Comscore Tracker

Sering Dianggap Wajar, 9 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Bau Badan

Sebaiknya kurangi dan hentikan mulai sekarang

Bau badan pada tubuh disebabkan oleh bakteri. Kondisi itu sangat mengganggu karena membuat kita dan orang di sekitar tidak nyaman.

Kamu tentu enggan orang di dekatmu menahan napas, menutup hidung, atau membicarakanmu karena aroma badan yang kurang sedap, bukan? Makanya, sebaiknya hindari beberapa hal di bawah ini yang bisa menyebabkan bau badan.

1. Terlalu stres

Sering Dianggap Wajar, 9 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Bau Badanwomenshealth.gov

Ternyata, stres berpengaruh terhadap keringat. Jika kamu mengalami stres berlebih, tubuh memproduksi keringat berupa lipid dan protein yang sangat disenangi oleh bakteri. Alhasil, bau badan tak sedap pun tak bisa dihindari.

2. Menggunakan bahan-bahan tak ramah keringat

Sering Dianggap Wajar, 9 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Bau Badancommons.wikimedia.org

Hindari bahan-bahan pakaian yang membuat pori-pori jadi sulit bernapas. Misalnya material spandeks, kulit, dan non-katun lainnya.

Jika pori-pori kulit tertutup, keringat terjebak di dalam dan bersatu dengan bakteri. Ujung-ujungnya adalah aroma yang bikin kesal, jijik, atau malu sendiri.

3. Memakai alas kaki tertutup tanpa kaus kaki

Sering Dianggap Wajar, 9 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Bau Badanunsplash.com/amandavickcreative

Jika kamu merasa keren menggunakan sepatu tanpa kaus kaki, siap-siap saja dengan efeknya berupa bau tidak sedap. Itu karena keringat pada kaki bakal terjebak pada sol sepatu, bertumpuk dan menyatu dengan bakteri.

4. Makan gorengan

Sering Dianggap Wajar, 9 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Bau Badanurbanmatter.com

Siapa sih yang gak doyan makan gorengan? Sayangnya, selain buruk untuk kesehatan, gorengan juga bisa bikin bau badan. Sebab minyak yang terkandung pada gorengan bisa berubah menjadi bau tidak sedap dengan cepat.

Baca Juga: Cek Dulu Deh, 7 Jenis Bau Badan Ini Bisa Jadi Indikasi Penyakit Lho!

5. Menyantap makanan pedas

Sering Dianggap Wajar, 9 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Bau Badanchicago.eater.com

Terlalu banyak makanan pedas berdampak pada produksi gas dengan kandungan sulfur yang cukup tinggi. Tak hanya kentut, gas tersebut juga dapat dilepaskan melalui pori-pori, lho! Selama beberapa jam selanjutnya pun, wajar bila tercium bau badan yang kurang menyenangkan.

6. Selalu menggunakan deodoran

Sering Dianggap Wajar, 9 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Bau Badanearth911.com

Bahan-bahan yang biasa digunakan untuk menyamarkan bau badan seperti deodoran, sabun, dan parfum ternyata juga bisa jadi penyebabnya, lho! Pasalnya, produk ini justru akan menambah jumlah bakteri yang menyebabkan bau badan. Hmmm... Pastikan kamu menyimpan produk-produk tersebut di tempat yang tepat ya, terutama yang tidak lembap.

7. Tidak cukup sering bercukur

Sering Dianggap Wajar, 9 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Bau Badanvnmnaturals.com

Baik wanita maupun laki-laki, sama sekali tidak ada kewajiban untuk mencukur rambut yang tumbuh di area ketiak maupun kemaluan, kok. Namun, rambut yang terlalu lebat juga dapat menjebak keringat dan bakteri. Bila memutuskan untuk tidak bercukur, pastikan saja kamu melakukan trimming dan selalu menjaganya dalam keadaan bersih, ya.

8. Mengikuti diet rendah karbohidrat

Sering Dianggap Wajar, 9 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Bau Badanmedicalnewstoday.com

Saat mengikuti diet rendah karbohidrat, asupan nutrisi protein justru akan ditingkatkan. Nah, hal ini pun umumnya akan berpengaruh terhadap bau yang kurang sedap. Alasannya adalah karena makanan tinggi protein membutuhkan pemecahan metabolisme aktif oleh tubuh.

9. Tidak mencuci pakaian dalam dengan benar

Sering Dianggap Wajar, 9 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Bau Badanparfaitlingerie.com

Walau tak harus mencuci pakaian dalam setiap selesai digunakan, menunda terlalu lama untuk mencucinya juga menyebabkan bau yang tidak sedap. Hal ini karena keringat dari punggung, ketiak, dan bagian bawah payudara (untuk wanita) akan menempel dengan cukup lama pada pakaian dalam.

Hayo jujur, di antara sembilan hal di atas, mana yang masih jadi kebiasaanmu? Kurang-kurangi ya!

Baca Juga: Ini 8 Penyebab Bau Badan yang Sering Orang Lupakan, Sadarilah Segera

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya