Comscore Tracker

Sering Diabaikan, 11 Penyakit dan Kebiasan Ini Bikin Kamu Bau Mulut

Menggosok gigi dan berkumur tidak cukup

Bau mulut ada kondisi yang mengganggu, baik untuk diri sendiri maupun orang di sekitar. Saat menyadari aroma napasmu kurang sedap, mungkin kamu langsung berinisiatif berkumur atau menyikat gigi. Tapi itu tidak cukup.

Bau mulut sering disebabkan oleh beberapa masalah pada rongga mulut. Sebab bagian ini adalah gerbang bagi kuman dan bakteri buat masuk ke dalam tubuh. Makanya berbagai gejala kesehatan juga ditunjukkan di sana.

Berikut ini beberapa gangguan kesehatan dan kebiasaan yang bisa memicu atau menjadi sumber bau mulut.

1. Post Nasal Drip

Sering Diabaikan, 11 Penyakit dan Kebiasan Ini Bikin Kamu Bau Mulutpopsugar.com

Kondisi ini terjadi ketika lendir yang diproduksi dari mukosa hidung tertumpuk di bagian belakang hidung dan tenggorokan. Ada beberapa hal yang memicunya, seperti suhu dingin, perubahan hormon, udara kering, dan jenis makanan tertentu.

PND juga bisa disebabkan oleh pengaruh obat semprot hidung dan bahan kimia iritan.

2. Batu amandel

Sering Diabaikan, 11 Penyakit dan Kebiasan Ini Bikin Kamu Bau Mulutmegri.com

Ini berupa batuan berwarna putih atau kuning yang menempel di dalam amandel. Terbentuk dari lendir, sel-sel mati, air liur, atau bahkan makanan yang menyumbat celah pada amandel.

Kotoran pada celah amandel biasanya bertumpuk seiring waktu, membentuk batuan, hingga mengeras.

3. Asam lambung

Sering Diabaikan, 11 Penyakit dan Kebiasan Ini Bikin Kamu Bau Muluttyentusa.com

Napas yang bau juga kadang disebabkan oleh aroma dari lambung. Aroma itu terdorong menuju tenggorokan karena masalah tertentu pada perut, misalnya asam lambung.

Biasanya, asam lambung juga ditandai sejumlah gejala lain, seperti sensasi panas dan terbakar di dada, mual, muntah, dan sebagainya.

4. Strep throat

Sering Diabaikan, 11 Penyakit dan Kebiasan Ini Bikin Kamu Bau Mulutscrubbing.in

Penyakit ini sering disebut radang tenggorokan akibat infeksi bakteri Streptococcus. Selain menyebabkan bau mulut, penyakit ini juga menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman saat menelan, demam, sakit kepala, dan kelenjar getah bening yang membengkak di area leher.

5. Mulut kering

Sering Diabaikan, 11 Penyakit dan Kebiasan Ini Bikin Kamu Bau Mulutconfidence2smile.co.uk

Mulut kering bisa disebabkan sejumlah hal, misalnya tubuh kurang terhidrasi atau kurangnya saliva. Jika saliva minim, bakteri dan sisa makanan bisa berkumpul. Bakteri pun semakin gencar saat berusaha memecah sisa-sisa makanan dan menjadikan mulut beraroma kurang sedap.

Baca Juga: 8 Cara Menghilangkan Bau Mulut Paling Mudah, Gak Perlu Pakai Obat!

6. Biofilm

Sering Diabaikan, 11 Penyakit dan Kebiasan Ini Bikin Kamu Bau Mulutwellandgood.com

Biofilm merupakan plak yang melapisi gigi dan lidah serta dapat menghasilkan kandungan sulfur yang bau. Untuk menghilangkannya, menggosok gigi dan lidah saja tidak cukup. Pastikan kamu juga rajin melakukan flossing untuk meminimalisasi adanya kotoran yang menempel di sela-sela gigi.

7. Sinusitis

Sering Diabaikan, 11 Penyakit dan Kebiasan Ini Bikin Kamu Bau Mulutmedium.com

Sinus adalah sebuah rongga kecil yang saling terhubung dan berada di belakang tulang dahi, bagian dalam struktur pipi, kedua sisi batang hidung, dan belakang mata. Bila saluran ini terhambat, bakteri akan berkumpul di dalamnya dan menyebabkan bau mulut.

8. Gigi berlubang

Sering Diabaikan, 11 Penyakit dan Kebiasan Ini Bikin Kamu Bau Mulutcnet.com

Banyak kasus seseorang tidak menyadari bahwa giginya berlubang sampai lubang tersebut pada akhirnya membesar dan sudah cukup parah. Untuk itu, rajinlah memeriksakan kesehatan gigi setiap enam bulan sekali. Adapun penyebab terjadinya lubang adalah sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan sempurna di sela-sela gigi.

9. Merokok

Sering Diabaikan, 11 Penyakit dan Kebiasan Ini Bikin Kamu Bau Mulutunsplash.com/@duncan_shaffer

Terutama bagi perokok berat, bau rokok dari mulut seringnya tidak cukup hanya dengan menggosok gigi. Seakan tidak cukup, kebiasaan ini juga dapat mengakibatkan berbagai penyakit gusi hingga kardiovaskuler. 

10. Alkohol

Sering Diabaikan, 11 Penyakit dan Kebiasan Ini Bikin Kamu Bau Mulutmdanderson.org

Bahkan bila kamu merasa bukan penikmat minuman beralkohol, jangan terburu merasa aman. Periksa kembali apakah mouthwash pilihanmu sudah bebas dari alkohol atau belum. Pada dasarnya, alkohol akan menyebabkan mulut kering, sehingga bau mulut pun juga menjadi hal yang tidak dapat dienyahkan begitu saja.

11. Makanan

Sering Diabaikan, 11 Penyakit dan Kebiasan Ini Bikin Kamu Bau Mulutbrunchandbudget.com

Kalau yang ini tentu cukup jelas, ya. Beberapa bahan makanan seperti bawang-bawangan memiliki aroma yang cukup tajam dan dapat dengan cepat mengikuti aliran darah. Sebagai bahan untuk segera menetralisasi bau ini, mengonsumsi seledri dan apel bisa jadi jawabannya.

Nah, itulah beberapa penyebab bau mulut yang cukup sering tak disadari. Kira-kira, mana yang jadi penyebab pada kasusmu?

Baca Juga: 6 Fakta Ilmiah Bau Mulut, Jangan Dibiarkan karena Bisa Jadi Berbahaya

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya