Comscore Tracker

7 Makanan Ini Bisa Redakan Gangguan Kecemasan dan Bikin Kamu Rileks 

Dikonsumsi setiap hari juga aman kok!

Saat kondisi psikologis sedang tidak baik, makanan dan minuman menjadi salah satu pelarian terbaik. Sains pun menyetujui hal ini. Dilansir dari Health Line, makanan dapat menjadi alat yang kuat untuk meredakan gejala gangguan kecemasan. 

Kenapa hal ini bisa terjadi? Asupan gizi yang kita dapatkan dari makanan dapat membuat kondisi tubuh lebih baik. Namun ini hanya berlaku ketika kita mengikuti pola makan yang tepat. Jika sebaliknya, justru kondisi kita akan sulit untuk membaik.

Lantas apa saja makanan yang sebaiknya kita konsumsi saat gejala gangguan kecemasan datang? Yuk ikuti rekomendasinya berikut ini!

1. Asparagus

7 Makanan Ini Bisa Redakan Gangguan Kecemasan dan Bikin Kamu Rileks simplyrecipes.com

Sayuran yang dikenal menyehatkan ini ternyata tidak hanya berkhasiat untuk tubuh, tetapi psikologis kita juga. Asparagus dapat digunakan untuk mengurangi gejala gangguan kecemasan dan membuat tubuh lebih rileks.

Kenapa demikian? Asparagus ternyata mengandung vitamin B dan folat yang tinggi. Keduanya memiliki kaitan yang erat untuk mengurangi depresi. 

2. Cokelat hitam

7 Makanan Ini Bisa Redakan Gangguan Kecemasan dan Bikin Kamu Rileks lamchame.vn

Cokelat hitam memang menyimpan segudang khasiat. Salah satunya adalah dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.

Studi International Journal of Health Sciences tahun 2014 mengatakan bahwa kandungan polifenol flavonoidnya dapat mengurangi inflamasi sistem saraf dan sel yang mati di dalam otak. Kedua hal tersebut termasuk faktor di balik meningkatnya kecemasan kita.

Tak hanya itu, rupanya cokelat juga bisa membuat mood kita lebih baik. Ini karena saat mengonsumsinya, otak akan mengeluarkan serotonin, hormon yang bisa menimbulkan perasaan bahagia.

3. Blueberry

7 Makanan Ini Bisa Redakan Gangguan Kecemasan dan Bikin Kamu Rileks unsplash.com/@andrewwelch3

Sumber vitamin C lainnya yang bisa menjadi alternatif adalah blueberry. Gunakan buah ini sebagai pengganti asupan gula.

Dilansir dari Psycom, gula dapat membuat otak bekerja pada tingkat sub-optimal. Akhirnya risiko untuk terkena gangguan kecemasan pun meningkat. 

“Rasa manis dari blueberry adalah alternatif yang lebih baik, ia sekaligus berperan sebagai pemicu sistem imun. Sedangkan gula tambahan menghilangkan bakteri baik di pencernaan dan meningkatkan kecemasan,” jelas Jodi Godfrey, pengajar kesehatan  dan nutrisi kepada Psycom.

Baca Juga: Sulli f(x) Akhiri Hidup, Waspadai Tanda Orang Ingin Bunuh Diri

4. Jeruk

7 Makanan Ini Bisa Redakan Gangguan Kecemasan dan Bikin Kamu Rileks unsplash.com/@gala

“Kelenjar adrenalin kita adalah jaringan yang terkonsentrasi untuk vitamin C, mereka akan menggunakan zat tersebut untuk mengatur hormon kortisol,” kata  Ali Miller, penulis buku The Anti-Anxiety Diet kepada Health.com.

Kortisol adalah hormon yang memicu munculnya perasaan stres. Ketika kadarnya meningkat, tubuh kita akan memasuki mode waspada sehingga kecemasan pun melanda. Kamu bisa mendapatkan vitamin C dari suplemen atau jeruk, lemon, jeruk nipis, dan lain-lain. 

5. Yogurt

7 Makanan Ini Bisa Redakan Gangguan Kecemasan dan Bikin Kamu Rileks fimela.com

Selama ini kita mengenal yogurt sebagai produk susu yang baik untuk pencernaan. Namun ternyata ia juga memiliki efek positif pada kesehatan otak kita. Salah satunya adalah meredakan gangguan kecemasan.

Menurut jurnal yang diterbitkan oleh Taylor & Francis Online, bakteri baik yogurt dapat mengurangi inflamasi yang merupakan salah satu pemicu gangguan kecemasan. Tak hanya itu, makanan fermentasi seperti yogurt juga mampu mengurangi kecemasan sosial serta meningkatkan rasa bahagia. 

6. Teh hijau

7 Makanan Ini Bisa Redakan Gangguan Kecemasan dan Bikin Kamu Rileks pexels.com/@mareefe

Teh hijau dapat memberikan efek menenangkan ketika kita sedang sedih, cemas, dan depresi. Ini karena ia mengandung asam amino bernama theanine.

Zat tersebut terbukti berperan sebagai anti-anxiety serta dapat meningkatkan serotonin dan dopamin. Kamu bisa mengonsumsinya setiap hari karena teh hijau tidak memiliki efek samping yang membahayakan.

7. Chamomile

7 Makanan Ini Bisa Redakan Gangguan Kecemasan dan Bikin Kamu Rileks cdnparenting.com

Chamomile memang terkenal dengan khasiatnya untuk mengobati gangguan kecemasan. Studi dari ScienceDirect mengiyakan hal tersebut, chamomile terbukti bisa membuat kita lebih tenang. Ini karena bunga tersebut memiliki kandungan antiinflamasi, antibakteri, antioksidan, dan relaksan. 

Chamomile memang meredakan gejala, tetapi tidak dapat mencegahnya untuk kambuh lagi.  Ia aman untuk dikonsumsi dalam jangka panjang dan tidak menimbulkan efek samping apa pun. Kamu dapat mengonsumsinya dalam bentuk teh, kapsul, tablet, atau cairan.

Sebaiknya kamu mulai selalu menyediakan makanan dan minuman di atas jika kamu sering mengalami gangguan kecemasan. Saat kondisi tersebut melanda, segera konsumsi mereka agar kamu merasa lebih baik. 

Baca Juga: Bahaya Gak Sih Menahan Bersin? Ini Lho 7 Penjelasan Ilmiahnya

Topic:

  • Irwan Idris

Just For You