Comscore Tracker

Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Masturbasi pada Perempuan

Aktivitas seksual ini punya banyak manfaat, loh

Ada banyak stigma buruk yang menyelubungi masturbasi. Tindakan stimulasi organ intim untuk kepuasan seksual pribadi ini dianggap tabu dan buruk, apalagi jika yang melakukannya adalah perempuan. 

Padahal, kenyataannya masturbasi merupakan tindakan yang tergolong aman dan bahkan bisa mendatangkan banyak manfaat jika dilakukan dengan benar. Bahkan, menurut para ahli, perempuan bisa melakukan masturbasi kapan pun asalkan tidak mengganggu kegiatan sehari-hari. 

Berikut ini 7 manfaat masturbasi pada perempuan yang harus kamu tahu!

1. Dapat membantumu tidur lebih awal

Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Masturbasi pada Perempuanpexels.com/cottonbro

Menurut laman Cleveland Clinic, masturbasi membuat tekanan darah, detak jantung, dan irama napas meningkat drastis. Namun, setelah terpuaskan, tubuhmu akan berada di kondisi yang sebaliknya, yaitu lemas dan lelah. Efek tersebut akan membantumu tidur lebih awal daripada biasanya, apalagi jika masturbasi dilakukan pada malam hari.

Bukan hanya itu, tindakan ini juga mampu melepaskan hormon serotonin, oksitosin, dan prolaktin yang membuat kita berada dalam kondisi rileks. Peran hormon diiringi dengan terlepasnya semua tekanan yang ada di tubuh akan mengantarkanmu ke alam mimpi dalam waktu yang cepat. 

2. Menghilangkan stres dan meningkatkan mood

Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Masturbasi pada Perempuanpexels.com/Andrea Piacquadio

Masturbasi dapat mengalihkan pikiranmu dari hal-hal yang memicu stres. Mulai dari pekerjaan, deadline, tugas, dan lain sebagainya. Otak akan fokus pada satu hal saja, yaitu kepuasan seksual. Itulah kenapa tindakan ini bisa mengurangi tingkat stres. 

Tak hanya itu, masturbasi yang diiringi dengan orgasme bahkan memiliki efek yang lebih kuat. Laporan dalam Journal of Sexual Medicine tahun 2016 mengatakan bahwa hal ini akan meningkatkan produksi hormon dopamin dan oksitosin yang merangsang perasaan bahagia. Mood pun akan bagus seharian. 

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Masturbasi pada Perempuanpexels.com/Karolina Grabowska

Masturbasi memang tidak serta-merta membuat jantung lebih sehat. Namun, tak bisa dimungkiri bahwa selama proses tersebut berlangsung, detak jantung jadi lebih cepat daripada biasanya, seperti ketika kita sedang berolahraga. 

Mengutip laman Self, itulah kenapa masturbasi disebut bisa meningkatkan kesehatan jantung, apalagi jika kamu melakukannya hingga berdebar-debar dan berkeringat. Akan tetapi, tetap saja jangan samakan tindakan ini dengan olahraga, ya!

Baca Juga: Wajib Tahu! 7 Penyakit Menular lewat Seks Oral dan Cara Mencegahnya

4. Meredakan berbagai rasa sakit

Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Masturbasi pada Perempuanpexels.com/Karolina Grabowska

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa masturbasi merupakan salah satu cara untuk meredakan kram perut yang sering dialami saat haid. Ternyata bukan hanya itu, masturbasi sebenarnya bisa mengurangi berbagai macam rasa sakit, lho

Pusing, kram, sakit punggung, nyeri otot, dan bahkan sakit di persendian bisa berkurang ketika kamu melakukannya. Mengutip Well and Good, ini terjadi karena hormon endorfin yang diproduksi saat masturbasi mampu mengurangi respons otak terhadap rasa sakit. 

5. Memperkuat otot dasar panggul

Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Masturbasi pada Perempuancloudinary.com

Berikutnya, masturbasi juga bisa memperkuat dasar panggul. Ini merupakan sekumpulan otot yang menopang beberapa organ dalam, seperti kandung kemih dan rahim. Lalu apa yang membuat hal ini menjadi penting?

Otot dasar panggul yang kuat memiliki beberapa implikasi. Pertama, hal ini akan meningkatkan kepuasan seksual karena otot tersebut berhubungan dengan elastisitas vagina.

Kedua, ia bisa meningkatkan rasa nyaman dan mengurangi rasa sakit saat berhubungan seks.

Terakhir, otot dasar panggul juga memegang peran penting ketika perempuan hamil dan melahirkan.  

6. Mampu membuat kulit tampak sehat dan bersinar

Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Masturbasi pada Perempuanpexels.com/Andrea Piacquadio

Khasiat seks terhadap kulit memang nyata. Hal ini juga berlaku untuk masturbasi, lho. Studi dari Journal of Sexual Medicine tahun 2009 mengatakan bahwa aktivitas tersebut mampu meningkatkan hormon estrogen. 

Hormon tersebut berperan besar terhadap kesehatan kulit. Mulai dari meningkatkan produksi kolagen, hidrasi, mengobati luka, dan menjaganya dari berbagai masalah lain. Maka dari itu, ketika tingkat estrogen cukup tinggi, kulit pun akan tampak lebih sehat dan bersinar. 

7. Manfaat lain dari masturbasi yang harus kamu tahu!

Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Masturbasi pada Perempuanwellandgood.com

Selain yang disebutkan di atas, masih banyak manfaat lain dari masturbasi, khususnya untuk perempuan. Berikut ini di antaranya:

  • Masturbasi dapat meningkatkan lubrikan pada vagina, hal ini akan membantu mencegah kekeringan di area tersebut saat menopause nanti;
  • Mengurangi kram haid;
  • Meningkatkan potensi orgasme;
  • Bisa menjadi alternatif aktivitas seksual bagi perempuan hamil;
  • Meningkatkan kehidupan seks bersama pasangan;
  • Membuat tubuh terasa lebih segar;
  • Membantumu lebih mengenal tubuh dan preferensi seksual.

Itulah 7 manfaat masturbasi pada perempuan yang jarang diketahui. Kamu bisa melakukannya berdasarkan preferensi pribadimu dan sesuaikan pula waktunya agar tidak mengganggu aktivitas lain. 

Baca Juga: Dear Suami, Ini lho 11 Titik Rangsang Wanita Paling Sensitif

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya