TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Prolog Ecosystem Helat Ramadhan Favorit 2024, Catat Tanggalnya!

Berlangsung di The Wall, usung tema #KembaliPulang

Logo acara Ramadhan Favorit 2024 yang dihelat oleh Prolog Ecosystem. (Dok. Prolog Ecosystem)

Makassar, IDN Times - Ramadhan Favorit, acara tahunan yang digagas oleh Prolog Ecosystem sejak 2021, kembali dihelat pada tahun ini. Meneruskan tradisi dari tiga edisi sebelumnya, acara ini kembali mempertahankan ciri khas yakni melibatkan partisipan subsektor ekonomi kreatif. Seperti musik, fesyen, hingga makanan dan minuman.

Mengusung tema #KembaliPulang, Ramadhan Favorit edisi 2024 akan berlangsung di The Wall dari Jumat pekan ini (15/3/2024) hingga 31 Maret mendatang. Prolog Ecosystem pun mengajak Makassar Culinary Night dan Dompet Dhuafa untuk berkolaborasi, menghadirkan berbagai program menarik untuk para pengunjung.

1. Ramadhan Favorit edisi tahun ini diadakan di "rumah" Prolog Ecosystem, yakni The Wall

Achmad Nirwan, selaku Media and Community Manager Prolog Ecosystem, menyebut tema #KembaliPulang memang tak lepas dari pemilihan The Wall sebagai venue. Terlebih Ramadhan Favorit sempat dihelat di dua lokasi bersejarah Kota Daeng.

"Spesialnya, setelah di tahun-tahun sebelumnya berkeliling di landmark kota Makassar
seperti Gedung Kesenian Sulsel (edisi 2022) dan Monumen Mandala (edisi 2023),
Ramadhan Favorit 2024 memutuskan #KembaliPulang ke tempat Prolog Ecosystem
berkegiatan," ujarnya kepada IDN Times, Senin (11/3/2023).

"Namun, bila dibandingkan edisi pertama di tahun 2021 di Jl. Serigala yang
menjadi tempat Prolog Ecosystem sebelumnya, kali ini dengan suasana yang baru dan
lebih luas yaitu gedung bernama The Wall," sambung Nirwan.

2. Grup musik Kawan Pencerita akan tampil menghibur pengunjung Ramadhan Favorit 2024

Band folk rock asal Makassar, Kawan Pencerita. (Instagram.com/kawanpencerita)

Terletak di Jalan Sumba No. 81, The Wall rutin digunakan sebagai pertunjukan musik sejumlah band, termasuk program rutin bertajuk The Great Gigs in The Wall (TGGITW) yang dihelat tiap hari Senin. Nah, TGGITW juga yang akan menjadi salah satu suguhan di Ramadhan Favorit 2024.

"Sejauh ini yang sudah dikonfirmasi tampil yaitu Kawan Pencerita di tanggal 18 Maret dan The Joeys di tanggal 25 Maret untuk The Great Gigs in The Wall," ungkap Achmad Nirwan tentang TGGITW edisi spesial tersebut.

Prolog Ecosystem sendiri sudah membuka pendaftaran tenant sejak hari Minggu kemarin (10/3/2024). Jadi, line-up pengisi Ramadhan Favorit 2024 baru diumumkan pada Rabu medatang (13/3/2024).

3. Acara besutan Prolog Ecosystem ini sudah rutin digelar sejak tahun 2021

Ramadhan Favorit pertama kali dihelat pada tahun 2021 sebagai respons terhadap dampak COVID-19. Dengan event ini, Prolog Ecosystem ingin menciptakan ruang kreatif dan membangun komunitas kuat di kota tersebut. Terlebih pandemi membuat industri kreatif Makassar sempat terpuruk.

Helatan ini kemudian terus berkembang merangkul lebih banyak pelaku kreatif, dan mendukung mereka dalam menghadapi tantangan pandemi. Event ini menjadi wadah bagi pegiat kreatif untuk bersatu, memulihkan ekosistem kreatif, dan tetap produktif.

Oh iya, acara ini berlangsung selama 17 hari, pukul 15.00 WITA sampai 23.00 WITA. Kalau penasaran dengan vibes berbuka puasa di The Wall, langsung saja sambangi Ramadhan Favorit 2024, ya!

Baca Juga: Aksi Fourtwnty di Prolog Fest 2022: Medan Selalu Paling Paten!

Berita Terkini Lainnya