Comscore Tracker

Riset Membuktikan Ini Waktu Terbaik untuk Berhubungan Seks

Meningkatkan kenyamanan, kesehatan, dan potensi kehamilan

Masing-masing orang punya preferensi soal urusan seks. Begitu pun soal pemilihan waktu. 

Umumnya, pasangan suami-istri memilih menjalankan aktivitas seksual di malam hari. Mungkin karena lingkungan sekitar sepi, orang lain sudah terlelap, dan suasana terasa lebih romantis.

Tapi sejumlah penelitian mengungkap waktu terbaik untuk berhubungan seksual. Pemilihan waktu berhubungan dengan tingkat kenyamanan, kesehatan, serta potensi kehamilan. 

Ingin tahu kapan saja waktu yang baik untuk berhubungan suami istri? Simak penjelasan berikut ini!

1. Di pagi hari sebelum pukul 09.00

Riset Membuktikan Ini Waktu Terbaik untuk Berhubungan Sekstotalsororitymove.com

Kebiasaan morning sex ternyata bagus untuk kesehatan. Dikutip dari Psychology Today, berhubungan seksual di pagi hari bermanfaat positif karena erat kaitannya dengan faktor hormonal. 

Lonjakan testoteron pada laki-laki terjadi antara pukul 06.00 hingga 09.00. Saat itu tingkat hormon naik 25 hingga 50 persen dibandingkan waktu lain. Makanya saat itu laki-laki mengalami ereksi.

Sedangkan laman Mind Body Green menjelaskan, tingkat estrogen pada perempuan juga melonjak di pagi hari. Meski itu tak meningkatkan nafsu seksual, vagina akan terlubrikasi sehingga ia lebih sensitif terhadap rangsangan. 

2. Di sore hari sekitar pukul 15.00

Riset Membuktikan Ini Waktu Terbaik untuk Berhubungan Sekspexels.com/jack sparrow

Berhubungan seksual di sore hari sekitar pukul 15.00 juga bagus. Menurut The Healthy, pada waktu itu perempuan mengalami lonjakan hormon kortisol yang mendorongnya lebih waspada dan peka terhadap rangsangan seksual.

Di waktu terebut, laki-laki mengalami penurunan tingkat hormon testosteron pada laki-laki menurun. Tapi bukan berarti mereka malas berhubungan seks. Justru, kondisi itu membuat laki-laki akan lebih mengutamakan sisi emosional, bukan hanya nafsu.

Alasan-alasan tersebut membuat seks di sekitar pukul 15.00 memiliki sensasi yang berbeda daripada di pagi hari. Jika kamu dan pasangan bisa meluangkan waktu sejenak untuk beristirahat, tak ada salahnya untuk mencoba hal baru seperti hubungan seksual di waktu ini. 

3. Di malam hari

Riset Membuktikan Ini Waktu Terbaik untuk Berhubungan Seksfreepik.com/freepik

Bagi mayoritas orang, hubungan seksual di pagi dan sore hari merupakan hal mustahil karena kesibukan yang sangat padat. Tak perlu khawatir, kamu bisa meluangkan waktu di malam hari seperti biasanya. 

Sebenarnya peran hormon tidak terlalu signifikan di malam hari. Akan tetapi, melalui seks, kamu dan pasangan dapat melepaskan rasa stres bersama. Saat melakukannya, kamu juga bisa lebih rileks karena terbebas dari beban pekerjaan dan suasana sekitar pun lebih tenang. 

Dari segi kesehatan, hubungan seks di malam hari dapat meningkatkan kualitas tidur. Sebab tubuh melepaskan hormon oksitosin setelahnya yang dapat membuat otot-otot rileks dan tenang. 

Baca Juga: 5 Proses Perubahan Tubuh Laki-laki saat Berhubungan Seks

4. Ketika kamu dan pasangan sama-sama ingin melakukannya

Riset Membuktikan Ini Waktu Terbaik untuk Berhubungan Sekscdnparenting.com

Tak boleh dilupakan, hubungan seksual terbaik juga harus dilakukan ketika kamu dan pasangan sama-sama menginginkannya. Dengan begitu, kedua belah pihak bisa lebih "hadir", nyaman, dan tidak terbebani. 

Lain halnya ketika kamu terpaksa melakukan aktivitas tersebut hanya karena pasangan menginginkannya. Kamu akan merasa tak nyaman dan begitu pula sebaliknya. Jangan sampai ada unsur paksaan saat berhubungan seksual karena aktivitas ini harus didasarkan pada consent atau persetujuan orang yang terlibat. 

5. Lakukan hubungan seksual tepat sebelum masa ovulasi perempuan

Riset Membuktikan Ini Waktu Terbaik untuk Berhubungan Seksmotherandbaby.co.uk

Terakhir, waktu terbaik untuk berhubungan seksual jika kamu ingin mempercepat kehamilan adalah di masa ovulasi perempuan. Seperti apa cara mengetahuinya?

Ovulasi merupakan masa di mana sel telur dilepaskan dari ovarium ke rahim. Jika dibuahi oleh sperma, sel tersebut akan tertanam di dinding rahim dan berkembang menjadi zigot dan kemudian menjadi embrio. 

Pada umumnya, ovulasi terjadi pada hari ke-14 dari siklus menstruasi (28 hari). Sekitar 3 hingga 4 hari sebelum masa itu merupakan waktu subur perempuan. Inilah momen terbaik untuk berhubungan seksual karena kesempatan untuk hamil menjadi sangat besar. 

Kamu bisa menghitung masa ovulasi melalui berbagai aplikasi smartphone. Contohnya Clue Period Tracker, Flo, Glow, hingga Halodoc. Biasakan mencatat dan menghitungnya untuk memudahkanmu melihat kapan waktu ovulasi dan haid akan dimulai. 

Itulah waktu yang baik untuk berhubungan suami istri. Terlepas dari itu, lakukan ketika kamu dan pasangan sama-sama nyaman sehingga aktivitas tersebut terasa lebih intim, ya!

Baca Juga: 8 Anggapan Keliru tentang Kondom, Jangan Percaya Mulai Sekarang!

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya