TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Film dan Drama Horor tentang Mae Nak, Urband Legend Thailand Populer

Film horor Indonesia Kang Mak mengadaptasi urband legend ini, lho

poster film Kang Mak From Pee Mak (instagram.com/falconpictures_)

Urban legend merupakan cerita yang banyak dipercaya orang dalam suatu wilayah dan biasanya memiliki unsur horor atau menyeramkan. Salah satu urban legend populer di Thailand adalah cerita Hantu Nak atau Mae Nak (Nak Phra Khanong).

Urband legend Thailand ini mengisahkan tentang Nak yang meninggal saat melahirkan bayinya. Kematiannya tidak diketahui oleh sang suami, Mak, bahkan setelah ia pulang dari medan perang. Namun, orang-orang di sekitar Mak menyadari kejadian mistis dan keanehan Nak.

Kisah tragis ini sangat populer di Thailand, hingga berkali-kali menjadi inspirasi berbagai film sejak era bisu hingga sekarang. Banyak film horor Thailand yang mengangkat kisah Hantu Nak. Bahkan, cerita tentang Hantu Nak juga diadaptasi jadi film horor Indonesia.

Apa saja film dan drama yang mengangkat kisah tentang Mae Nak atau Hantu Nak? Simak ulasan berikut ya!

1. Pee Mak (2013)

Pee Mak (2013) bukanlah film pertama yang mengangkat cerita tentang Mae Nak atau Hantu Nak. Namun, film ini jadi salah satu adaptasi modern cerita Mae Nak yang sukses hingga meraup keuntungan mencapai satu miliar baht (sekitar 453 triliun). Film horor komedi ini pun berhasil menyabet berbagai penghargaan.

Film yang disutradarai oleh Banjong Pisanthanakun ini mengisahkan tentang Mak (Mario Maurer) yang berjuang di medan perang dan meninggalkan sang istri, Nak (Davika Hoorne), yang sedang hamil. Di medan perang, Mak sempat terluka, sehingga di bawa ke kamp medis. Di sana, dia bertemu dengan empat rekan seperjuangan, yakni Ter, Puak, Shin, dan Aey.

Saat perang berakhir, Mak dan keempat rekannya pulang ke desa tempat tinggal Mak. Keempat rekannya meningap di rumah Mak dan Nak, namun satu per satu dari mereka menemukan kejanggalan Nak. Meski awalnya mereka ketakutan dengan Hantu Nak, di akhir cerita mereka hidup bahagia dan Nak menggunakan kekuatannya untuk melakukan berbagai pekerjaan hingga membantu mengelola rumah hantu di pasar malam.

2. Kang Mak From Pee Mak (2024)

Kesuksesan film Pee Mak (2013) membuat sineas Indonesia melirik untuk mengadaptasi film yang menceritakan tentang kisah Hantu Nak tersebut. Film horor Indonesia ini diberi judul Kang Mak From Pee Mak (2024). Film ini dirilis pada 15 Agustus lalu dengan menggandeng Vino G Bastian dan Marsha Timothy sebagai pemeran utama.

Sama seperi film orisinalnya, film ini mempertahankan genre horor komedi serta menceritakan tentang kisah Hantu Nak yang meninggal saat melahirkan dan ditinggal suaminya berperang. Namun, nama karakter dalam film yang disutradarai oleh Herwin Novianto ini diubah menjadi nama yang lebih akrab di telinga penonton Indonesia. Vino G Bastian memerankan sosok Makmur (Kang Mak) dan Marsha Timothy sebagai Sari (sosok Hantu Nak).

Film Kang Mak From Pee Mak juga dimeriahkan oleh Indro Warkop, Toro Sudiro, Indra Jegel, dan Rigen Rakelna yang memerankan sebagai kawan Makmur. Selain itu, Andre Taulany juga menjadi kameo dalam film ini. Sudah nonton film horor komedi ini di bioskop kesayanganmu?

3. Nang Nak (1994)

Nang Nak merupakan film yang dirilis pada 1999 dan disutradarai oleh Nonzee Nimibutr. Film horor ini menjadi salah satu film populer pada masanya. Bahkan, film horor ini mampu mendapatkan100 juta baht di box office kala itu.

Film horor Thailand populer ini kini bisa dinikmati dalam format digital. Film ini dirilis ulang dalam format digital pada 2019 yang bertepatan dengan 2 dekade sejak perilisan versi aslinya. Kamu bisa menyaksikan film Nang Nak di Netflix.

4. Ghost of Mae Nak (2005)

Sutradara Mark Duffield juga melirik urband legend Mae Nak dalam filmnya. Namun, film Ghost of Mae Nak (2005) mengusung latar Bangkok modern. Alur ceritanya juga berbeda dari versi urband legend yang beredar di masyarakat.

Film ini menceritakan tentang Tid Mak (Siwat Chitchaicharin) yang sering diganggu oleh hantu Mae Nak (Porntip Papanai) lewat mimpi. Suatu hari, Mak bertemu dengan tunangannya, Nak (Tangmo Nida), untuk melihat bros antik dan melihat rumah tua di Phra Khanong melalui agen real estat. Setelah menikah, rumah Mak dan Nak dibobol maling yang mencuri hadiah pernikahan serta barang-barang lainnya.

Secara kebetulan, Mak melihat para pencuri menjual barang curiannya di jalanan Bangkok. Mak berusaha mengejar mereka namun ia justru ditabrak oleh mobil pencuri tersebut hingga koma. Hantu Mae Nak melindungi pasangan ini, tapi sebagai gantinya ia mengambil jiwa Mak.

Verified Writer

Astri Supriyati

An Illegirl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya