Comscore Tracker

Hadapi Cuaca Panas Ekstrem Dengan 5 Cara Ini

Hingga pekan depan, suhu panas masih melanda

Jakarta, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)mencatat cuaca panas terasa di sejumlah daerah di Indonesia sejak 19 Oktober lalu. Fenomena tak biasa ini diperkirakan masih berlangsung hingga pekan depan. 

Suhu udara di Jakarta dapat mencapai 37 derajat Celcius. Suhu di Makassar bahkan tercatat lebih dari 38 derajat Celcius, yang merupakan suhu tertinggi dalam satu tahun terakhir.

Maka itu, masyarakat harusnya dapat mengetahui cara-cara menghadapi cuaca panas seperti ini.

Baca Juga: Waspada! Suhu Panas Terjadi Hingga Pekan Depan

1. Perbanyak konsumsi air putih. Seberapa banyak?

Hadapi Cuaca Panas Ekstrem Dengan 5 Cara Inihttps://pixabay.com/en/bottle-

Konsumsi air putih penting ketika suhu panas melanda untuk menjaga cairan tubuh. Dokter spesialis penyakit dalam Ari Fahrial Syam, menjelaskan cara menjaga agar tubuh tetap bugar.

"Selama di udara terbuka, minum air sebanyak tiga-empat liter untuk mencegah dehidrasi. Lihat warna urin untuk melihat apakah telah terjadi dehidrasi. Jika warna urin kuning, tingkatkan jumlah minum yang dikonsumsi," ujar Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) tersebut, Rabu (23/10), dilansir dari Antara.

2. Baju putih bukan jawaban untuk bikin tubuh adem

Hadapi Cuaca Panas Ekstrem Dengan 5 Cara IniPexels/Anastasiya Gepp

Apakah baju warna putih benar-benar lebih adem digunakan? Pakaian putih memang memantulkan kembali sinar matahari.

Tapi, penelitian Skin Cancer Foundation menjelaskan bahwa pakaian berwarna putih memiliki SPF sekitar 7, lalu ketika mulai agak basah (contohnya akibat keringat), SPF-nya jadi anjlok menjadi sekitar 3. Jadi, menggunakan baju putih tidak selamanya efektif untuk menghindari panas matahari yang terpapar ke tubuh.

3. Jika bisa, hindari aktivitas di luar ruangan selama pukul 10 pagi hingga 4 sore

Hadapi Cuaca Panas Ekstrem Dengan 5 Cara IniANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Dilansir memalui Antara, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti  juga mengimbau masyarakat agar bisa mengantisipasi kemungkinan terjadinya dehidrasi hingga heat stroke karena cuaca panas yang ekstrem.

Pertama, dengan menghindari beraktivitas di luar ruangan antara pukul 10.00 WIB hingga jam 16.00 WIB. 

4. Makan buah-buahan lebih banyak

Hadapi Cuaca Panas Ekstrem Dengan 5 Cara Inipexels.com/ Pixabay

Masyarakat juga dimbau menjaga kondisi tubuh agar tetap kuat dalam kondisi panas yang ekstrem. Caranya, dengan untuk istrahat yang cukup dan menambah asupan yang baik untuk cairan dan stamina tubuh. Selain air putih, buah-buahan yang banyak mengandung air. 

5. Jangan lupa menjaga kondisi kulit

Hadapi Cuaca Panas Ekstrem Dengan 5 Cara IniPexels.com/Alexander Stemplewski

Sedangkan, untuk perlindungan kulit yang terpapar langsung sinar matahari, jangan lupa menggunakan krim pelembab dan penangkal matahari. Bisa juga menggunakan masker dan payung untuk menangkap sinar matahari yang terik.

Baca Juga: Hoaks Cuaca Panas di Indonesia Capai 40 Celcius, Ini Penjelasan BMKG

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You