Comscore Tracker

Riset: Minum Kopi Bisa Mengurangi Risiko Penyakit Hati

Konsumsi kopi tergantung dari kondisi setiap individu

Apakah kamu termasuk orang yang gemar minum kopi di pagi hari? Bagi sebagian orang, ngopi memang termasuk ritual wajib sebelum memulai aktivitas.

Ngopi terbukti tidak cuma membuat pikiran fresh. Menurut studi terbaru di Inggris yang diterbitkan jurnal BMC Public Health pada Juni 2021, kopi menyimpan hal-hal positif untuk organ hati atau lever.

1. Penyakit hati, salah satu pembunuh paling mematikan di dunia

Riset: Minum Kopi Bisa Mengurangi Risiko Penyakit Hatiilustrasi organ hati atau lever (badgut.org)

Penyakit hati termasuk penyakit paling mematikan di dunia. Riset gabungan di Amerika Serikat (AS) dan India pada 2019 yang diberi judul "Burden of liver diseases in the world" dalam Journal of Hepatology tahun 2019 mengungkapkan, ada 2 juta kematian per tahun secara global akibat penyakit hati.

Setengah dari kematian akibat penyakit hati disebabkan sirosis, sedangkan setengahnya lagi karena hepatitis dan karsinoma hepatoseluler (HCC).

Ada sejumlah faktor penyebab penyakit hati. Antara lain, obesitas, kebiasaan konsumsi alkohol, hingga memiliki riwayat diabetes. Selain itu, disebutkan juga bahwa daerah yang paling sering terkena adalah Afrika Sub-Sahara, Amerika Selatan dan Tengah, Eropa Timur, dan Asia Tenggara.

2. Melibatkan hampir setengah juta responden selama lebih dari 10 tahun

Riset: Minum Kopi Bisa Mengurangi Risiko Penyakit Hatiilustrasi kopi (healthyom.com)

Dalam penelitian bertajuk "All coffee types decrease the risk of adverse clinical outcomes in chronic liver disease" tersebut, para peneliti dari University of Southampton dan Ediburgh Bioquarter meneliti data 494.585 orang dari UK Biobank dan mengikuti mereka selama rata-rata 10,7 tahun. Kelompok responden terbagi jadi:

  • 384.818 (78 persen) peminum kopi (kafein atau tanpa kafein, dan kopi bubuk murni atau instan)
  • 109.767 (22 persen) tidak minum kopi

Selama masa penelitian, terdapat 3.600 diagnosis penyakit hati kronis, 5.439 kasus penyakit hati kronis atau perlemakan hati atau steatosis, dan 184 kasus HCC. Sayangnya, terdapat 301 kematian akibat penyakit hati kronis selama masa penelitian.

Baca Juga: Gak Cuma Hilangkan Kantuk, 10 Manfaat Minum Kopi Secara Rutin

3. Hasil: Peminum kopi dapat mencegah penyakit hati

Riset: Minum Kopi Bisa Mengurangi Risiko Penyakit Hatiilustrasi kopi (wallpaperup.com)

Dibandingkan dengan peserta yang tidak mengonsumsi kopi, para peminum kopi 3-4 cangkir sehari diuntungkan karena:

  • Risiko penyakit hati kronis turun 21 persen
  • Risiko steatosis turun 19 persen
  • Risiko HCC turun 21 persen
  • Risiko kematian akibat penyakit hati turun 49 persen

Bahkan, bagi mereka yang suka kopi murni, pengurangan risikonya lebih besar!

  • Risiko penyakit kronis dan steatosis turun 35 persen
  • Risiko HCC turun 35 persen
  • Risiko kematian akibat penyakit hati turun 61 persen

Beberapa ahli mengatakan bahwa kopi dapat membantu para pasien penyakit hati stadium awal karena sel hati mengalami inflamasi atau peradangan saat bertempur melawan patogen. Selain itu, kopi membantu meregenerasi jaringan rusak pada hati sebelum berkembang jadi kanker.

4. Mengapa kopi bisa membantu mencegah penyakit hati?

Riset: Minum Kopi Bisa Mengurangi Risiko Penyakit Hatiilustrasi organ hati atau lever (stylecraze.com)

Menurut banyak penelitian, rutin minum kopi bisa mengurangi tingkat enzim hati. Sebenarnya tingkat enzim tidak perlu dikhawatirkan, tapi itu bisa jadi tanda inflamasi atau kerusakan pada organ hati.

Menurut sebuah studi di Inggris yang dimuat dalam jurnal Alimentary Pharmacology & Therapeutics tahun 2016, kopi dapat membantu memperbaiki kerusakan hati karena konsumsi makanan atau alkohol berlebihan. Bagi para pakar hepatologi, sulit untuk mengetahui efek kopi pada penyakit hati.

Selain memiliki sifat antiinflamasi dan anti-fibrotik, mungkin ada faktor lain yang masih belum dapat diidentifikasi. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui bagaimana kopi dan cara pengolahannya dapat meningkatkan kesehatan hati.

5. Seberapa banyak kopi yang harus diminum?

Riset: Minum Kopi Bisa Mengurangi Risiko Penyakit Hatiilustrasi minum kopi di pagi hari (unsplash.com/Jakub Kapusnak)

Menurut studi di atas, minum 3-4 cangkir kopi sehari bisa menimbulkan efek protektif terhadap lever. Tapi pakar mengingatkan bahwa konsumsi kopi harus diukur dari kondisi individu, termasuk penyakit penyertanya.

Bagi pasien steatosis non-alkoholik, para pakar merekomendasikan 1-2 cangkir kopi hitam berkafein per hari. Mereka yang memiliki masalah perut dan pencernaan harus menyesuaikan asupan kopi dengan tingkat toleransinya. Pasien penyakit jantung dan hipertensi harus menghindari kopi bila dapat memperparah kondisi mereka.

Jika kamu tidak dapat meminum kopi karena kondisi kesehatan, tidak perlu berkecil hati! Ada banyak makanan dan minuman sehat lainnya agar bisa merawat hati. Selain itu, barengi dengan gaya hidup sehat seperti istirahat cukup, olahraga, dan minum air yang cukup, ya!

Baca Juga: Gary Iskak Dikatakan Sakit Kanker Hati, Ini Penyebab dan Gejalanya

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya