Comscore Tracker

10 Panduan Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes harus membatasi makanannya

Diabetes terjadi saat tubuh seseorang gagal memproduksi hormon insulin, sehingga tekanan gula darah menjadi sangat tinggi. Penyakit ini memicu kebutaan, serangan jantung, strok, gagal ginjal, sampai kelumpuhan.

DilansirMedical News Today, masalah insulin terkait dengan gaya hidup tidak sehat, serangan virus, atau permasalahan genetik.Penderitanya harus menggunakan suntikan insulin demi memberikan asupan hormon kepada tubuh.

Gak cuma itu, penderita diabestes juga mesti membatasi makanannya. Makanan pemicu peningkatan gula darah harus dihindari. Berikut ini beberapa tip yang dilansir dari diabetes.org.uk untuk memilih makanan yang sehat untuk penderita diabetes.

1. Perhatikan kandungan karbohidrat yang menyehatkan

10 Panduan Makanan Sehat untuk Penderita Diabetesbbcgoodfood.com

Peningkatan gula darah bisa dipicu oleh karbohidrat. Makanya, lebih baik ketahui makanan apa saja yang mengandung karbohidrat baik bagi tubuh.

Beberapa makanan tersebut adalah beras coklat, buah, sayur, serta olahan susu tanpa gula. Tapi tetap perhatikan juga untuk menjaga porsinya.

2. Kurangi garam

10 Panduan Makanan Sehat untuk Penderita Diabetesmedicalnewstoday.com

Diabetes.org.uk menyarankan  mengonsumsi garam hanya sebanyak satu sendok teh per hari. Makan banyak garam bisa meninggikan tekanan darah, yang berimbas pada peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke. Padahal, diabetes juga sudah meninggikan risiko itu.

3. Batasi makan daging merah

10 Panduan Makanan Sehat untuk Penderita Diabetesshape.com

Sebaiknya hindari memakan ham, sosis, daging sapi, dan daging semacamnya. Menurut laporan World Health Organization (WHO, daging merah atau daging olahan bisa menjadi penyebab kanker.

Kamu bisa mengganti asupan protein dengan telur, ikan, daging unggas, serta kacang polong. Kacang polong sangat disarankan karena juga tinggi serat.

4. Memakan lebih banyak sayur dan buah

10 Panduan Makanan Sehat untuk Penderita Diabetessteemit.com

Buah-buahan dan sayuran mengandung gula alami yang tetap diperbolehkan bagi penderita diabetes. Tidak ada buah maupun sayur yang mesti dihindari.

Tapi pingat, jangan samakan dengan produk yang mengatasnamakan buah, karena tetap di dalamnya terdapat kandungan gula olahan. Ambillah buah-buahan sesungguhnya.

5. Memilih lemak sehat

10 Panduan Makanan Sehat untuk Penderita Diabetesbornfitness.com

Kurangi mengonsumsi lemak yang membahayakan kesehatan, terutama lemah jenuh. Jika terlalu banyak, bisa meningkatkan kadar kolesterol pada tubuh yang meninggikan risiko terkena masalah jantung.

Ada beberapa makanan yang mengandung lemak jenuh, yakni daging merah dan olahan, mentega, lemak babi, biskuit, kue, hingga ghee.

Baca Juga: 7 Mitos Seputar Diabetes Ini Salah Total, Jangan Percaya Lagi Ya!

6. Mengurangi konsumsi gula

10 Panduan Makanan Sehat untuk Penderita Diabetessweetdefeat.com

Hal ini sangat susah dijalani ketika pertama kali mencoba menguranginya, namun bisa dilakukan. Caranya dengan sedikit demi sedikit membiasakan diri memakan produk rendah gula. Menggunakan gula tanpa atau rendah kalori bisa membantu menjalankan diet ini.

7. Pintar memilih cemilan

10 Panduan Makanan Sehat untuk Penderita Diabetesmedicalnewstoday.com

Jika ingin memakan cemilan, coba perhatikan kandungannya. Hindari yang mengandung gula olahan dan kadar garam berlebih. Baiknya adalah memilih yogurt, kacang-kacangan, sayur dan buah sebagai kudapan ketimbang coklat, biskuit hingga keping. Ingat pula, selalu perhatikan porsinya.

8. Mengatur konsumsi alkohol

10 Panduan Makanan Sehat untuk Penderita Diabetesnews.sky.com

Karena alkohol tinggi kalori, cobalah untuk mengurangi konsumsinya. Buat catatan maksimal 14 botol dan upayakan untuk puasa alkohol beberapa hari dalam seminggu. Tidak disarankan untuk meminumnya dengan kondisi perut kosong.

9. Tidak perlu makan makanan khusus diabet

10 Panduan Makanan Sehat untuk Penderita Diabeteshighlandfayre.co.uk

Beberapa produk mencantumkan hal ini. Tak usah risau. Hindari saja makanan macam itu karena umumnya kandungan dalam makanan tersebut malah berbahaya dan memilih pengaruh menaikkan gula darah. Belum lagi terkadang makanan macam itu memiliki efek pencahar.

10. Tidak perlu minum suplemen

10 Panduan Makanan Sehat untuk Penderita Diabetesnutraingredients-usa.com

Kamu sudah mendapatkan asupan vitamin dan mineral dari buah dan sayur yang kamu makan. Jadi kamu tidak perlu bingung lagi apakah perlu minum suplemen. Minumlah jika memang ada saran dari dokter atau perawatmu.

Menjadi penderita diabetes mau tidak mau harus mulai mengatur makanannya. Karena itu lebih baik segera menghindari diabetes ketimbang telat terkena. Mulailah untuk menjalankan hidup sehat dan mengatur makanan yang masuk ke dalam tubuhmu. 

Baca Juga: Intip 8 Manfaat Kesehatan Daun Kelor, Pencegah Kanker dan Diabetes

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya