Comscore Tracker

Mengurangi Flu, Ini 8 Manfaat dan Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan

Hayo, jangan gak dikonsumsi ya!

Bukan hal baru bahwa bawang putih memiliki beragam khasiat untuk kesehatan. Bumbu dapur ini awam diketahui bermanfaat bagi tubuh, selain tentu saja sebagai bahan utama pada sejumlah masakan.

Hal ini tentu didasari karena bawang putih telah digunakan sebagai antibiotik untuk mengobati infeksi bakteri, jamur, dan parasit selama 7.000 tahun terakhir. Nah, dikutip healthline.com, berikut ini beberapa manfaat bawang putih yang mengejutkan bagi kesehatan. 

1. Mengurangi tekanan darah tinggi

Mengurangi Flu, Ini 8 Manfaat dan Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatanhttps://www.orfonline.org/

Bawang putih memiliki manfaat anti-inflamasi yang cukup baik sehingga dapat membantu aliran darah agar lebih mudah mengalir ke seluruh tubuh. Selain itu, beberapa penelitian mengatakan jika tekanan darah dapat turun hingga 10 persen ketika pasien mengonsumsi bawang putih. 

2. Dapat mengatasi pilek dan flu

Mengurangi Flu, Ini 8 Manfaat dan Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatanindependent.co.uk

Sebuah studi menemukan fakta jika bawang putih yang telah diekstrak dapat mengatasi sakit pilek dan flu serta memerangi penyakit lainnya. Meski suplemen bawang putih dikenal untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, akan tetapi kamu bisa memakannya langsung secara mentah atau mencampurkan ke dalam bahan masakan tertentu.

3. Anti-bakteri dan anti-parasit

Mengurangi Flu, Ini 8 Manfaat dan Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatanazonano.com

Sebuah studi menunjukkan ekstrak bawang putih dapat membantu anak-anak mengatasi infeksi cacing pita yang ada di tubuhnya. Tidak hanya itu, berkumur dengan air yang sudah ditambahkan dengan sedikit ekstrak bawang putih juga dapat menangkal bakteri penyebab bau mulut dan kondisi buruk lainnya.

4. Membersihkan darah

Mengurangi Flu, Ini 8 Manfaat dan Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatanhellosehat.com

Jerawat dan masalah kulit lain yang kerap muncul ternyata bisa disebabkan oleh darah yang kotor. Untuk mengatasinya, kamu bisa coba meminum air hangat yang telah direndam dengan dua siung bawang putih mentah setiap pagi. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan perasan jeruk lemon jika ingin mengurangi berat badan sekaligus membersihkan darah kotor yang ada di tubuhmu.

5. Mencegah kanker lambung

Mengurangi Flu, Ini 8 Manfaat dan Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatanlife.spectator.co.uk

Beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara konsumsi bawang putih yang rutin setiap harinya dengan pencegahan kanker lambung dan kolorektal. Dalam penelitian tersebut, dijelaskan jika kandungan yang terdapat dalam bawang putih dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga terhindar dari kanker.

6. Mencegah penyakit jantung

Mengurangi Flu, Ini 8 Manfaat dan Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatanyesdok.com

Sifat anti-oksidan dari Allicin dalam kandungan bawang putih ternyata dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jika dikonsumsi setiap harinya. Ini tentu sangat bermanfaat untuk mengatur tekanan darah dan kadar gula darah sehingga terhindar dari munculnya penyakit jantung.

7. Meningkatkan kesehatan tulang

Mengurangi Flu, Ini 8 Manfaat dan Khasiat Bawang Putih untuk KesehatanPexels/Scott Webb

Sebuah studi yang dilakukan terhadap wanita menopause menemukan bahwa dosis harian ekstrak bawang putih kering secara signifikan menurunkan penanda defisiensi estrogen. Hal ini menunjukkan jika bawang putih memiliki efek yang menguntungkan pada kesehatan tulang wanita. 

8. Mencegah penyakit alzheimer dan demensia

Mengurangi Flu, Ini 8 Manfaat dan Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatanexpress.co.uk

Kerusakan oksidatif dari radikal bebas berkontribusi pada cepatnya proses penuaan. Untuk itu, kandungan antioksidan pada bawang putih dapat mendukung tumbuhnya mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif. Efek ini tentu juga dapat mengurangi risiko penyakit otak yang umum, seperti penyakit alzheimer dan demensia.

Gimana? Kamu sudah tahu sejumlah manfaat bawang putih buat kesehatan? Oleh karena itu, setidaknya kamu bisa menjadikannya sebagai suplemen atau sekadar tambahan bumbu pada masakan sebagai salah satu cara menjaga kesehatan.

Baca Juga: Intip 8 Manfaat Kesehatan Daun Kelor, Pencegah Kanker dan Diabetes

Topic:

  • Irwan Idris

Just For You