Comscore Tracker

Jangan Malu, 7 Lokasi di Tubuh Ini Wajar Ditumbuhi Rambut

Tenang saja, karena semua orang punya kok

Rambut pada manusia tidak hanya tumbuh di kepala. Rambut juga bisa tumbuh pada bagian tubuh lainya.

Apakah kamu termasuk yang pernah risih dengan kehadiran rambut, atau berusaha mencukurnya? Kamu sebenarnya gak usah risih dengan kehadiran rambut itu. Sebab tubuh ditumbuhi rambut sangat normal.

Seperti sejumlah bagian tubuh berikut ini yang sangat wajar ditumbuhi rambut selain kepala. Yuk simak!

1. Rambut lengan

Jangan Malu, 7 Lokasi di Tubuh Ini Wajar Ditumbuhi Rambut allure.com

Mungkin hampir semua orang punya rambut di lengannya. Yang membedakan adalah lebat atau tidaknya rambut tersebut. Rambut di lengan umumnya tumbuh pada ujung pergelangan tangan bawah, dan terhampar sampai ke atas.

Pada laki-laki, pertumbuhan rambut lengan biasanya lebih lebat. Sebab laki-laki punya hormon testoreron lebih tinggi dibandingkan perempuan. Tapi pada kondisi tertentu, perempuan lahir dengan kadar testoteron tinggi dan menyebabkan tumbuhnya rambut pada beberapa bagian tubuh, termasuk pada lengan.

2. Rambut kaki

Jangan Malu, 7 Lokasi di Tubuh Ini Wajar Ditumbuhi Rambut howstuffworks.com

Rambut biasanya tumbuh tepat di bagian betis, dari batas mata kaki sampai bawah lutut. Umumnya, rambut mulai tumbuh di awal masa pubertas, dan lebih lebat pada laki-laki dibandingkan perempuan. Seperti di lengan, rambut kaki dipengaruhi kadar hormon testoteron yang tinggi.

Ada orang yang sengaja mencukur rambut demi alasan estetika. Sebab pada budaya tertentu, kulit halus dan tanpa rambut mewakili kecantikan.

Di sisi lain, rambut kaki juga bisa rontok karena beberapa hal. Misalnya infeksi jamur, terlalu banyak zat besi, sampai penurunan aliran darah karena diabetes.

3. Bisa juga tumbuh di bagian wajah (facial hair)

Jangan Malu, 7 Lokasi di Tubuh Ini Wajar Ditumbuhi Rambut gq.com

Rambut pada wajah identik dengan pria, berupa kumis, jenggot, atau jambang. TApi kadang perempuan juga punya rambut di wajah. Misalnya kumis, yang berupa helai rambut tipis.

Jika rambut wajah pada pria normal, pertumbuhannya pada perempuan menandakan ketidakseimbangan hormon. Biasanya, perempuan yang mengalami itu kelebihan hormon androgen dan kelainan genetik langka yang disebut sebagai hipertrikosis.

4. Rambut ketiak

Jangan Malu, 7 Lokasi di Tubuh Ini Wajar Ditumbuhi Rambut hollywoodreporter.com

Rambut ketiak mulai tumbuh pada awal masa pubertas. Biasanya dikaitkan dengan kematangan seksual seseorang. Tapi banyak orang yang merasa tidak nyaman dengan itu dan mencukurnya secara rutin.

Selain itu, rambut ketiak juga dapat menyebabkan keringat berlebih. Ini karena bakteri lebih cepat berkembang biak di daerah lembap rambut ketiak. Solusinya, kita bisa mencukur rambut ketiak untuk menghasilkan lebih sedikit ruang bagi bakteri untuk berkembang biak, jelas laman Real Men Real Style.

Baca Juga: Mencabut Bulu Ketiak Jangan Sembarangan! Ini 7 Bahayanya

5. Rambut kemaluan

Jangan Malu, 7 Lokasi di Tubuh Ini Wajar Ditumbuhi Rambut cosmo.ph

Area genital pada laki-laki dan perempuan sebenarnya telah ditumbuhi oleh rambut vellus yang pendek dan ringan. Namun, rambut ini akan berubah jadi tebal, gelap dan kasar ketika masa pubertas tiba. Kelenjar pituitari mengeluarkan hormon gonadotropin yang memicu produksi testosteron di testis dan ovarium yang akan mendorong pertumbuhan pada rambut kemaluan.

Rambut kemaluan memiliki berbagai fungsi, seperti mencegah gesekan yang dapat menyebabkan abrasi dan cedera kulit serta melindungi dari bakteri dan patogen yang tak diinginkan. Meski begitu, beberapa orang memilih mencukur rambut kemaluan karena berbagai alasan, seperti karena tak nyaman dan tak terbiasa.

6. Rambut dada

Jangan Malu, 7 Lokasi di Tubuh Ini Wajar Ditumbuhi Rambut mtv.com

Beberapa laki-laki bisa menumbuhkan rambut di area dada, perut hingga pusar. Rambut dada berkembang selama masa pubertas, bersamaan dengan rambut androgenik lainnya. Karena dipengaruhi oleh hormon androgen dan testosteron, maka beberapa laki-laki bisa sangat berbulu, sementara lainnya tak bisa menumbuhkan rambut dada sama sekali.

Setidaknya, ada empat pembagian area pertumbuhan rambut dada, yaitu sternus (bagian tengah dan bawah tubuh dari tulang dada), inflacavicular (area tepat di bawah ujung medial tulang selangka), pectoral (area dada, termasuk area langsung di sekitar aerola atau puting) dan circumareolar (area kecil yang mengelilingi aerola).

7. Bisa juga tumbuh di jari-jemari

Jangan Malu, 7 Lokasi di Tubuh Ini Wajar Ditumbuhi Rambut hairtell.com

Terakhir, rambut juga bisa tumbuh di area jari-jemari. Apabila kegunaan rambut pada lengan, kaki atau dada bisa menjaga kita tetap hangat, lantas apa kegunaan rambut pada jari? Menurut John Hawk, seorang antropolog biologi dari University of Wisconsin menjelaskan bahwa rambut di jari-jemari merupakan peninggalan dari evolusi.

Nah, itulah 7 lokasi tumbuhnya rambut di beberapa bagian tubuh kita, selain di kepala. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Baca Juga: Bro, Ini 5 Alasan Berbangga Punya Bulu Lebat di Tubuhmu!

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya