. Misato mengambil keputusan nekat, didorong oleh keputusasaan untuk memotivasi Shinji agar berani membuat pilihan dan tidak lagi terjebak dalam ketakutan dan kecemasan. Meskipun ada beragam pendapat tentang versi terbaik dari anime ini, pesannya tetap jelas: bahkan di dunia yang bebas dari ancaman monster, eksistensi manusia dan ketakutan akan penilaian orang lain adalah hal yang menakutkan.

5. Kino's Journey: The Beautiful World

Anime orisinalnya debut pada tahun 2003 diikuti oleh seri lanjutan pada tahun 2017 dengan formula yang serupa. Kino ditemani oleh sepeda motornya yang bisa berbicara, Hermes, menjelajahi dunia dan menemukan berbagai kisah dan individu yang unik. Perpaduan antara film perjalanan dan anime slice of life, cerita ini mengungkap masa lalu Kino melalui pertemuan-pertemuan tak terduga tersebut.

Anime ini menggali tema-tema mendalam seperti keinginan, delusi, dan perjuangan manusia untuk mempertahankan keyakinan mereka. Kino berperan sebagai mata bagi penonton menyaksikan berbagai tempat aneh seperti kota bergerak, negara pembohong, dan bahkan negeri di mana anak-anak dipaksa menjadi dewasa pada usia sebelas tahun. Meskipun tidak secara gamblang membahas tentang proses pendewasaan seperti FLCL. Anime Kino's Journey tetap mengeksplorasi bagaimana pengalaman hidup membentuk seseorang baik dengan menerima, menolak, atau bahkan melarikan diri dari pengalaman tersebut seperti Kino yang memilih menjelajah dunia dengan sepeda motornya.

6. Space Dandy (2014)

Banyak yang menyebut Space Dandy sebagai versi surealis dan ringan dari Cowboy Bebop. Namun, jika Cowboy Bebop berfokus pada bagaimana trauma membentuk seseorang, Space Dandy justru mengeksplorasi bagaimana seseorang melangkah maju menghadapi segala rintangan dengan gaya yang keren. Makna mendalam ini mungkin tersembunyi di balik penampilan Dandy yang flamboyan, perilaku Meow yang santai dan genit serta kecemasan QT. Namun pada dasarnya anime ini adalah tentang proses pendewasaan dan membuat pilihan.

Space Dandy menggambarkan bagaimana individu menghadapi emosi yang kuat, ekspektasi orang lain, cinta tak terbalas, dan beban tanggung jawab ketika mereka merasa kehilangan arah. Yang menarik adalah bagaimana karakter-karakter ini memiliki kebebasan untuk menentukan nasib mereka sendiri. Pesan utama dari Dandy? Jangan terlalu serius menjalani hidup. Nikmati setiap momen, berbuat baik pada diri sendiri dan orang lain, dan jangan lupa untuk sesekali menikmati kesenangan duniawi dan petualangan musik jazz.

7. Kotaro Lives Alone (2022)

Mirip dengan Frieren: Beyond Journey's End, serial Kotaro Lives Alone adalah sebuah kisah tentang berbagai bentuk proses pendewasaan. Meskipun Kotaro seorang bocah lelaki berusia 5 tahun adalah tokoh utama, tetangga-tetangganya juga memiliki peran penting dalam cerita yang menyentuh hati dan membentuk sebuah ikatan keluarga yang tak terduga. Anime slice of life ini juga menyimpan misteri: mengapa Kotaro hidup sendirian?

Shin, seorang mangaka, adalah teman sekaligus tetangga terdekat Kotaro. Ada juga tetangga lain yang bercerai dan terpisah dari anaknya, serta seorang hostess yang menjadi korban kekerasan. Bersama Ayano, seorang pengacara yang membantu Kotaro karena alasan yang akan terungkap dalam cerita, mereka semua belajar dan tumbuh bersama. Meskipun menghadapi berbagai kesulitan, setiap karakter berusaha untuk menjadi lebih baik dan menghadirkan kehangatan di tengah kisah yang bisa saja menjadi sangat menyedihkan.

Baca Juga: 5 Protagonis di Anime Isekai yang Ubah Kekuatan Biasa Jadi Luar Biasa

Verified Writer

jajang nurjaman

Order undangan nikah online murah di https://invee.me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya