Comscore Tracker

Reaksi Tubuh Ini Patut Kamu Waspadai saat Makan Makanan Kedaluwarsa

Sebaiknya hindari makanan yang lewat tanggal kedaluwarsa

Di kemasan produk makanan olahan, kamu pasti sering menemui tanggal kedaluwarsa. Itu sebenarnya peringatan bagi kamu tentang layak tidaknya produk di makan.

Produsen menyertakan tanggal expired  sesuai masa waktu produk makanan bertahan dan layak dikonsumsi. Lewat dari tanggal tersebut berarti sudah kedaluwarsa.

Tapi, kadang kita tidak sadar tengah memakan produk makanan yang telah kedaluwarsa. Kalau sudah begitu, apa yang akan terjadi pada tubuh kita? Berikut penjelasannya!

Baca Juga: Hati-hati, 5 Jenis Makanan Ini Bisa Menyebabkan Keracunan

1. Ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi setelah lewat tanggal kedaluwarsa

Reaksi Tubuh Ini Patut Kamu Waspadai saat Makan Makanan Kedaluwarsaamericanupbeat.com

Kamu mungkin pernah menemui produk biskuit yang kondisinya masih bagus di tanggal 15, tapi pada kemasan tercantum kedaluwarsa di tanggal 13. Atau roti dalam masa expired tapi tanpa jamur. 

Laman Insider menjelaskan bahwa memakan makanan yang lewat beberapa hari dari tanggal kedaluwarsa masih aman. Jenn Fillenworth, ahli gizi terdaftar mengatakan, tanggal kedaluwarsa mengacu pada kesegaran makanan. Artinya, ini lebih baik dikonsumsi sebelum tanggal tersebut agar produk dalam kondisi terbaik.

Biasanya, tidak akan ada yang terjadi jika kamu mengonsumsi makanan beberapa hari dari tanggal kedaluwarsa.

2. Makanan kehilangan nilai gizi saat kedaluwarsa

Reaksi Tubuh Ini Patut Kamu Waspadai saat Makan Makanan Kedaluwarsasafebee.com

Menurut The US Department of Agriculture, makanan kaleng dan makanan beku aman dimakan melewati tanggal kedaluwarsa. Tapi makanan tertentu akan mengalami perubahan, baik dari segi rasa, aroma dan tekstur. Contohnya, sereal kedaluwarsa yang akan menjadi basi, kehilangan tekstur crunchy, serta rasanya menjadi tidak enak.

Insider mengungkapkan, makanan yang dimakan melewati tanggal kedaluwarsa akan kehilangan sebagian nilai gizinya. Makanan segar sangat bergizi dan baik bagi tubuh, sedangkan yang lewat dari expiration date akan mengalami penurunan nutrisi dan kurang bergizi, kata Dr. Luiza Petre, seorang ahli jantung.

3. Makanan kedaluwarsa bisa memicu keracunan

Reaksi Tubuh Ini Patut Kamu Waspadai saat Makan Makanan Kedaluwarsaparenting.firstcry.com

Tidak semua orang mempunyai perut dan sistem pencernaan yang kuat. Ada orang yang langsung mengalami keracunan saat mengonsumsi makanan kedaluwarsa. Menurut ahli gizi Summer Yule, MS, di laman Insider,  itu bisa terjadi jika makanan tersebut sudah rusak dan basi.

Saat keracunan makanan, kamu akan merasakan mual, muntah, kram perut, diare, dan kedinginan. Menurut Dr. Clare Morrison dari MedExpress, makanan kedaluwarsa mungkin mengandung bakteri berbahaya, seperti E. coli atau Bacteroides

4. Beberapa jenis makanan bisa mengancam jiwa jika sudah kedaluwarsa

Reaksi Tubuh Ini Patut Kamu Waspadai saat Makan Makanan Kedaluwarsaspoonuniversity.com

Bakteri beracun pada makanan kedaluwarsa bisa mengancam nyawamu. Ada produk yang paling rentan terkontaminasi bakteri, seperti daging, susu, keju, ikan, tepung, sayuran serta beras dan produk turunannya. Menurut laman InTech Open, produk seperti susu pasteurisasi tidak boleh dikonsumsi melewati tanggal kedaluwarsa.

Menurut Dr. Clare Morrison di laman Insider, makanan kedaluwarsa yang terkontaminasi bakteri berisiko menyerang dan merusak ginjal. Sementara, menurut Centers for Disease Control and Prevention, bayam dan unggas juga tidak boleh dikonsumsi jika sudah basi. Kamu harus peka dalam melihat tanda-tanda kalau makanan itu sudah basi.

5. Beberapa makanan memang harus dikonsumsi sebelum tanggal kedaluwarsa

Reaksi Tubuh Ini Patut Kamu Waspadai saat Makan Makanan Kedaluwarsasupermarketnews.co.nz

Kamu harus super strict terhadap makanan tertentu. Beberapa jenis makanan sangat mudah busuk, seperti susu, daging mentah, telur, keju dan sayuran hijau. Menurut Dr. Luiza Petre dalam laman Insider, khusus untuk makanan tersebut, kamu harus benar-benar cermat karena ada risiko pertumbuhan bakteri yang memicu penyakit.

Jenn Fillenworth menyarankan agar kita melakukan pemeriksaan secara visual. Perhatikan apakah ada jamur yang tumbuh di atas makanan.

Selain itu, coba cium baunya untuk melihat adanya aroma busuk atau tidak. Take a little bite untuk merasakan produk itu dengan lidah kita. Jika rasanya berubah aneh, berhenti makan dan langsung buang!

6. Sebaiknyabaca label pada makanan untuk meminimalisir food waste

Reaksi Tubuh Ini Patut Kamu Waspadai saat Makan Makanan Kedaluwarsaforbes.com

Mirisnya, menurut Natural Resources Defense Council, 90 persen orang Amerika salah menafsirkan tanggal pada label dan membuang makanan yang sebenarnya masih layak. Hal ini sangat disayangkan karena akan menimbulkan food waste. Oleh karena itu, penting untuk memiliki pengetahuan tentang cara membaca label pada makanan.

Misalnya, "best before" atau "best if used before" menandakan bahwa makanan ini dijamin memiliki kualitas atau rasa terbaik jika dikonsumsi sebelum tanggal yang tertera, ungkap laman Consumer Reports. Misalnya, saus bolognese dalam toples mungkin tidak terasa segar lagi atau biskuit sudah tidak renyah, tetapi masih layak untuk dimakan.

7. Bagaimana cara untuk memperpanjang usia makanan?

Reaksi Tubuh Ini Patut Kamu Waspadai saat Makan Makanan Kedaluwarsabbcgoodfood.com

Untuk memperpanjang usia makanan sekaligus mencegah kedaluwarsa, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Misalnya, memasukkan makanan tertentu ke freezer untuk produk susu, roti, keju dan daging. Namun, jika makanan terlanjur kedaluwarsa, kamu bisa menggunakannya sebagai pupuk kompos alih-alih langsung dibuang ke sampah.

Itulah penjelasan tentang reaksi tubuh saat memakan makanan kedaluwarsa. Semoga bermanfaat, ya.

Baca Juga: Cek Fesesmu! Jika Berwarna Hitam,Waspadai 5 Penyakit Ini

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya