Comscore Tracker

Memicu Jerawat, 7 Kebiasaan yang Bikin Pori-porimu Tersumbat

Nomor dua sering kamu lakukan?

Pori-pori yang tersumbat bisa berdampak buruk bagi kesehatan wajah. Membuat sel kulit mati terperangkap di kulit, dan bisa memicu jerawat serta komedo.

Ada kebiasaan kecil yang tanpa kamu sadari bisa membuat pori-porimu tersumbat. Coba cek daftarnya di bawah ini, mana yang paling sering kamu lakukan?

Baca Juga: 7 Jenis Jerawat di Wajah dan Penyebabnya yang Paling Umum

1. Sering menyentuh wajah dengan tangan

Memicu Jerawat, 7 Kebiasaan yang Bikin Pori-porimu Tersumbatthehealthy.com

Kamu ingat berapa kali menyentuh wajahmu dalam sehari? Mulai sekarang, sebaiknya kamu kurangi. Saat beraktivitas, kamu menyentuh berbagai benda yang kemungkinan menyimpan bakteri. Mulai dari gagang pintu, pegangan tangga atau keran di kamar mandi. Lalu, tanpa disadari, tangan yang kotor ini menyentuh wajah.

Dokter kulit Joel Schlessinger, M.D, di laman Women's Health mengakakan, menyentuh wajah setelah melalui aktivitas bisa membuat virus, bakteri, alergen, kotoran dan minyak berpindah ke kulit dan menyumbat pori-pori.

2. Tidak membersihkan make up sebelum tidur

Memicu Jerawat, 7 Kebiasaan yang Bikin Pori-porimu Tersumbatlorealparisusa.com

Kamu mungkin merasa kantuk setelah beraktivitas di luar seharian. Kamu pun tertidur di kasur dengan riasan wajah yang belu dihapus. Padahal, menurut Women's Health, kebiasan ini bisa membuat pori-pori tersumbat, loh.

Lupa menghapus makeup bisa bisa berdampak jerawat, mengakibatkan pori-pori membesar, hingga mempercepat proses penuaan! Sebelum memejamkan mata, siapkan kapas dan micellar water di samping tempat tidur untuk menghapus riasan dan jangan lupa mencuci muka.

3. Sering memencet jerawat

Memicu Jerawat, 7 Kebiasaan yang Bikin Pori-porimu Tersumbatrachaelrayshow.com

Tidak usah risih dengan jerawat besar yang ada di wajahmu. Apalagi buru-buru ingin menghilangkannya dengan cara memencet. Padahal, ini bisa memicu pembentukan garis-garis halus, iritasi dan peradangan, ungkap laman Women's Health.

Apabila sering dilakukan, kebiasaan ini bisa mengubah dan memperbesar ukuran pori-pori. Memencet jerawat dengan tangan yang kotor akan menyumbat pori-pori dan justru menimbulkan jerawat baru. Lebih baik, usir jerawat dengan rutin membersihkan wajah.

4. Tidak mengeksfoliasi kulit secara teratur

Memicu Jerawat, 7 Kebiasaan yang Bikin Pori-porimu Tersumbatflo.health

Agar pori-pori tak tersumbat, kamu harus rutin mengeksfoliasi kulit. Setidaknya, kamu perlu mengeksfoliasi kulit sebanyak 2-3 kali dalam seminggu, saran laman Healthline. Tujuannya untuk mengangkat sel kulit mati dan mengurangi kusam.

Menurut Joel Schlessinger, M.D di laman Women's Health, pengelupasan kulit membantu menghilangkan kotoran, minyak, sel kulit mati, mencegah jerawat serta mengecilkan pori-pori. Namun, jangan terlalu berlebihan karena akan memicu produksi minyak berlebih.

Baca Juga: Punya Kulit Kering dan Kusam? Atasi dengan 7 Makanan Ini, yuk!

5. Tidur di kasur yang kotor dan jarang dibersihkan

Memicu Jerawat, 7 Kebiasaan yang Bikin Pori-porimu Tersumbatsimplemost.com

Sebaiknya ganti seprai, sarung bantal dan gulingmu minimal dua minggu sekali. Sebab jika tidak, minyak, kotoran dan sel kulit mati akan berpindah dari ranjang ke kulit kita, terang laman The Healthy. Alhasil, pori-pori akan tersumbat nantinya.

Sementara, menurut laman Somerset Live, jika kamu jarang mencuci seprai, bisa jadi ada bakteri penyebab gonore, pneumonia dan sindrom Lemierre di atas kasur. Agar semakin steril, kamu bisa merendam seprai di air hangat dulu sebelum dicuci.

6. Memakai makeup dengan sifat komedogenik

Memicu Jerawat, 7 Kebiasaan yang Bikin Pori-porimu Tersumbatfolder.pk

Beberapa jenis makeup punya sifat komedogenik. Artinya, bisa menyumbat pori-pori dan kulit kita, ujar laman Women's Health. Biasanya, foundation dan concealer memiliki sifat komedogenik karena di dalamnya mengandung lilin, minyak dan mentega.

Joel Schlessinger, M.D menyarankan untuk memakai makeup mineral karena tidak menyumbat pori-pori, tidak memicu jerawat dan iritasi kulit. Selain itu, perhatikan label pada produk makeup, pilih yang memiliki tulisan 'non komedogenik'.

7. Terlalu sering berada di bawah sinar matahari

Memicu Jerawat, 7 Kebiasaan yang Bikin Pori-porimu Tersumbatnj1015.com

Apakah kamu memakai tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan pada siang hari? Jika tidak, sinar matahari bisa merusak jaringan kulit, menyumbat pori-pori dan memperbesar pori-pori, tutur Samer Jaber, MD, dokter ahli kulit pada laman The Healthy.

Apalagi, ada beberapa tabir surya yang memiliki sifat komedogenik. Sehingga, pori-pori akan semakin tersumbat dan memicu komedo. Disarankan untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan, terlebih di siang hari karena kulit bisa terpapar sinar UV berbahaya.

Nah, itulah 7 kebiasaan yang tanpa disadari bisa menyumbat pori-pori di kulit wajah. Mulai sekarang, coba hindari kebiasaan ini, ya!

Baca Juga: Penyebab Kulit Kering, 7 Hal Ini Ternyata Bisa Pengaruhi Kelembapannya

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya