Comscore Tracker

Bukan Sampo, 7 Bahan Natural Ini Bisa Buat Rambutmu Sehat dan Kuat

Bahan-bahan alami ini bisa kamu dapatkan dengan mudah

Rambut adalah mahkota, baik bagi pria maupun wanita. Karena penting, rambut pun butuh perawatan ekstra.

Ada beberapa masalah rambut yang kerap ditemui orang. Misalnya, rontok, kering, atau berketombe. Solusi umumnya tentu rutin keramas menggunakan sampo.

Banyak juga orang yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk merawat rambut. Tak sekadar sampo, uang yang banyak dikeluarkan untuk membeli obat, vitamin, dan berbagai kebutuhan lainnya.

Bagi kamu yang ingin menghemat pengeluaran, tak perlu membeli obat atau vitamin mahal untuk merawat rambutmu. Kamu bisa mendapatkan vitamin dari bahan-bahan alami yang mudah ditemukan.

Apa saja bahan natural yang bisa menyehatkan rambut? Cek di sini, yuk!

Baca Juga: Alasan Mengapa Minum Air Putih di Pagi Hari Itu Penting Banget

1. Lidah buaya

Bukan Sampo, 7 Bahan Natural Ini Bisa Buat Rambutmu Sehat dan KuatPixabay.com/mozo190

Lidah buaya tidak sekadar cocok sebagai tanaman penghias halaman. Lidah buaya juga telah terbukti bermanfaat untuk kesehatan rambut. Tumbuhan ini juga terbukti berkhasiat untuk mengatasi berbagai penyakit.

Dikutip dari cosmopolitan.com, lidah buaya atau yang kerap dikenal dengan aloe vera ini berperan sebagai pembersih ringan untuk menghilangkan minyak pada kulit kepala. Selain itu, kandungan alami dari tanaman ini bisa membuat rambut menjadi lembut dan berkilau.

Penggunaan lidah buaya untuk rambut dan kulit kepala sangatlah efektif. Itu alasannya mengapa sejumlah produk sampo menyertakan ekstrak lidah buaya.

2. Minyak kelapa

Bukan Sampo, 7 Bahan Natural Ini Bisa Buat Rambutmu Sehat dan Kuatubudbotany.com

Kelapa terkenal sebagai tumbuhan yang seluruh bagiannya berguna bagi Indonesia. Tak terkecuali minyaknya, yang juga bermanfaat untuk kesehatan rambut.

Minyak kelapa adalah bahan perawatan rambut alami yang sehat dan dikenal untuk memperkuat rambut. Dilansir palmers.com, ekstrak minyak kelapa mengandung pelembab atau emolien. Bahan ini berguna untuk memberi perlindungan ekstra untuk rambut dan membuatnya berkilau sambil mengunci kelembapan.

3. Madu

Bukan Sampo, 7 Bahan Natural Ini Bisa Buat Rambutmu Sehat dan Kuatnaijanewsandevents.com

Madu memiliki sifat emolien dan humektan (menjaga kelembapan), menjadikannya pelembap rambut yang bagus, dilansir dari healthline.com. Emolien menghaluskan folikel rambut, menambahkan rambut yang kusam menjadi berkilau.

Ikatan humektan dengan molekul air menambah kelembapan pada helai rambut yang kering. Dengan melembapkan dan "mengunci" kilauan pada rambut, madu dapat membantu mengembalikan kilau alami rambut kamu.

Baca Juga: Sering Konsumsi Makanan Terlalu Asam? Ini Efeknya pada Tubuh Kamu

4. Minyak zaitun

Bukan Sampo, 7 Bahan Natural Ini Bisa Buat Rambutmu Sehat dan Kuatafrimash.com

Minyak zaitun atau olive oil tidak hanya berguna di dapur. Kamu juga bisa memanfaatkannya untuk merawat rambut.

Minyak zaitun sangat mirip dengan minyak alami rambut pada kulit kepala. Dilansir dari allure.com, bahan alami ini bisa membantu "mengisi" kembali minyak yang hilang pada rambut kering yang rusak.

5. Lemak kakao (cocoa butter)

Bukan Sampo, 7 Bahan Natural Ini Bisa Buat Rambutmu Sehat dan Kuatsoapqueen.com

Ini sangat bagus untuk kulit dan juga untuk rambut kamu. Lemak kakao akan membantu rambut kamu tetap sehat dan lembut dalam prosesnya. Sama seperti minyak kelapa, cocoa butter memiliki sifat merawat serta melembutkan yang akan membuat rambut kamu sehat dan berkilau.

Dilansir dari bellatory.com, selain sehat untuk rambut, aroma dari cocoa butter sangat "enak"! Rambutmu akan mempunyai wewangian seperti toko kue. Wah, bisa-bisa semua orang ingin mencicipi rambutmu nih.

6. Minyak alpukat

Bukan Sampo, 7 Bahan Natural Ini Bisa Buat Rambutmu Sehat dan Kuatmnn.com

Minyak alpukat atau avocado oil juga mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang banyak diyakini dapat membantu menjaga rambut tetap kuat dan sehat. Dilansir dari medicalnewstoday.com, beberapa manfaatnya untuk rambut adalah mengurangi ketombe, menjaga kerusakan rambut, dan membuat rambut tidak mudah kusut.

7. Rosemary

Bukan Sampo, 7 Bahan Natural Ini Bisa Buat Rambutmu Sehat dan Kuatunsplash.com/Luigi Pozzoli

Jika kamu ingin mempertebal dan menumbuhkan rambut, minyak rosemary adalah pilihan yang bagus berkat kemampuannya untuk meningkatkan pembentukan sel. Dilansir healthline.com, menurut sebuah penelitian minyak rosemary bersifat seperti minoxidil yang dapat mempercepat pertumbuhan rambut.

Jadi, itulah beberapa bahan alami yang sangat berguna untuk meningkatkan kesehatan rambut. Kamu tak perlu mengeluarkan banyak uang karena beberapa bahan-bahan di atas dapat kamu temukan dengan mudah. Jika sudah memberikan "makan" untuk rambut kamu, tinggal bagaimana cara kamu merawatnya saja agar tetap sehat dan kuat.

Baca Juga: Amankah Keramas Setiap Hari? Cek Jawaban Ahlinya

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya