Comscore Tracker

Bisa Fatal, 7 Penyebab Rasa Sakit di Ketiak yang Harus Kamu Waspadai

Jangan asal menduga ya, guys!

Ketiak merupakan salah satu bagian tubuh yang cukup senditif. Kulit yang melapisi ketiak tergolong tipis dan rentan terkena iritasi. Tak hanya itu, di sana terdapat banyak ujung saraf, kelenjar, dan pembuluh darah. Maka dari itu, kita tidak bisa mengabaikan rasa sakit yang terjadi di area tersebut.

Ketika ketiak terasa sakit, terdapat banyak kemungkinan yang bisa terjadi. Mulai dari yang sepele hingga masalah serius. Apakah kamu sedang memiliki keluhan ini? Simak penyebab-penyebabnya berikut ini!

1. Otot tegang

Bisa Fatal, 7 Penyebab Rasa Sakit di Ketiak yang Harus Kamu Waspadaimedicalnewstoday.com

Kemungkinannya adalah kamu mengalami ketegangan otot. Terdapat banyak otot yang sering digunakan di area ketiak dan pundak. Salah posisi mengangkat atau salah bergerak ketika berolahraga bisa membuatnya terpelintir.

Jika hal ini yang terjadi, sakit tidak hanya dirasakan pada ketiak saja. Pundak, sekujur lengan, atau bahkan leher pun akan sulit untuk digerakkan. Namun untungnya, kondisi ini tidak parah dan akan hilang sendiri setelah beberapa hari.

2. Reaksi alergi

Bisa Fatal, 7 Penyebab Rasa Sakit di Ketiak yang Harus Kamu Waspadaiobamatattoo.com

Coba ingat-ingat deh, produk apa saja yang biasa kamu gunakan di bagian ketiak. Pastinya mulai dari sabun, losion, deodoran, atau bahkan parfum. Produk tersebut mengandung bahan kimia yang bisa menimbulkan reaksi alergi, baik disadari maupun tidak. Alergen tersebut akan membuat kulit ketiak iritasi. Gejala yang timbul adalah kulit gatal, terasa sakit, bengkak, panas, dan kemerahan.

3. Ingrown hair

Bisa Fatal, 7 Penyebab Rasa Sakit di Ketiak yang Harus Kamu Waspadaihearstapps.com

Rasa sakit juga bisa ditimbulkan karena ingrown hair di area ketiak. Ini merupakan benjolan seperti jerawat yang muncul akibat kesalahan mencukur. Alih-alih tumbuh ke luar, rambut malah masuk ke dalam kulit sehingga terjadi radang dan pembengkakan.

Tanda kamu memiliki ingrown hair adalah terdapat benjolan keras dan kemerahan pada ketiak. Jika diperhatikan dengan saksama, kamu bisa melihat rambut di dalamnya. Untuk mengatasi masalah ini, kamu sebaiknya mengompres area tersebut dengan air hangat.

Baca Juga: 10 Gerakan Olahraga yang Efektif Membesarkan Bokong, Mudah Banget!

4. Shingles

Bisa Fatal, 7 Penyebab Rasa Sakit di Ketiak yang Harus Kamu Waspadaihealthline.com

Dilansir dari Healthline, shingles adalah infeksi yang disebabkan oleh varicella zoster, virus yang sama yang menyebabkan cacar air. Gejala yang meliputinya adalah ruam yang berair, benjolan kemerahan, terasa gatal, terbakar, dan sakit. Pada umumnya shingles muncul di area badan. Termasuk bawah ketiak, dada, dan punggung. 

5. Pembengkakan kelenjar getah bening

Bisa Fatal, 7 Penyebab Rasa Sakit di Ketiak yang Harus Kamu Waspadaiclevelandclinic.org

Kelenjar getah bening terletak di beberapa area, salah satunya adalah di bawah ketiak. Ini adalah sekelompok jaringan yang berperan penting dalam sistem imun kita. Getah bening memiliki tugas untuk menyaring toksin dari limpa dan mengirimkan sel darah putih untuk melawan penyakit.

Jaringan tersebut dapat membengkak karena beberapa hal. Dilansir dari Medical News Today, pertama, ketika tubuh diserang virus atau bakteri yang kuat, kelenjar getah bening akan bekerja terlalu keras sehingga membengkak dan terasa sakit. Penyebab berikutnya adalah pengaruh dari kanker payudara.

6. Hidradenitis

Bisa Fatal, 7 Penyebab Rasa Sakit di Ketiak yang Harus Kamu Waspadaiclevelandclinic.org

Jika kamu memiliki beberapa jerawat meradang di bawah ketiak, itu artinya kamu mengalami hidradenitis. Ini merupakan penyakit kulit jangka panjang yang biasa muncul di area yang memiliki banyak rambut dan kelenjar keringat. 

Hidradenitis lebih sering terjadi pada bawah ketiak karena kulitnya yang terus bergesekan. Penyakit ini bisa menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Pada umumnya, hidradenitis dapat disembuhkan dengan obat antiinflamasi. Namun jika kondisi sudah parah, pasien harus menjalani operasi.

7. Kanker payudara

Bisa Fatal, 7 Penyebab Rasa Sakit di Ketiak yang Harus Kamu Waspadaikohanteb.ir

Kanker payudara dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening di ketiak. Kondisi tersebut terjadi ketika sel kanker telah menyebar. Pada awalnya, akan muncul benjolan kecil yang keras dan tak berwarna. Namun seiring dengan menyebarnya sel, ia akan semakin membesar dan terasa sakit.

Bagaimana cara membedakan kanker payudara dengan kondisi lainnya? Jika ketiak terasa sakit, kamu harus segera memperhatikan payudara. Ketika ada benjolan serupa di area tersebut, sebaiknya segera periksa ke dokter.

Seperti itulah sejumlah kondisi yang menyebabkan area bawah ketiak terasa sakit. Iritasi, infeksi dan pembengkakan yang sepele akan reda dalam jangka waktu seminggu. Jika rasa sakit masih terus ada dalam jangka waktu yang lama, jangan ragu untuk memeriksakannya ke dokter. 

Baca Juga: Hindari Sekarang Juga, Ini 7 Penyebab Otak Kamu Mulai Lemot

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya