Comscore Tracker

7 Sebutan Penyakit yang Cuma Ada di Indonesia, Serba Unik!

Orang luar pasti dibuat bingung

Orang Indonesia terkenal kreatif dalam membuat sebutan unik untuk berbagai hal. Contohnya nama-nama makanan yang kita kenal. Sebagian merupakan singkatan yang bahkan jarang diketahui kepanjangannya.

Kamu mungkin tahu cuanki, tapi tahu gak itu singkatan dari cari uang jalan kaki? Atau perkedel, yang berarti persatuan kentang dan telur.

Kreativitas orang Indonesia gak sampai di situ. Bahkan sejumlah penyakit pun diberi sebutan unik. Ada sejumlah sebutan yang sering digunakan untuk mendeskripsikan sebuah gejala atau penyakit tertentu pada tubuh. Saking uniknya, sebutan-sebutan tersebut bikin orang asing kebingungan.

Ingin tahu penyakit apa saja yang dimaksud? Yuk, simak penjelasannya berikut ini! Kamu pasti pernah mengalami setidaknya satu atau beberapa di antaranya, deh!

1. Masuk angin

7 Sebutan Penyakit yang Cuma Ada di Indonesia, Serba Unik!medicalnewstoday.com

Penyakit ini umumnya pernah dialami oleh setiap orang Indonesia. Tapi ternyata istilah masuk angin tidak ada di dunia medis. Sebagian kalangan bahkan menyebutnya sebagai mitos, sebab tidak didukung bukti ilmiah.

Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan masuk angin? 

Sebenarnya ini merupakan kondisi saat kita merasakan serangkaian gejala yang bikin tak enak badan. Tak ada yang tahu kenapa sampai disebut masuk angin. Tapi diduga istilah itu lahir karena tubuh terasa seperti terpapar angin hingga perut kembung, menggigil, lemas, pegal, dan demam.

Cara pengobatannya pun cukup unik, yakni dengan metode kerokan. Harapannya agar angin yang terperangkap di dalam tubuh bisa dikeluarkan. Padahal, tidak seperti itu kenyataannya.

Masuk angin sebetulnya terjadi ketika daya tahan tubuh melemah, tubuh pun jadi rentan terserang patogen. Sebagai tambahan, kondisi ini berbeda dengan flu karena masuk angin tak selalu disebabkan oleh virus. 

2. Cantengan

7 Sebutan Penyakit yang Cuma Ada di Indonesia, Serba Unik!unsplash.com/kkalerry

Cantengan adalah ketikad bagian pinggir kuku tumbuh hingga menekan kulit. Akibatnya, kulit tertekan, bengkak, atau bahkan sobek.

Meski terdengar sepele, cantengan bisa jadi masalah serius jika tidak ditangani dengan tepat. Area kulit yang terluka akibat kuku bisa mengalami infeksi, atau bahkan ditumbuhi jamur. Kalau ini terjadi, jangan kaget melihat jari kakimu bernanah.

Cantengan bisa disebabkan oleh berbagai hal, berikut ini di antaranya:

  • Memotong kuku terlalu pendek hingga menembus bagian pinggir kulit;
  • Penggunaan alas kaki yang terlalu sempit;
  • Tidak menjaga kebersihan kaki;
  • Kuku baru saja mengalami cedera;
  • Infeksi jamur;
  • Bentuk kuku yang tidak beraturan.

Kamu sebaiknya segera periksa ke dokter jika mengalami cantengan. Semakin cepat ditangani, maka kamu akan terhindar dari risiko infeksi.

3. Bintitan

7 Sebutan Penyakit yang Cuma Ada di Indonesia, Serba Unik!oherpese.ru

Orang yang mengalami mata bintitan sering dikira abis mengintip orang lain yang sedang mandi. Kamu tentu pernah mendengar soal itu.

Faktanya, benjolan mirip jerawat di sekitar mata disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus. Dalam dunia medis, bintitan dikenal sebagai hordeolum. Gejalanya berupa mata merah, berair, terasa berat, nyeri, dan bengkak.

Biasanya, bintitan bisa pulih sendiri setelah dua hari. Namun, kalau tak kunjung sembuh, makin bengkak, atau bengkak menyebar ke area lain, sebaiknya periksa ke dokter spesialis mata.

Baca Juga: 10 Minyak Gosok Khas Indonesia dengan Banyak Khasiat, Ada Favoritmu?

4. Angin duduk

7 Sebutan Penyakit yang Cuma Ada di Indonesia, Serba Unik!medicalnewstoday.com

Selain masuk angin, ada juga istilah angin duduk. Tapi istilah ini juga gak akan ditemukan di luar negeri.

Angin duduk dikaitkan dengan sejumlah gejala, yakni nyeri dada seperti ditindih atau ditekan dengan benda berat. Rasa sakit tersebut terkadang menyebar hingga ke leher, punggung, lengan, hingga rahang. Gejala lainnya keringat dingin, mual, pusing, dan sesak napas.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, angin duduk merujuk pada kondisi bernama angina pectoris atau sering disebut angina. Ini merupakan nyeri dada yang terjadi akibat menyempitnya pembuluh darah jantung. Bisa dibilang, angin duduk adalah gejala awal dari penyakit jantung koroner.

Karena bisa berbahaya, kamu harus segera cari bantuan medis bila mengalami gejala-gejala yang disebutkan di atas tadi. Angina tidak bisa disembuhkan dengan kerokan atau minum obat-obatan herbal. Bisa-bisa akibatnya fatal!

5. Panas dalam

7 Sebutan Penyakit yang Cuma Ada di Indonesia, Serba Unik!medicalnewstoday.com

Berikutnya ada panas dalam. Istilah tersebut disematkan karena ditandai dengan munculnya rasa panas dan tak nyaman di tenggorokan. Masyarakat juga percaya bahwa panas dalam terjadi setelah mengonsumsi makanan yang mengandung panas. Misalnya gorengan, makanan bersantan, barbeku, dan lain sebagainya. 

Sama seperti masuk angin, dunia medis tidak mengenal istilah panas dalam. Sebab, panas dalam merupakan gejala penyakit tertentu seperti:

  • Radang tenggorokan;
  • Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA); 
  • Infeksi virus atau bakteri;
  • Alergi;
  • Naiknya asam lambung.

Lalu bagaimana cara mengatasi kondisi ini? Karena panas dalam umumnya bukan merupakan penyakit serius, kamu hanya perlu meluangkan waktu untuk istirahat, hindari makan-makanan yang memperparah kondisi tenggorokan, perbanyak minum air, dan konsumsi buah-buahan. 

6. Bengek atau mengi

7 Sebutan Penyakit yang Cuma Ada di Indonesia, Serba Unik!clevelandclinic.org

Bengek sering kali digunakan untuk menggambarkan kondisi napas yang berbunyi karena menyempitnya jalur pernapasan. Biasanya suara seperti siulan atau bunyi seperti "ngik-ngik" akan muncul ketika penderita mengembuskan napas.

Dilihat dari kondisinya, sebenarnya bengek adalah istilah yang diberikan untuk gejala berbagai penyakit pernapasan, contohnya:

  • Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK);
  • Asma;
  • Bronkitis;
  • Reaksi anafilaktik;
  • Pneumonia;
  • Kanker paru-paru.

Kamu harus memeriksakan kondisi ini ke dokter ketika gejala diiringi dengan demam, batuk darah, nyeri dada, sesak napas parah, serta terdapat perubahan warna pada kulit dan bibir menjadi kebiruan. 

7. Pegal linu

7 Sebutan Penyakit yang Cuma Ada di Indonesia, Serba Unik!drneelaminmd.com

Istilah yang satu ini mungkin sudah jarang dipakai, tapi kamu pasti pernah mendengarnya. Pegal linu sering digunakan untuk menggambarkan kondisi tubuh yang kelelahan hingga terasa nyeri di beberapa bagian. 

Ternyata, dalam dunia medis pegal linu dikenal sebagai mialgia atau nyeri otot. Tak hanya karena kelelahan, kondisi ini juga bisa muncul karena salah posisi tidur, olahraga yang tak tepat, stres, dehidrasi, atau kekurangan nutrisi. 

Pada umumnya, kondisi ini bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, ternyata pegal linu juga bisa menjadi tanda penyakit yang lebih serius, lho. Misalnya anemia, artritis (radang sendi), lupus, pneumonia, hingga multiple sclerosis.

Unik-unik banget, ya, nama penyakit yang sering dijumpai di Indonesia ini! Penamaan tersebut membantu identifikasi penyakit, terutama oleh awam. Terlebih lagi, nama yang diberikan ternyata cukup sesuai dengan gejala-gejala yang timbul.

Memperingati HUT ke-75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, IDN Times meluncurkan kampanye #MenjagaIndonesia. Kampanye ini didasarkan atas pengalaman unik dan bersejarah bahwa sebagai bangsa, kita merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI dalam situasi pandemik COVID-19, di mana kita bersama-sama harus membentengi diri dari serangan virus berbahaya. Di saat yang sama, banyak hal yang perlu kita jaga sebagai warga bangsa, agar tujuan proklamasi kemerdekaan RI, bisa dicapai.

Baca Juga: 75 Tahun Merdeka, tapi Indonesia Belum Bebas dari 10 Penyakit Ini!

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya