Comscore Tracker

7 Tren Kesehatan Berbahaya di TikTok yang Tidak untuk Ditiru

Banyak tips yang dibikin secara asal tanpa dasar ilmiah

Sepanjang tahun 2020, TikTok jadi slaah satu aplikasi media sosial yang paling banyak diunduh. Seiring perkembangan itu, kontennya juga tumbuh pesat.

Selain konten hiburan, video seputar tips kesehatan juga termasuk yang paling sering viral dan banyak ditonton di TikTok. Meski bertujuan baik, tak sedikit di antara tips itu berbahaya karena mengandung disinformasi. Yang parah, video tersebut viral dan diikuti banyak orang dan tak jarang menjatuhkan korban.

Berikut ini IDN Times rangkum tujuh tren kesehatan paling berbahaya di TikTok sepanjang tahun 2020!

1. Memutihkan gigi dengan bleaching

7 Tren Kesehatan Berbahaya di TikTok yang Tidak untuk Ditirumetro.co.uk

Sempat muncul tren aneh untuk memutihkan gigi. Berawal dari salah satu pengguna TikTok yang mengoleskan cairan pemutih atau bleaching dengan kapas langsung ke gigi. Video itu viral dan banyak ditiru.

Yang tidak banyak diketahui, bleaching mengandung hidrogen peroksida yang bersifat sangat keras dan hanya bisa digunakan melalui prosedur medis. Praktik itu bisa bikin gigi rusak, sensitif, dan menyebabkan gigi berlubang

2. Antiseptik dipakai sebagai cairan diffuser

7 Tren Kesehatan Berbahaya di TikTok yang Tidak untuk DitiruDok. TikTok

Seorang selebgram Indonesia sempat membagikan tips menyesatkan lewat TikTok, yang viral dan menuai kecaman. Dia mencampur antiseptik dengan air tanpa memerhatikan dosis dan menggunakannya sebagai cairan diffuser

Menuutnya, cara itu bias mematikan virus penyebab COVID-19, SARS-CoV-2, yang mungkin ada di dalam ruangan. Tapi hal itu berbahaya karena antiseptik adalah bahan kimia keras yang tidak boleh dihirup, terkena mata, dan tertelan. 

3. Menghilangkan tahi lalat di rumah

7 Tren Kesehatan Berbahaya di TikTok yang Tidak untuk Ditiruinsider.com

Tren yang tidak kalah ekstrem adalah mengangkat tahi lalat sendiri di rumah. Sejumlah pengguna mendemonstrasikan cara mengorek tahi lalatnya, serta menggunakan cuka dan bahan kimia untuk peeling.

Padahal, tahi lalat hanya bisa dihilangkan melalui prosedur medis, seperti laser dan pembedahan. Jika kamu melakukannya dengan asal, kulit bisa terluka, iritasi, dan meninggalkan bekas yang sulit hilang. 

Baca Juga: 7 Cara Aman 'Merapatkan' Vagina setelah Melahirkan, Tak Perlu Obat

4. Benadryl challenge

7 Tren Kesehatan Berbahaya di TikTok yang Tidak untuk Ditiruself.com

Ada juga tren "Benadryl challenge" yang sempat muncul di TikTok. Para pengguna didorong untuk minum obat tersebut untuk memicu halusinasi. Setelah itu mereka harus merekam dan mengunggah reaksi mereka di TikTok.

Tren ini sontak menuai kecaman dari banyak orang. Jelas saja, sebagian remaja dan anak yang menirukannya tumbang seketika dan harus dilarikan ke rumah sakit. Setelah diperiksa, dokter menyatakan bahwa mereka mengalami overdosis

Obat mana pun tentu tidak boleh diminum tanpa dosis yang tepat. Mengutip laman Healthline, mengonsumsi Benadryl melebihi dosis dapat memicu gangguan jantung, kejang, halusinasi, koma, dan bahkan kematian. 

5. Membuat gigi vampir dengan superglue

7 Tren Kesehatan Berbahaya di TikTok yang Tidak untuk Ditirunypost.com

Menjelang perayaan Halloween pada 31 Oktober lalu, sejumlah pengguna TikTok memeragakan cara membuat gigi vampir palsu. Yang menjadi masalah adalah, mereka merekatkan gigi pasangan itu menggunakan superglue.

Memang benar, sih, gigi taring jadi tampak runcing secara alami. Namun, tren yang satu ini berbahaya. Pasalnya, superglue sangat sulit untuk dilepaskan. Menariknya dari gigi hanya akan membuat gigi rusak, pecah, atau mungkin terlepas dari akarnya. 

6. Mengikir gigi agar rata menggunakan alat kikir kuku

7 Tren Kesehatan Berbahaya di TikTok yang Tidak untuk Ditirunypost.com

Berikutnya ada pula challenge meratakan gigi menggunakan alat kikir kuku. Caranya memang mudah, kamu hanya perlu menggosok-gosokkan alat tersebut pada ujung gigi yang tidak rata. Namun, lagi-lagi, ini adalah tren yang menyesatkan. 

Melansir Insider, para dokter gigi melarang keras masyarakat untuk mengikuti tren tersebut. Sebab, mengikir gigi bisa menyebabkan kerusakan saraf yang ada di dalamnya. Selain itu, tak seperti kuku, gigi tidak bisa tumbuh lagi setelah dikikir.

7. Berbagai challenge menyesatkan mengenai COVID-19

7 Tren Kesehatan Berbahaya di TikTok yang Tidak untuk Ditiruinsider.com

Terakhir, sejak pandemik COVID-19 merebak, banyak pengguna TikTok yang memanfaatkannya untuk membuat video viral. Jika kontennya benar, sih, bagus. Akan tetapi, mayoritas video mengenai COVID-19 yang beredar di TikTok mengandung hoaks, kebohongan, dan disinformasi. Beberapa di antaranya adalah:

  • Berpura-pura menjadi pasien COVID-19 dan memberikan kesaksian palsu;
  • Menyebarkan teori-teori konspirasi;
  • Membuat prank dengan cara berpura-pura pingsan di tempat umum;
  • Menyebarkan hoaks vaksin, tips menyesatkan, dan lain sebagainya. 

Ternyata banyak juga, ya, tren kesehatan di TikTok yang justru membahayakan diri kita. Maka dari itu, sebagai pengguna, kamu harus cerdas memilah-milah konten. Jangan ragu untuk melaporkan ketika kamu menemukan tips menyesatkan, hoaks, dan tren yang berbahaya. 

Baca Juga: Jangan Ditiru, 7 Tren Perawatan Kulit ala TikTok yang Berbahaya

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya