Comscore Tracker

Social Distancing Tak Cukup buat Melawan COVID-19, Ini Penjelasan WHO

Memutus rantai penularan jadi cara paling efektif

Jakarta, IDN Times – Belakangan ini masyarakat disarankan untuk membatasi hubungan sosial atau social distancing untuk meminimalisir penularan virus corona atau COVID-19. Tapi Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus menilai cara itu tidak cukup buat melawan virus yang telah menelan banyak korban jiwa.

Di Indonesia, social distancing dipraktikkan dengan mengurangi aktivitas di luar rumah. Sekolah dan sebagian perkantoran ditutup sementara. Sejumlah agenda kegiatan dengan melibatkan massa juga ditunda demi mengendalikan penularan virus corona (COVID-19).

“Tindakan pembatasan sosial dapat membantu mengurangi penularan dan memungkinkan sistem kesehatan untuk mengatasinya. Cuci tangan dan menutup mulut menggunakan siku saat batuk bisa mengurangi risiko diri sendiri dan orang lain. Tapi itu saja tidak cukup untuk menumpas pandemi ini,” ujar Tedros, dikutip dari Antara, Rabu (18/3).

1. Cara yang paling efektif adalah dengan memutus rantai penularan

Social Distancing Tak Cukup buat Melawan COVID-19, Ini Penjelasan WHOPetugas bandara saat memeriksa petugas bandara lainnya di APT Pranoto Samarinda (Dok.IDN Times/Istimewa)

Tedros mengatakan, satu-satunya cara paling efektif untuk mencegah penularan virus corona dan menyelamatkan banyak orang, adalah dengan memutus rantai penularan. Caranya antara lain dengan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh, dan bagi yang suspect harus dikarantina. 

“Seperti yang selalu saya katakan, semua negara harus menjalankan pendekatan komprehensif,” ucapnya.

Baca Juga: Anjuran WHO: Cara Hindari Virus Corona di Tempat Kerja

2. Kerabat dekat pasien positif virus corona mesti diperiksa

Social Distancing Tak Cukup buat Melawan COVID-19, Ini Penjelasan WHOIDN Times/Aji

WHO merekomendasikan untuk memeriksa orang-orang yang pernah berhubungan dengan para pasien yang positif terpapar COVID-19. Terlebih apabila mereka menunjukkan gejala yang serupa dengan gejala virus tersebut.

“Kalau hasil tes positif, isolasi mereka dan temukan siapa yang pernah berhubungan dekat dengarnya sampai dua hari sebelum gejala semakin memburuk, agar orang-orang tersebut dapat diperiksa juga,” ujarnya.

WHO menyarankan seluruh pasien yang dikonfirmasi terserang virus corona, termasuk mereka yang menunjukkan gejala, agar diisolasi untuk mencegah penularan.

3. Pengiriman 1,5 juta perangkat pemeriksaan oleh WHO

Social Distancing Tak Cukup buat Melawan COVID-19, Ini Penjelasan WHO(Ilustrasi logo WHO) www.who.int

WHO sudah mengirimkan hampir 1,5 juta perangkat pemeriksaan ke 120 negara, serta bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan sebagai upaya meningkatkan ketersediaan fasilitas pemeriksaan ke negara yang membutuhkan.

“Anda tidak bisa melawan api dengan mata tertutup. Kita tidak bisa menghentikan virus ini jika tidak tahu siapa saja yang terinfeksi. Kami berpesan untuk semua negara: tes, tes, tes. Periksa setiap kasus yang dicurigai virus corona,” tegas Tedros.

Baca Juga: Pembatasan Gerak untuk Cegah Virus Corona, KBS Malah Ramai Anak TK

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya