Comscore Tracker

Bikin Panjang Umur, Ini 7 Manfaat Tak Terduga Minum Kopi Tiap Hari

Kamu yang senang minum kopi pasti senang baca ini

Kopi termasuk salah satu minuman favorit orang Indonesia. Gak heran kalau bermunculan banyak kafe atau warung kopi yang jadi tempat orang ramai nongkrong.

Selama ini kopi diketahui berkhasiat meningkatkan performa kerja. Tapi tahukah kamu? Ternyata kopi juga menyimpan sejumlah manfaat untuk kesehatan, terutama jika dikonsumsi setiap hari. Berikut ini 7 di antaranya.

1. Membantu turunkan berat badan

Bikin Panjang Umur, Ini 7 Manfaat Tak Terduga Minum Kopi Tiap Hariskinnyms.com

Kafein pada kopi ampuh buat melangsingkan tubuh. Zat itu juga banyak ditemukan pada suplemen diet.

Khasiat bekerja meningkatkan proses metabolisme tubuh secara keseluruhan. Proses tersebut esensial untuk membakar lemak ekstra. 

Dikutip dari Healthline, studi pada tahun 2004 mengungkapkan bahwa kafein memicu pembakaran lemak. Proses itu meningkat meningkat sebanyak sepuluh persen pada orang yang obesitas dan 29 persen pada orang dengan berat badan normal.

2. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Bikin Panjang Umur, Ini 7 Manfaat Tak Terduga Minum Kopi Tiap Hariunair.ac.id

Banyak orang di dunia ini menderita penyakit diabetes tipe 2. Diabetes Research mengungkapkan, diperkirakan sekitar 23,1 juta orang di dunia menderita penyakit itu.

Kopi ternyata bisa jadi salah satu obat obesitas. Kopi bisa menurunkan sensitivitas insulin, hormon yang mengatur metabolisme gula darah. Menurut sebuah studi pada tahun 2009, risiko terkena diabetes pada seseorang menurun hingga tujuh persen untuk setiap kopi yang dia minum. 

Studi lain melaporkan bahwa risiko itu bisa sampai 50 persen bagi orang yang mengonsumsinya setiap hari. Tapi yang perlu diingat, minum kopi dengan gula dan pemanis tambahan sama saja menghilangkan khasiat tersebut.

3. Kopi baik untuk hatimu

Bikin Panjang Umur, Ini 7 Manfaat Tak Terduga Minum Kopi Tiap Harisquarespace-cdn.com

Percayakah kamu minum kopi bisa membahagiakan hati? Ini gak cuma berlaku konotatif, melainkan juga secara harfiah. Dikutip dari One Medical, kopi ternyata bisa diandalkan dalam menjaga kesehatan hati kita.

Studi dari Archives of Internal Medicine menunjukkan adanya hubungan antara konsumsi kopi setiap hari dengan penurunan risiko sirosis hingga 20 persen. Ini bisa terjadi karena kandungan yang ada di dalam kopi bisa menurunkan enzim hati yang mampu menyebabkan inflamasi di organ tersebut.

4. Kesehatan otak tetap terjaga

Bikin Panjang Umur, Ini 7 Manfaat Tak Terduga Minum Kopi Tiap Harictfassets.net

Sudah bukan rahasia lagi kalau kafein yang ada di dalam kopi bisa meningkatkan kerja otak kita. Itulah kenapa banyak orang yang mengonsumsinya di pagi hari dengan tujuan bisa produktif seharian. 

Ternyata manfaat tersebut tidak hanya dirasakan dalam jangka pendek saja, lho. Faktanya, jika kita mengonsumsi kopi secara rutin, otak akan tetap terjaga hingga tua nanti. Bagaimana bisa, ya?

Dilansir dari jurnal Frontiers in Neuroscience, zat bernama phenylindanes dalam kopi bisa memproteksi otak dari protein beracun penyebab penyakit otak. Hal ini akan menghindarkan kita dari alzheimer, parkinson, dan penyakit degeneratif lainnya.

Baca Juga: 7 Khasiat Minum Teh Setiap Hari, Dapat Cegah Kanker dan Diabetes

5. Mencegah pertumbuhan sejumlah kanker

Bikin Panjang Umur, Ini 7 Manfaat Tak Terduga Minum Kopi Tiap Harimanagedhealthcareexecutive.com

Jika kamu masih belum tergugah untuk minum kopi setiap hari, kamu harus tahu bahwa minuman tersebut memiliki khasiat besar lainnya, yaitu mencegah kanker. Pada laki-laki, kopi mampu menurunkan risiko kanker prostat. Untuk kaum hawa, minuman tersebut bisa menurunkan risiko kanker endometrium hingga 25 persen. 

Bukan itu saja, masih banyak jenis kanker lain yang dapat dicegah dengan minum kopi secara rutin. Dilansir dari laman CDC, di antaranya adalah kanker payudara, pankreas, kandung kemih, usus, hati, hingga leukemia. Hebat, kan?

6. Membantu menurunkan asam urat

Bikin Panjang Umur, Ini 7 Manfaat Tak Terduga Minum Kopi Tiap Harihelpwhathurts.com

Kopi juga bisa menurunkan dan menekan pertumbuhan asam urat dalam tubuh kita. Menurut penelitian Nurses’ Health Study, perempuan yang mengonsumsi kopi setiap hari akan mengalami penurunan asam urat dari 23 hingga 57 persen. Sedangkan pada laki-laki, kadar asam urat menurun sebanyak 40 hingga 60 persen.

Ternyata hal ini bisa terjadi berkat kandungan antioksidan kopi yang sangat kuat. Zat tersebut mampu mengurangi kadar insulin yang akhirnya berdampak pada penurunan asam urat dalam tubuh kita.

7. Peminum kopi hidup lebih lama menurut penelitian

Bikin Panjang Umur, Ini 7 Manfaat Tak Terduga Minum Kopi Tiap Haribestlifeonline.com

Itulah 7 manfaat minum kopi setiap hari bagi kesehatan kita. Selain memproteksi kita dari berbagai penyakit berbahaya, kopi secara general mampu membuat kita hidup lebih lama. Ini dibuktikan melalui studi dari New England Journal of Medicine tahun 2012. 

Penelitian yang dilakukan selama 13 tahun tersebut berhasil menguak seberapa besar peran kopi dalam menurunkan risiko kematian pada manusia. Hasilnya pun beragam tergantung pada seberapa banyak kopi yang diminum dalam sehari.

  • Satu cangkir: risiko kematian menurun hingga lima persen.
  • Dua hingga tiga cangkir: risiko kematian menurun 10 (laki-laki) hingga 13 persen (perempuan).
  • Empat hingga lima cangkir: risiko kematian menurun 12 (laki-laki) hingga 16 persen (perempuan).
  • Lebih dari enam cangkir: risiko kematian menurun 10 (laki-laki) hingga 15 persen (perempuan).

Lalu seberapa banyak konsumsi kopi yang dianjurkan dalam sehari?

Bikin Panjang Umur, Ini 7 Manfaat Tak Terduga Minum Kopi Tiap Hariindependent.co.uk

Kopi memang sangat baik untuk kesehatan. Namun konsumsi yang terlalu banyak pun tidak disarankan. Sebab, minuman tersebut dapat membuat kita kecanduan, meningkatkan kolesterol jika tidak diolah dengan baik, serta mengganggu pola tidur. 

Maka dari itu, kita harus mengonsumsinya sesuai dengan jumlah yang disarankan. Jika dilihat dari studi New England Journal of Medicine di atas, puncak dari khasiat kopi dapat dirasakan jika kita meminum empat hingga lima cangkir sehari. Jadi itu adalah batas konsumsi yang disarankan.

Penting pula diketahui bahwa sebaiknya tidak terlalu banyak menambahkan gula atau perasa manis lainnya untuk mencegah peningkatan gula darah. Selain itu, tidak ada efek samping lainnya yang perlu dikhawatirkan kok. Selamat minum kopi, ya!

Baca Juga: Lakukan 7 Cara Ini jika Kamu Mau Lepas dari Ketergantungan Minum Kopi

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya