Comscore Tracker

9 Manfaat Berjalan Kaki Selama 15 Menit Sehari, Segar Bugar Deh!

Simpel tapi manfaatnya banyak

Semalas-malasnya kamu berolahraga, tapi kamu harus rutin melakukan gerakan-gerakan tubuh demi kesehatan. Nah, jalan kaki jadi salah satu hal yang paling mudah dilakukan.

Selain bagus untuk menurunkan dan menjaga berat badan dalam kondisi yang ideal, kamu juga mendapatkan sepuluh manfaat lainnya seperti berikut dengan berjalan kaki hanya selama 15 menit setiap harinya, lho!

1. Meningkatkan kreativitas

9 Manfaat Berjalan Kaki Selama 15 Menit Sehari, Segar Bugar Deh!unsplash.com/Josefa nDiaz

Merasa pikiran sedang buntu? Keluarlah dari kamar dan mulailah berjalan kaki di lingkungan sekitar untuk memunculkan kreativitas. Sebuah penelitian dari Stanford University menemukan bahwa berjalan kaki dapat meningkatkan kreativitas hingga 60 persen, baik di dalam maupun di luar ruangan

2. Memaksimalkan metabolisme

9 Manfaat Berjalan Kaki Selama 15 Menit Sehari, Segar Bugar Deh!pixabay.com/StockSnap

Sindrom metabolik, yakni tumpukan lemak di sekitar perut dan pinggang, tingginya kolesterol dan tekanan darah, dan tingginya kadar gula darah adalah salah satu dampak terburuk dari gaya hidup yang tidak sehat. Kondisi ini bisa berlanjut menjadi serangan diabetes, penyakit jantung, hingga kematian.

Karena itu, olahraga jalan kaki bisa menjadi solusinya. Menurut sebuah studi di Nigerian Medical Journal, perkembangan sindrom metaboilik dapat berkurang hingga 29 persen dengan minimal. satu jam berjalan kaki setiap hari.

Merasa pikiran sedang buntu? Keluarlah dari kamar dan mulailah berjalan kaki di lingkungan sekitar untuk memunculkan kreativitas. Sebuah penelitian dari Stanford University menemukan bahwa berjalan kaki dapat meningkatkan kreativitas hingga 60 persen, baik di dalam maupun di luar ruangan.

3. Kualitas tidur lebih baik

9 Manfaat Berjalan Kaki Selama 15 Menit Sehari, Segar Bugar Deh!thehealthy.com

Salah satu kunci kesehatan dan hidup yang panjang adalah istirahat cukup dan berkualitas. Sayangnya, hal sesederhana ini nyatanya tak semudah yang terlihat.

Bila kamu mengalami gangguan ini, berjalan cepat bisa membantumu untuk beristirahat dengan cukup dan berkualitas. Menurut Sleep Foundation, peneliti telah menemukan bahwa orang yang berolahraga (termasuk berjalan) secara rutin akan lebih mudah untuk tidur dengan nyenyak dibandingkan mereka yang bahkan berolahraga angkat beban atau jenis latihan berat lainnya.

4. Menenangkan pikiran dan mengenyahkan stres

9 Manfaat Berjalan Kaki Selama 15 Menit Sehari, Segar Bugar Deh!kiplinger.com

Menurut Anxiety and Depression Association of America, berjalan kaki selama 10 menit saja bisa sama efektifnya dengan olahraga di gym selama 45 menit dalam urusannya dengan mengurangi gangguan kecemasan dan depresi. Hal ini karena berjalan dapat menekan kortisol keluar dari sistem tubuh sehingga kamu pun jadi minim stres. 

Baca Juga: Antisipasi, Ini 7 Risiko Kesehatan Serius Berdasarkan Golongan Darahmu

5. Menguatkan tulang

9 Manfaat Berjalan Kaki Selama 15 Menit Sehari, Segar Bugar Deh!prevention.com

Rajin berjalan kaki akan membuatmu memiliki risiko pengeroposan tulang lebih kecil. Bahkan tak hanya osteoporosis, olahraga simpel ini juga bisa mencegahmu dari fraktura dan penyusutan tulang, lho. Peneliti dari American Bone Health Association pun mengamini hal ini ini dengan temuannya bahwa berjalan kaki secara rutin selama setidaknya enam bulan dapat memberikan efek positif yang signifikan pada kepadatan tulang.

6. Menjaga kesehatan indra penglihatan

9 Manfaat Berjalan Kaki Selama 15 Menit Sehari, Segar Bugar Deh!wallhere.com

Menurut sebuah penelitian di The Journal of Neuroscience, peneliti menemukan bahwa aktivitas aerobik termasuk berjalan kaki yang dilakukan setiap hari membuat bola mata jadi lebih sehat. Kamu pun tidak lebih rentan untuk mengalami berbagai gangguan pada mata seperti degenerasi retina dan isu penglihatan lainnya.

7. Meredakan nyeri

9 Manfaat Berjalan Kaki Selama 15 Menit Sehari, Segar Bugar Deh!sagmind.com

Saat merasa sakit, berjalan kaki tentu akan jadi opsi terakhir yang ingin kamu lakukan. Namun, sebuah studi di Annals of Rehabilitative Medicine menemukan bahwa berjalan kaki secara rutin justru menghilangkan keluhan sakit di area pinggang. Setidaknya meski tak sembuh total, rasa nyeri dan tak nyaman yang kamu alami dapat berkurang dengan olahraga ringan ini.

8. Membantu memperbaiki suasana hati

9 Manfaat Berjalan Kaki Selama 15 Menit Sehari, Segar Bugar Deh!awol.junkee.com

Kalau sedang merasa suntuk, berjalan kaki terutama di area outdoor dapat membuatmu merasa lebih baik sebagaimana dinyatakan oleh American Journal of Preventive Medicine. Berdasarkan riset yang dilakukan, partisipan yang melakukan olahraga moderat seperti tenis, golf, kelas aerobik, berenang, dan menari selama sekitar 150 menit dan berjalan selama 200 menit setiap minggunya mempunyai level energi yang lebih tinggi, kesehatan emosional lebih baik, dan kehidupan sosial yang lebih baik pula.

Di antara berbagai jenis olahraga, berjalan kaki merupakan salah satu yang paling murah dan mudah. Kamu bahkan tak harus memiliki outfit khusus untuk melakukannya dan dapat mewujudkannya di mana pun dan kapan pun. 

Jadi, alasan apa lagi yang menahanmu untuk tidak mulai bergerak sekarang jika semua kemudahan dan benefit ini ada di depan mata? Yuk, disegerakan! :)

Baca Juga: 7 Penyebab Pusing, Jangan Meremehkan Tanda Kesehatan yang Satu Ini

Topic:

  • Irwan Idris

Just For You