Comscore Tracker

Ladies, Tolong Ingat Ini 7 Waktu yang Gak Tepat Buat Bercinta

Demi kebaikan kamu dan pasangan, kok!

Sebagai hak pribadi, kamu bisa bercinta kapan pun yang kamu mau, tak peduli pagi, siang, atau malam. Namun dalam kondisi tertentu seperti berikut ini, ada baiknya kamu untuk menunda dulu melakukan hubungan intim dengan suami agar tak justru berbalik menyerang kesehatan dan kenyamanan diri sendiri baik fisik maupun mental.

1. Baru saja melahirkan

Ladies, Tolong Ingat Ini 7 Waktu yang Gak Tepat Buat Bercintaunsplash/Kevin Liang

Sesungguhnya, tak ada batasan khusus kapan kamu boleh kembali bercinta setelah melahirkan. Namun, Mayo Clinic merekomendasikan empat hingga enam minggu pascapersalinan untuk menikmati sesi intim bersama suami. Bila tidak, kemungkinan berbagai komplikasi dan proses penyembuhan dapat terganggu.

2. Memiliki ISK

Ladies, Tolong Ingat Ini 7 Waktu yang Gak Tepat Buat Bercintamedicalnewstoday.com

Menurut Diana Rodriguez di Everyday Health, kamu perlu menunggu untuk bercinta sampai menyelesaikan konsumsi antibiotik dan tak lagi mengalami gejala Infeksi Saluran Kemih (ISK) selama dua minggu. Pasalnya selain membuat seks jadi kurang nyaman, kamu bisa menularkan penyakit ini kepada pasangan serta memperparah kondisi diri sendiri.

3. Setelah melakukan bikini wax

Ladies, Tolong Ingat Ini 7 Waktu yang Gak Tepat Buat BercintaSumber Gambar: desktopwallpapers4.me

Kamu mungkin akan merasa seksi dan tak sabar untuk segera bercinta setelah melakukan bikini waxing. Sayangnya, waxing justru membuat kulit menjadi sensitif. Setidaknya, tunggulah hingga 24 jam setelah kamu menghilangkan rambut-rambut halus di area genital jika ingin melakukan seks.

4. Mengalami infeksi ragi

Ladies, Tolong Ingat Ini 7 Waktu yang Gak Tepat Buat Bercintaaidsmap.com

Sama seperti ISK, infeksi ragi pada dasarnya bukanlah penyakit seksual menular. Meski demikian, bercinta saat kamu masih belum sembuh dari kondisi ini akan membuat seks jadi menyakitkan dan memperparah infeksi. Berpuasalah sejenak dan fokus untuk menghilangkan penyakit ini menggunakan obat yang diberikan dokter.

Baca Juga: 8 Fakta Orgasme yang Perlu Kamu Tahu, Bukan Sekadar Kenikmatan Lho!

5. Untuk menghindari konflik

Ladies, Tolong Ingat Ini 7 Waktu yang Gak Tepat Buat BercintaUnsplash/Neonbrand

Pendidik seks profesional Domina Franco mengamini bahwa mengiyakan ajakan seks hanya untuk menghindari konflik adalah keputusan yang sangat buruk. Seks tidak semestinya dilakukan oleh dasar paksaan dan persetujuan untuk melakukannya haruslah diberikan dengan cuma-cuma tanpa beban.

6. Tanpa proteksi sebelum tes pap smear

Ladies, Tolong Ingat Ini 7 Waktu yang Gak Tepat Buat Bercintaunsplash.com

Bila sudah merencanakan tes pap smear, pastikan dalam waktu 48 jam sebelum hari-H bercinta dilakukan dengan pengaman. Pasalnya, air mani dapat mengganggu hasil evaluasi sebagaimana yang disampaikan Jessica Shepherd MD, asisten profesor OB/GYN Illinois College of Medicine. 

7. Hamil dengan kondisi tertentu

Ladies, Tolong Ingat Ini 7 Waktu yang Gak Tepat Buat Bercintahealth.sunnybrook.ca

Secara umum, bercinta saat hamil bukanlah sebuah isu sebab janin dilindungi oleh ketuban. Namun menurut Dr. Laura Riley dari Parents.com, ada beberapa kondisi yang dapat membahayakan perlindungan tersebut seperti beberapa jenis penyakit menular seksual, histori persalinan prematur, dan sebagainya. Karena itu, bijaknya konsultasikan dulu kepada dokter mengenai risiko dan peluangmu untuk tetap dapat bercinta selagi masa kehamilan.

Ingatlah, kamu juga perlu untuk menjaga kesehatan, meski sebesar apapun hasrat kamu untuk bercinta. Tanpa bermaksud untuk mengatur kehidupan privasimu, setidaknya berpuasalah sejenak untuk bercinta bila kamu mengalami hal-hal di atas, ya.

Baca Juga: Tanpa Hubungan Seksual, 7 Hal Ini Bisa Membuat Kita Orgasme Spontan

Topic:

  • Irwan Idris

Just For You