Comscore Tracker

Tahu dan Tempe, Ternyata Ini yang Lebih Sehat dan Kaya Manfaat

Kalau kamu lebih suka makan yang mana?

Tempe dan tahu, dua makanan dari kedelai, sudah lama jadi favorit masyarakat Indonesia. Popularitasnya tak lekang ditelan zaman. 

Dua makanan ini dikenal kaya protein dan bisa didapatkan dengan harga murah. Tahu dan tempe juga menyimpan banyak nutrisi, seperti lemak baik dan beragam jenis mineral. Bukan hanya itu, tahu dan tempe juga minim risiko kesehatan walaupun dikonsumsi setiap hari. 

Berbahan sama, ternyata tahu dan tempe punya perbedaan dari segi gizi. Kira-kira, yang mana lebih sehat? Simak jawabannya di sini!

1. Perbedaan tahu dan tempe dari segi pembuatannya

Tahu dan Tempe, Ternyata Ini yang Lebih Sehat dan Kaya Manfaatilustrasi kedelai (freepik.com/jcomp)

Tempe dan tahu memang sama-sama dibikin dari kedelai. Tapi keduanya diolah dengan cara berbeda. 

Tahu dibuat dari kedelai yang dimasak hingga mendidih dan disaring dengan kain. Adonannya lalu didiamkan dan ditekan sampai padat.

Beda dengan tempe yang diawali dengan merendam kedelai semalaman dan mengupasnya. Setelah itu direbus dan dikeringkan, lalu dicetak setelah ditambahkan ragi. Biasanya tempe didiamkan di suhu ruangan hingga 60 jam.

2. Perbandingan nutrisi antara tahu dan tempe

Tahu dan Tempe, Ternyata Ini yang Lebih Sehat dan Kaya Manfaatilustrasi tempe (pixabay.com/Bintang_Galaxy)

Tahu dan tempe menyimpan banyak protein nabati yang dibutuhkan tubuh. Tapi meski mirip, keduanya berbeda dalam hal nutrisi.

Dikutip dari Healthline, kandungan protein dalam tahu lebih rendah dibandingkan tempe. Jumlah kalori yang dikandungnya juga jauh lebih kecil sehingga cocok untuk diet. Tapi tetap saja tahu merupakan sumber protein yang baik. 

Tempe, bagaimana pun, mengandung protein dan kalori yang lebih tinggi daripada tahu. Begitu pula dengan serat. Kamu bisa mengonsumsinya untuk memperbaiki proses pencernaan yang bermasalah. 

Baca Juga: 7 Cara Alami Kurangi Gula Berlebihan dalam Tubuh, Cegah Diabetes

3. Tahu dan tempe memiliki beberapa kesamaan manfaat

Tahu dan Tempe, Ternyata Ini yang Lebih Sehat dan Kaya Manfaat

Ada perbedaan, ada pula kesamaan. Tahu dan tempe memiliki beberapa manfaat yang serupa untuk tubuh kita. Berikut ini di antaranya:

  • Kaya akan protein nabati yang lebih sehat daripada hewani;
  • Mengandung lemak baik tanpa kolesterol yang bisa menyehatkan jantung;
  • Kaya akan isoflavon, zat yang menyerupai estrogen. Dengan mengonsumsinya, tubuh lebih terlindungi dari kanker dan penyakit jantung;
  • Kaya akan kalsium untuk kesehatan tulang dan gigi.

4. Tempe memiliki satu keunggulan dibandingkan tahu

Tahu dan Tempe, Ternyata Ini yang Lebih Sehat dan Kaya Manfaatilustrasi tempe (wikipedia.org)

Walaupun begitu, jika dilihat dari kandungannya, tempe memiliki satu keunggulan dibandingkan tahu. Karena dihasilkan dari proses fermentasi, makanan ini mengandung prebiotik.

Prebiotik merupakan serat alami yang meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam organ pencernaan kita. Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengonsumsinya. Tubuh tak mudah terkena inflamasi, kolesterol jahat bisa menurun, proses pencernaan lebih lancar, serta baik untuk ingatan. 

Lebih lanjut, dilansir The Healthy, proses fermentasi tempe juga meningkatkan kandungan nutrisi lain. Di antaranya adalah vitamin B dan zat besi.

5. Tahu juga unggul dalam satu hal dibandingkan tempe

Tahu dan Tempe, Ternyata Ini yang Lebih Sehat dan Kaya Manfaatilustrasi tahu (freepik.com/jcomp)

Tak mau kalah, tahu juga memiliki keunggulan dibandingkan tempe. Makanan bertekstur lembut ini lebih aman untuk dikonsumsi setiap hari untuk siapa pun. Orang-orang yang ingin menghindari gluten dan memiliki penyakit Celiac bisa mengonsumsinya tanpa takut menimbulkan masalah. Sebab, tahu tidak mengandung ragi seperti tempe. 

Secara garis besar, tahu dan tempe memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Perbedaan dua makanan favorit masyarakat Indonesia ini terletak pada kandungan prebiotik di tempe. 

Namun selebihnya, tahu dan tempe merupakan sumber protein nabati yang direkomendasikan dan aman dikonsumsi dalam jangka panjang. Nah, kamu lebih suka yang mana, nih?

Baca Juga: 7 Makanan Sumber Protein Paling Murah, Cocok untuk Anak Kos

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya