Comscore Tracker

Kurang Waktu Luang? Ini 7 Olahraga Ringan yang Cocok buat Orang Sibuk

Olahraga ini bisa dilakukan di sela aktivitas kantor

Buat kamu yang super sibuk bekerja, sebaiknya usahakan tetap berolahraga secara rutin. Sebab kurang olahraga bisa membuatmu rentan terkena penyakit berbahaya.

Bekerja sepanjang hari di depan meja membuatmu kurang bergerak. Kondisi seperti itu bisa mengundang berbagai penyakit, seperti meningkatkan risiko hipertensi, diabetes, penyakit jantung koroner, obesitas, stroke, depresi, bahkan kematian!

Coba ingat, kapan kamu terakhir kali rutin berolahraga? Jika kamu memang tak punya banyak waktu luang, jangan khawatir. Kamu bisa tetap melakukan olahraga ringan di sela aktivitas kantor. Olahraga ini juga tak butuh peralatan khusus. Simak uraian di bawah ini.

Baca Juga: Terkesan Sepele, 9 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Membahayakan Tubuhmu!

1. Plank

Kurang Waktu Luang? Ini 7 Olahraga Ringan yang Cocok buat Orang Sibukservingjoy.com

Ini merupakan latihan sederhana namun dampaknya bisa memperkuat tubuh, karena melibatkan banyak otot. Plank memperkuat otot-otot di bahu, dada, kaki dan punggung. Dengan plank setiap hari, kamu bisa membakar kalori lebih banyak dari latihan perut lain seperti sit up

Kamu bisa melakukan plank di mana saja dan kapan saja, tanpa menggunakan alat khusus. Latihan ini cocok buat orang yang sibuk dengan keterbatasan waktu luang. Memang kelihatannya mudah, tapi menahan tubuh pada posisi plank nyatanya sulit.

Coba lakukan secara rutin setiap hari, dengan porsi 30 detik di masa awal. Jika kamu sanggup, coba tingkatkan lagi durasinya.

2. Squats

Kurang Waktu Luang? Ini 7 Olahraga Ringan yang Cocok buat Orang Sibukruntastic.com

Coba praktikkan posisi squats selama beberapa detik, dan ulangi hingga 10-15 kali per hari. Kamu bisa rutin melakukannya, dan rasakan sendiri manfaatnya.

Squats bisa dilakukan sambil curi-curi waktu di sela kesibukan. Meski sederhana, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh. Seperti membangun otot kaki, paha depan, paha belakang dan betis serta bisa meningkatkan massa otot. Ketika dilakukan dengan benar, squats bisa menguatkan sendi pergelangan kaki, lutut dan pinggul pada waktu yang bersamaan.

Selain itu, squats bisa membakar lemak, mengencangkan bokong dan menurunkan berat badan. Cara melakukan squats dengan benar adalah dengan membuka kaki lebar-lebar ke samping, lalu tekuk lutut serendah mungkin.

3. Wall sits

Kurang Waktu Luang? Ini 7 Olahraga Ringan yang Cocok buat Orang Sibukgearsay.com

Latihan duduk di dinding amat bagus buat tubuhmu, yaitu membantu membentuk otot paha, pinggul, betis dan perut bagian bawah. Latihan ini juga amat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Kamu bisa melakukan wall sits dengan bersandar ke dinding, memajukan kaki ke depan, lalu menurunkan badan secara perlahan. Tetaplah bersandar dan buatlah posisi seolah-olah kita sedang duduk di kursi.

Tahan posisi ini selama 20-30 detik. Jika sudah merasa kuat, coba tingkatkan durasi hingga satu menit atau lebih. Setidaknya, lakukan wall sits selama 20 menit setiap harinya.

4. Chair dips

Kurang Waktu Luang? Ini 7 Olahraga Ringan yang Cocok buat Orang Sibuksleekgeek.co.za

Jika kamu butuh latihan untuk memperkuat otot lengan, maka chair dips akan cocok untukmu! Sama seperti latihan lain, kamu tak perlu modal apa pun kecuali sebuah kursi yang kuat dan kokoh. Cara melakukannya adalah dengan duduk, lalu menggeser tubuh hingga bokong terlepas dari kursi, sementara tangan tetap memegang dudukan kursi.

Terus tahan posisi tersebut dan perlahan-lahan turunkan badan. Jangan sampai bokong menyentuh lantai dan tahan posisi ini selama 10-15 detik.

Ulangi selama 10 kali. Chair set bermanfaat untuk memperkuat otot trisep, otot lengan atas, otot bahu dan otot paha. Menguntungkan sekali, kan?

Baca Juga: 5 Manfaat Kesehatan Olahraga sebelum Tidur, Yuk Jadikan Rutinitas!

5. Lunges (menekuk lutut)

Kurang Waktu Luang? Ini 7 Olahraga Ringan yang Cocok buat Orang Sibukfitbit.com

Mencuri-curi waktu untuk melakukan lunges bisa dilakukan di sela-sela kesibukan. Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat seperti meningkatkan massa otot, membuat pinggul jadi fleksibel, melatih otot paha, mengencangkan kaki dan bisa meningkatkan sistem metabolisme! Alhasil, lemak tubuh terbakar dan bisa menurunkan berat badan.

Bagaimana cara melakukan lunges? Pertama, jaga agar bagian tubuh atas tetap lurus, bahu menghadap belakang dan rileks.

Lalu majukan satu kaki, turunkan pinggul sampai kedua lutut ditekuk sampai sudut 90 derajat. Pertahankan berat badan kita pada tumit, tahan selama 15 detik lalu kembali ke posisi awal.

6. Melakukan gerakan mountain climbers

Kurang Waktu Luang? Ini 7 Olahraga Ringan yang Cocok buat Orang Sibukpopsugar.com

Kamu juga bisa mencoba latihan mountain climbers. Serupa dengan plank, namun posisi ini mengharuskan kita untuk berlari di tempat. Targetnya, otot lengan, bahu dan paha depan akan jadi lebih kuat. Meski terlihat mudah, posisi ini membuat seluruh tubuh bergerak dan cukup menguras tenaga, lho!

Manfaat yang bisa didapatkan adalah memperkuat inti tubuh, melatih ketangkasan serta baik untuk kardiovaskuler. Saat kita melakukan gerakan mountain climbers, kalori kita akan terbakar dan menyehatkan jantung. Lakukan ini secara rutin setiap hari. Jika kita konsisten, berat badan bisa turun kok!

7. Latihan naik turun tangga

Kurang Waktu Luang? Ini 7 Olahraga Ringan yang Cocok buat Orang Sibukself.com

Jika selama ini kamu menggunakan lift atau eskalator untuk naik turun lantai, sekarang coba kurangi dan pilih naik turun dengan tangga! Faktanya, latihan naik turun tangga membakar kalori lebih banyak dari jogging. Selain itu, latihan ini membantu tubuh menghasilkan endorfin yang bisa menciptakan rasa bahagia, ungkap laman Truweight.

Naik turun tangga adalah latihan kardio termudah dan tidak mengeluarkan biaya. Saat menaiki tangga, tubuh bekerja melawan gravitasi dan bisa memperkuat otot-otot kaki. Gerakan kaki dan pinggul yang konsisten meningkatkan detak jantung, memperkuat pernapasan serta meningkatkan aliran darah di tubuh.

Nah, itulah 7 latihan ringan yang bisa dicoba bagi orang-orang yang sibuk. Sudah berencana mau mencoba latihan yang mana?

Baca Juga: Sebelum Mencoba, Kenali 7 Fakta Manfaat dan Risiko Olahraga Crossfit

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya