Comscore Tracker

Kerap Disepelekan, 6 Penyakit Sistem Urine yang Berakibat Fatal

Penyakit ini tidak cuma menjangkiti wanita

Manusia memiliki sistem saluran kemih atau urinaria, yang terdiri dari ginjal, kandung kemih, ureter, dan uretra. Saluran pembuangan urine ini rentan terhadap berbagai infeksi dan masalah lain.

Masalah pada sistem saluran kemih sebenarnya bisa dideteksi melalui perubahan warna urine. Berikut ini 6 masalah yang bisa terjadi pada sistem urinaria!

1. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Kerap Disepelekan, 6 Penyakit Sistem Urine yang Berakibat Fatalpowerofpositivity.com

Penyakit ini lebih sering terjadi pada wanita dibanding pria. Penyakit ini disebabkan bakteri yang masuk ke saluran kemih dan memengaruhi uretra, kandung kemih, bahkan ginjal. American Urological Association mencatat di Amerika Serikat terdapat 8,1 juta orang mengalami ISK setiap tahunnya.

2. Inkontinensia

Kerap Disepelekan, 6 Penyakit Sistem Urine yang Berakibat Fatalrosetta.pgsitecore.com

Penyakit ini merupakan masalah penurunan kontrol dalam berkemih. Pada wanita, sering kali terjadi dorongan sering berkemih dan kebocoran urine. Sedangkan pada pria, terjadi pembesaran yang membuatnya sering buang air kecil di malam hari dan tidak tuntas.

3. Interstisial cystitis (IC)

Kerap Disepelekan, 6 Penyakit Sistem Urine yang Berakibat Fatalndnr.com

IC adalah kondisi kronis kandung kemih, terutama pada wanita. Menurut Mayo Clinic, penyakit ini menyebabkan nyeri dan tekanan pada kandung kemih dan panggul. Ini dapat membuat jaringan parut kandung kemih dan kandung kemih menjadi kurang elastis, bahkan banyak orang mengalami cacat pada epitelium (lapisan pelindung kandung kemih).

Baca Juga: Warna Air Kencingmu Bisa Tunjukkan Bagaimana Kesehatanmu, Lho

4. Prostatitis

Kerap Disepelekan, 6 Penyakit Sistem Urine yang Berakibat Fatalurologosenpanama.com

Prostatitis atau pembengkakan kelenjar prostat cuma menjangkiti pria. Penyakit ini umumnya terjadi pada usia lanjut. Sering disebabkan karena frekuensi kencing, nyeri panggul, serta terasa nyeri ketika buang air kecil.

5. Batu ginjal

Kerap Disepelekan, 6 Penyakit Sistem Urine yang Berakibat Fatallalpathlabs.com

Batu ginjal terbentuk ketika bahan kimia dalam urine membentuk massa padat. Ini menyebabkan rasa sakit di punggung dan samping, bahkan darah di dalam urine.

6. Gagal ginjal

Kerap Disepelekan, 6 Penyakit Sistem Urine yang Berakibat Fatalmedicalnewstoday.com

Gagal ginjal bisa menjadi penyakit yang sementara atau bisa menjadi kronis yang menyebabkan ketidakmampuan ginjal menyaring limbah dari darah. Penyakit ini dapat membaik seiring waktu dengan pengobatan, namun jika menjadi ginjal kronis, mungkin memerlukan perawatan dialisis bahkan transplantasi ginjal.

Itulah 6 penyakit masalah sistem saluran kemih. Apabila kamu mengalami keluhan-keluhan seperti nyeri pinggang atau punggung, nyeri ketika buang air kecil, demam, mual muntah, atau urine berdarah, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Peka dan segera lakukan penanganan yang tepat sebelum menjadi penyakit yang lebih serius.

Baca Juga: Girls, Ini Informasi Soal Infeksi Saluran Kencing yang Harus Kamu Tahu

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya