Comscore Tracker

Cegukan saat Puasa? Ini 7 Cara Mengatasinya Tanpa Minum Air

Kamu bisa mempraktikkan teknik bernapas

Hampir kita semua pernah mengalami cegukan. Kondisi itu terjadi saat terjadi kontraksi berulang dan tak terkendali pada otot diafragma. Kita pun biasanya mengatasi cegukan dengan minum segelas air putih.

Bagaimana jika cegukan terjadi saat kita berpuasa seperti di bulan Ramadan sekarang? Rasanya tidak rela jika kita membatalkan puasa hanya karena cegukan. Tenang, sebab ada cara lain mengatasinya tanmpa minum air.

Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Latihan menahan napas

Cegukan saat Puasa? Ini 7 Cara Mengatasinya Tanpa Minum Airfreepik.com

Laman Healthline menyarankamu untuk berlatih menahan napas untuk mengatasi cegukan. Kamu bisa melakukannya dengan cara menarik napas selama lima hitungan, lalu embuskan pada lima hitungan berikutnya.

Jika belum mereda, kamu bisa menarik napas dalam-dalam. Tahan selama 10 hingga 20 detik, kemudian embuskan perlahan. Ulangi langkah itu sampai cegukan berhenti.

2. Duduk dan peluk lututmu

Cegukan saat Puasa? Ini 7 Cara Mengatasinya Tanpa Minum Airfreepik.com

Saran lain dari laman Healthline, cobalah duduk dan memeluk lutut. Lakukan di tempat yang nyaman di lantai. Duduk dengan memeluk lutut ke dada dan tahan sampai dua menit.

Selama melakukan itu, kamu juga bisa menekan diafragma, yang memisahkan perut dan paru-paru. Pakai tangganmu menekan area di bawah tulang dada. Cara ini bisa berhasil sebab beberapa area tubuh sangat sensitif terhadap tekanan.

3. Tarik lidahmu dan tahan

Cegukan saat Puasa? Ini 7 Cara Mengatasinya Tanpa Minum Airdrvaksman.com

This may sounds weird, but sometimes it works. Pegang ujung lidah dengan jari dan tarik. Tahan selama beberapa detik sampai cegukan hilang, saran laman Medical News Today.

Menurut laman Healthline, menarik lidah bisa menstimulasi saraf vagus dan meredakan kejang diafragma. Ini bisa merangsang saraf dan otot di tenggorokan yang terkadang bisa menghentikan cegukan.

4. Lakukan manuver Valsalva

Cegukan saat Puasa? Ini 7 Cara Mengatasinya Tanpa Minum Airverywellhealth.com

Mungkin, kamu kurang familier dengan manuver Valsalva. Ini dilakukan dengan menutup mulut, mencubit hidung dan mengeluarkan udara sampai pipi menggembung seperti balon.

Sebenarnya, manuver Valsava ialah pemeriksaan medis untuk tes fungsi jantung, kontrol saraf otonom jantung, membersihkan telinga dan sinus. Tetapi, kadang bekerja dengan baik untuk mengatasi cegukan, terang laman Healthline.

Baca Juga: 7 Tip Menjaga Gizi Seimbang saat Puasa, Ini Anjuran dari Ahli Gizi

5. Pijat arteri karotis

Cegukan saat Puasa? Ini 7 Cara Mengatasinya Tanpa Minum Airwikipedia.org

Selanjutnya, kamu bisa memijat arteri karotis. Letaknya ada di kedua sisi leher dan kamu bisa merasakan denyut nadi saat menyentuhnya. Arteri karotis berfungsi untuk memasok darah dan oksigen ke kepala dan leher.

Lantas, bagaimana cara memijatnya? Pertama, berbaringlah, lalu putar kepala ke arah kiri dan pijat arteri di sisi kanan. Pijatlah dengan gerakan memutar selama 5-10 detik, lalu ganti posisi, saran laman Healthline.

6. Orgasme, hanya jika sudah berbuka puasa dan dalam kondisi cegukan tidak kunjung berhenti lebih dari seharian

Cegukan saat Puasa? Ini 7 Cara Mengatasinya Tanpa Minum Airthespinoff.co.nz

Cara ini mungkin terdengar aneh dan terlalu effort untuk sekadar meredakan cegukan. Tetapi, ini terbukti meredakan cegukan pada seseorang laki-laki yang telah cegukan selama empat hari, jelas laman Healthline.

Hal ini dilaporkan dalam studi berjudul "Case Report: Sexual Intercourse as Potential Treatment for Intractable Hiccups" yang diterbitkan dalam jurnal Canadian Family Physician pada tahun 2000.

7. Gosok atau pijat bagian belakang leher

Cegukan saat Puasa? Ini 7 Cara Mengatasinya Tanpa Minum Airshiatsutoronto.org

Langkah terakhir yang bisa kamu coba adalah menggosok atau memijat bagian belakang leher. Tujuannya untuk menstimulasi saraf frenikus. Menurut laman Mayo Clinic, penyebab cegukan jangka panjang ialah kerusakan atau iritasi saraf vagus atau saraf frenikus.

Ada pula cara yang sedikit lebih ekstrem, yaitu usap bagian dalam tenggorokan sampai muntah atau batuk. Menurut laman Healthline, refleks muntah bisa merangsang saraf vagal dan meredakan cegukan.

Nah, itulah 7 cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan cegukan tanpa minum air. Setelah dicoba, mana yang paling ampuh?

Baca Juga: 7 Bahaya Merokok Langsung saat Berbuka Puasa

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya