Comscore Tracker

Jangan Dilakukan, Ini 7 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Rambutmu

Kamu pasti pernah melakukannya, bukan?

Kamu tentu pernah mendengarkan ungkapan bahwa rambut adalah mahkota kita. Rambut mendukung agar kita tampil lebih menarik dan menawan. Rambut indah bisa membuatmu percaya diri.

Meski menyadari pentingnya rambut, ada saja beberapa kebiasaan buruk yang biasa dilakukan. Mungkin kamu tanpa sadar pernah melakukannya juga. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Menyisir rambut dari akar hingga ke ujung

Jangan Dilakukan, Ini 7 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Rambutmugiphy.com

Menurut Mark Townsend, penata rambut dari Los Angeles, ini merupakan kebiasaan buruk. Tapi tentu banyak orang yang melakukannya.

Menyisir dari akar hingga ke ujung sangat tidak direkomendasikan, terutama jika rambutmu panjang. Sebab sisir akan menarik rambut, memberi tekanan, serta membuatnya rontok. 

Towsend, pada lamanSelf, menyarankannmu menyisir rambut bertahap dari bawah. Kamu bisa beranjak ke atas jika rambut bawah sudah tidak kusut. Lakukan dengan lembut supaya rambut ridak rontok, serta jangan lupa sisir bagian dalamnya juga.

2. Memberi kondisioner pada akar rambut

Jangan Dilakukan, Ini 7 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Rambutmuself.com

Dikutip dari laman Self, kondisioner bukannya untuk penggunaan di dekat akar rambut. Adir Abergel, penata rambut asal Los Angeles, mengatakan rambut yang lebih tua dan panjang perlu lebih diperhatikan. Sebab, kondisinya cenderung lebih kering, rapuh dan rusak.

Sebaliknya, bagian akar dan pangkal merupakan rambut baru yang tak butuh kelembaban ekstra. Yang direkomendasikan adalah memakai kondisioner dari tengah hingga bagian bawah rambut. Setelah itu tepuk-tepuk lembut, diamkan sejenak, dan bilas.

3. Mengikat rambut terlalu kencang

Jangan Dilakukan, Ini 7 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Rambutmubuzzfeed.com

Mengikat rambut adalah kebiasaan bagi orang dengan rambut panjang. Terutama pada cuaca panas. Yang tidak disadari adalah mengikat rambut bisa memicu kerontokan. Apalagi jika mengikat terlalu kencang, akar rambut bisa tertarik, menjadikannya rapuh dan mudah tercabut.

Berhati-hatilah mengikat rambut saat masih basah. Karena kondisinya lebih rapuh dan mudah patah, jelas laman Self. Oleh karena itu, rambut harus sering dibiarkan dalam kondisi terurai. Jika harus diikat, jangan terlalu ketat, ya!

4. Mencuci rambut terlalu sering

Jangan Dilakukan, Ini 7 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Rambutmugfycat.com

Menurut dr. Melissa Piliang dari Cleveland Clinic, keramas terlalu sering akan menyebabkan kerusakan pada rambut, jelasnya di laman The Healthy. Apalagi, jika menggunakan dry shampoo (sampo kering). Wajarnya, kita keramas setiap 2-3 hari sekali, tergantung apakah rambut mulai berminyak atau tidak.

Khusus untuk orang keturunan Afrika, disarankan untuk keramas setiap 7-10 hari sekali. Sebab, rambut mereka lebih kering dan rapuh, akibat struktur rambut mereka yang keriting. Sementara, orang berambut lurus harus lebih sering keramas karena rambutnya cepat berminyak dan lepek.

Baca Juga: Seberapa Sering Kamu Harus Keramas? Ini Jawaban dari Ahlinya!

5. Melakukan bleaching terlalu sering

Jangan Dilakukan, Ini 7 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Rambutmubehindthechair.com

Sebelum mewarnai rambut, kita pasti melakukan proses bleaching terlebih dahulu. Tetapi, menurut dr. Melissa Piliang, bleaching bisa merusak kutikula rambut, terangnya di laman The Healthy. Selain itu, serat rambut akan menipis dan lebih rentan rusak.

Proses bleaching bisa menghilangkan kelembapan alami pada rambut, lalu membuat rambut rapuh dan rontok. Tak jarang, kulit kepala terasa panas, timbul sensasi terbakar, kemerahan dan gatal akibat larutan bleaching yang bersentuhan dengan kulit. 

6. Memakai catok atau pengering rambut terlalu sering

Jangan Dilakukan, Ini 7 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Rambutmugiphy.com

Sebagian dari kita menganggap mesin pengering, catok lurus dan keriting adalah benda yang penting. Sebab, benda ini membantumu untuk tampil menawan. Padahal, alat-alat styling rambut yang menghasilkan panas bisa memicu kerusakan rambut dan kulit kepala, ujar Todor Todorov, stylist dari Bumble & Bumble Salon.

Untuk mencegah kerusakan, atur suhu di titik rendah, jangan terlalu panas. Menurut dr. Melissa Piliang, alat-alat styling ini bisa melemahkan batang rambut dan serat. Selain itu, alat-alat ini bisa merusak kutikula di lapisan luar rambut, terangnya di laman The Healthy.

7. Memiliki kebiasaan memainkan atau mencabut rambut

Jangan Dilakukan, Ini 7 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Rambutmuseventeen.com

Di sekeliling kita, ada orang yang suka memainkan rambut atau bahkan mencabutnya secara refleks. Ia melakukannya di bawah kesadaran, karena sudah menjadi kebiasaan. Padahal, kebiasaan memainkan atau mencabut helai rambut secara kompulsif akan menyebabkan kerontokan rambut dari waktu ke waktu.

Di sisi lain, menurut dr. Evan A. Rieder dari NYU Langone Health, kebiasaan memainkan, mencabut atau memutar-mutar rambut saat merasa tegang atau gugup disebut dengan trikotilomania. Karena bersifat merusak, kamu harus menghentikannya sebelum terlambat!

Nah, itulah 7 kebiasaan kecil yang ternyata membuat rambut rusak. Jika kamu melakukannya, langsung hentikan, ya!

Baca Juga: Ini Lho 7 Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda, Kamu Sudah Tahu?

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya