Comscore Tracker

Biasakan Senyum dan Rasakan 7 Keajaibannya untuk Kesehatan

Salah satunya membuatmu terlihat awet muda

Kita kadang hanya tersenyum saat merasa senang dan bahagia. Padahal hal sederhana itu punya pengaruh besar bagi kehidupan, bahkan pada kondisi terburuk.

Berbagai penelitian mengungkapkan berbagai keajaiban di balik senyum untuk kesehatan fisik dan psikis. Simak beberapa di antaranya berikut ini, supaya kamu tidak lagi mengabaikan dahsyatnya manfaat senyuman.

1. Menurunkan risiko terkena penyakit jantung

Biasakan Senyum dan Rasakan 7 Keajaibannya untuk Kesehatanwallsamcik.com

Terbiasa tersenyum membuatmu lebih bijak menghadapi masalah atau stres. Penelitian mengungkapkan bahwa senyum membuat otot rileks, serta menurunkan denyut jantung dan tekanan darah.

Sering senyum mendorongmu lebih sabar dan tidak marah-marah. Situasi itu membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

2. Meningkatkan mood dan pikiran positif

Biasakan Senyum dan Rasakan 7 Keajaibannya untuk Kesehatanamp.businessinsider.com

Senyuman memang tidak bisa menyelesaikan masalahmu secara langsung. Tapi hal sederhana itu sangat membantu. Menurut penelitian yang terbit di US National Library of Medicine National Institutes of Health tahun 2010, tersenyum mendorong peningkatan mood dan pikiran positif, yang membuatmu terhindar dari stres dan depresi.

Karena itu, sebaiknya kamu mencoba selalu tersenyum dalam menghadapi setiap masalahmu.

3. Menimbulkan rasa bahagia

Biasakan Senyum dan Rasakan 7 Keajaibannya untuk Kesehatanhuffpost.com

Bahagia ditentukan dari bagaimana caramu berpikir dan bersikap, bukan karena situasi yang terjadi. Menurut para ahli, tersenyum dan bersyukur  dalam kondisi apa pun memicu peningkatan hormon dopamin, endorfin dan serotonin yang menimbulkan kebahagiaan.

Baca Juga: Kenapa Menguap Bisa Menular? Begini Penjelasan Dari Para Ahli!

4. Membuatmu terlihat awet muda

Biasakan Senyum dan Rasakan 7 Keajaibannya untuk Kesehatanjourneydownthescale.info

Saat tersenyum, otot-otot di wajahmu akan bergerak dan tertarik sehingga lebih lentur dan kencang. Ini mencegah keriput dan membuat kamu akan terlihat lebih muda.

5. Menjalin hubungan baik dengan sekitar

Biasakan Senyum dan Rasakan 7 Keajaibannya untuk Kesehatanstatic.oprah.com

Kalau kamu terbiasa untuk murah senyum, kamu akan dikenal sebagai pribadi yang ceria. Dijamin deh, kamu akan memiliki hubungan baik dengan orang sekitarmu karena selalu merasakan energi positif dari dirimu. Mereka akan selalu merasa senang dan terpengaruh untuk tersenyum juga. Bukannya membahagiakan ketika membuat orang lain bahagia?

6. Membantu mengatasi rasa malu dan grogi

Biasakan Senyum dan Rasakan 7 Keajaibannya untuk Kesehatanunsplash.com/Ben White

Sadar atau tidak, setiap kali kamu grogi atau berbuat hal yang memalukan, kamu langsung tersenyum secara refleks. Ya, naluri untuk tersenyum memang otomatis muncul, demi menarik empati orang yang mengetahui tingkah memalukanmu itu, seakan-akan kamu ingin mengatakan bahwa kamu memang melakukan kesalahan dan mengharap maklum darinya. Mereka pasti akan tersenyum juga dan memaklumimu.

7. Mudah mencuri perhatian dan kepercayaan orang lain

Biasakan Senyum dan Rasakan 7 Keajaibannya untuk Kesehatanworkopolis.com

Orang yang murah senyum memiliki daya tarik tersendiri. Sebuah penelitian mengatakan bahwa orang lebih senang berteman dan percaya kepada orang lain ketika mereka tersenyum dengan tulus. Maka senyum sangatlah penting bagi kehidupan sosialmu. Jangan pelit senyum lagi, ya.

Tuh kan, ternyata senyum itu sangat penting. Mulai sekarang biasakan untuk selalu tersenyum menghadapi apapun, ya. Beban-beban yang kamu pikul pasti akan terasa lebih ringan. Jangan lupa tersenyum!

Baca Juga: Ternyata Senyum Dapat Menular Lho, Kenapa ya?

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya