Comscore Tracker

Jarang Disadari, Ini 10 Tanda Tubuhmu Mengalami Penuaan Dini

Gak ada yang suka disebut tampak lebih tua, bukan?

Boleh dibilang tak ada orang yang ingin dianggap mengalami penuaan dini. Jutaan orang di berbagai belahan dunia tentu lebih memilih untuk disebut lebih muda daripada usia saat ini. Tak mengherankan, banyak orang yang berlomba-lomba untuk menggunakan berbagai produk untuk menampilkan kesan lebih muda.

Namun, yang namanya awet muda atau penuaan dini tidak terbatas dari penampilan luar belaka. Bisa jadi, sekalipun wajah dan gayamu terlihat muda, tubuhmu justru sudah mengalami penuaan dini ditandai dengan beberapa hal berikut.

1. Memar membutuhkan waktu lebih lama untuk hilang

Jarang Disadari, Ini 10 Tanda Tubuhmu Mengalami Penuaan Dinimedicalnewstoday.com

Kalau luka atau cedera yang dialami membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh dari biasanya, Ira S. Pastor dari Bioquark, Inc. mengatakan bahwa kemungkinan besar kamu mengalami penuaan dini. Kulit adalah organ yang paling besar dan memiliki kemampuan untuk menyembuhkan diri dengan cepat. Artinya, kalau kemampuan ini sudah mulai terganggu, ada yang tak benar pula dalam sistem internal tubuhmu.

2. Kerontokan rambut tak hanya pada kepala

Jarang Disadari, Ini 10 Tanda Tubuhmu Mengalami Penuaan Dinimerdeka.com

Menurut Bindiya Gandhi MD, penuaan tidak terbatas pada kerontokan rambut yang terjadi pada kepala sehingga mulai memperlihatkan kulit kepalamu. Kalau usiamu muda tetapi  rambut di bagian kaki, lengan, atau yang lainnya mulai menipis, artinya tubuhmu 'berumur' lebih cepat dari yang kamu perkirakan. Selain itu, tentu saja, rambut yang mulai beruban juga masuk dalam hitungan.

Baca Juga: Lima Gejala Kanker Paru-paru, Penyakit yang Mendera Mendiang IYL

3. Berkeriput lebih banyak dibandingkan teman sebaya

Jarang Disadari, Ini 10 Tanda Tubuhmu Mengalami Penuaan Dinihellosehat.com/NovitaJoseph

Tanda yang satu ini sudah cukup jelas, kan? Walau genetik juga berperan dalam kerutan pada kulit, Constantine George MD dari Epitomedical dan Vedius menjelaskan bahwa hal ini juga sangat dipengaruhi oleh gaya hidup yang dilakoni. Seperti contoh, kamu yang lebih sering terpapar sinar matahari tanpa perlindungan, merokok, mengonsumsi alkohol, dan memiliki diet yang buruk akan cenderung berkeriput lebih banyak dibandingkan mereka yang bergaya hidup lebih sehat.

4. Tidak lagi kuat membawa barang berat

Jarang Disadari, Ini 10 Tanda Tubuhmu Mengalami Penuaan Diniself.com

Penulis buku Zone Diet sekaligus presiden Inflammation Research Foundation, Barry Sears MD, mengungkapkan bahwa kekuatan otot berhubungan langsung dengan usia. Semakin bertambahnya usia, semakin banyak massa otot yang akan hilang dan membuatmu jadi lebih lemah. Namun, kondisi ini bisa diperbaiki dengan rutin melakukan latihan angkat beban maupun latihan kekuatan lainnya.

5. Orang-orang memintamu untuk lebih cepat

Jarang Disadari, Ini 10 Tanda Tubuhmu Mengalami Penuaan DiniPexels/Stephan Seeber

Dalam lingkaran orang-orang sebayamu, bila mereka jadi lebih sering memintamu untuk lebih cepat saat berjalan misalnya, boleh jadi ini pertanda lain kamu mengalami penuaan dini. Percaya atau tidak, Steven Austad PhD dari UAB Department of Biology mengatakan bahwa kecepatan berjalan normal seseorang merupakan indikator dari seberapa 'tua' dia. Di samping merupakan indikator kinerja otot-otot kaki, kecepatan berjalan juga merupakan indikator tentang kecepatan konduksi saraf.

Baca Juga: Penyakit Seksual Ini Sering Diderita dan Menulari Para Pria

6. Sering kesulitan membuka tutup stoples

Jarang Disadari, Ini 10 Tanda Tubuhmu Mengalami Penuaan Dinitasteofhome.com

Jadi makin sering menemukan kesulitan saat membuka stoples jajanan kesukaanmu bisa jadi pertanda kamu sedang mengalami penuaan dini. Menurut Jenny Wilson PhD, CEO My Sharp Mind, beberapa studi menunjukkan bahwa kekuatan pegangan tangan yang buruk berhubungan dengan penuaan. Hal ini mengindikasikan kekuatan dan kemampuan otot yang berkurang sekaligus penuaan dini pada otak.

7. Wajahmu jadi cekung dan kusam

Jarang Disadari, Ini 10 Tanda Tubuhmu Mengalami Penuaan Diniindependent.co.uk

Walau tak menyenangkan, faktanya, massa tulang juga akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia sehingga membuat wajahmu pun jadi terlihat lebih tua. Sue Decotiis MD mencontohkan hal ini termasuk dengan pipi yang jadi lebih cekung, bibir menipis, dan kulit yang jadi lebih menonjol. Parahnya, kamu yang memiliki kebiasaan merokok, asupan nutrisi buruk, gangguan kesehatan kardiovaskuler, atau bahkan kehilangan berat badan terlalu banyak juga berisiko terlihat jadi lebih tua.

8. Menaiki tangga jadi lebih menyiksa

Jarang Disadari, Ini 10 Tanda Tubuhmu Mengalami Penuaan Dinipexels.com/ Ricardo Esquivel

Kalau tak ada cedera atau gangguan kesehatan lain, merasa kepayahan saat menaiki tangga adalah gejala lain bahwa tubuhmu jadi lebih tua dari usiamu sebenarnya. Ilmuwan Suzette Pereira PhD mengiakan hal ini.

Memasuki usia 40-an, kamu dapat kehilangan massa otot hingga 8 persen setiap 10 tahunnya. Kalau semuda ini kamu sudah tidak kuat, bagaimana beberapa tahun ke depannya?

9. Kulit dipenuhi bintik-bintik

Jarang Disadari, Ini 10 Tanda Tubuhmu Mengalami Penuaan Diniunsplash.com/tomasalas

Disampaikan oleh Joshua D. Zuckerman MD dari Zuckerman Plastic Surgery, bahaya matahari adalah salah satu penyebab paling penting dari terlihat lebih tuanya wajah berikut munculnya keriput, kulit kering, hingga bintik kecokelatan. Biasanya, hal ini terjadi karena kamu tidak memberikan proteksi cukup seperti penggunaan tabir surya.

10. Lemak menumpuk di sekitar perut

Jarang Disadari, Ini 10 Tanda Tubuhmu Mengalami Penuaan Dinird.com

Ugh, dr. Sears juga mengatakan bahwa penumpukan lemak di sekitar perut adalah tanda lain bahwa kamu mengalami penuaan dini. Seakan tidak cukup, penuaan dini dapat dipengaruhi pula oleh kehilangan massa tulang dan otot yang membuat tinggi badanmu pun ikut berkurang. Jadi kalau kamu merasa celana favorit tak lagi muat di bagian perut dan justru kedodoran di bagian bawah, well, bisa jadi ini penyebabnya.

Kita semua tahu bahwa menjadi tua adalah hal yang tidak dapat dihindari. Namun kalau sampai tua sebelum waktunya, kamu tentu juga tak mau, bukan? Karena itu, yuk lebih bijak dalam merawat diri sendiri dengan gaya hidup yang sehat!

Baca Juga: 7 Penjelasan Ilmiah Tentang Orang Dewasa Minum ASI 

Topic:

  • Irwan Idris

Just For You