Comscore Tracker

7 Pilihan Makanan Terbaik Pengganti Nasi untuk Diet

Tetap bisa kenyang dan sehat tanpa nasi

Buat sebagian orang Indonesia, rasanya seperti belum lengkap jika makan tanpa nasi. Tapi kini semakin banyak orang yang mengurangi asupan nasinya, entah karena mengikuti tren diet keto atau diet rendah karbohidrat.

Mengurangi nasi, jika diikuti pola diet yang tepat, memang efektif menurunkan berat badan. Tapi kamu tidak boleh menyetop sama sekali konsumsi karbohidrat, sebab zat itu dibutuhkan tubuhmu untuk menciptakan energi.

Ada solusi buat kamu yang ingin berhenti makan nasi tapi tetap bisa kenyang. Yakni dengan mengonsumsi makanan jenis karbohidrat kompleks, yang kalorinya tidak sampai bikin berat badan naik. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Shirataki

7 Pilihan Makanan Terbaik Pengganti Nasi untuk DietIlustrasi shirataki (IDN Times/Nurulia R. Fitri)

Orang diet sering mengonsimsi shirataki untuk sumber karbohidrat alternatif. Pada satu makanan ini (85 gram), kandungannya kurang dari 5 kalori. Bahkan, jika kamu mengonsumsi kurang dari itu, shirataki tidak mengandung kalori sama sekali. 

Shirataki tak cuma bagus untuk diet, melainkan juga bermanfaat untuk kesehatan. Sebab mengandung serat glukomanan yang bisa melapisi dinding usus, melancarkan pencernaan, serta menimbulkan rasa kenyang yang lebih awet. 

2. Kembang kol

7 Pilihan Makanan Terbaik Pengganti Nasi untuk Dietapartmenttherapy.info

Kamu juga bisa mengganti nasi dengan kembang kol. Cukup hancurkan hingga bertekstur seperti nasi. Meski tampak aneh, kembang kol punya rasa yang ringan sehingga tidak akan mengganggu makanan pendampingnya.

Pada satu posri nasi kembang kol (57 gram) cuma terdapat 13 kalori. Bandingkan dengan seporsi nasi putih yang mengandung 100 kalori. Makanya, tak heran jika nasi kembang kol efektif untuk turunkan berat badan. 

3. Brokoli

7 Pilihan Makanan Terbaik Pengganti Nasi untuk Dietmastercook.com

Berikutnya, kamu bisa mencoba nasi yang terbuat dari brokoli. Dalam satu porsinya, kamu akan mendapatkan 15 kalori, tidak jauh berbeda dengan nasi kembang kol. Sementara itu, kadar karbohidratnya mencapai 4 gram. 

Keunggulan nasi brokoli adalah ia memiliki banyak khasiat lain selain menjadi sumber karbohidrat. Sayuran berwarna hijau itu kaya akan vitamin C, serat, dan antioksidan yang mampu memperkuat sistem imun tubuh. 

Baca Juga: 7 Manfaat Kesehatan Minyak Ikan yang Terbukti secara Ilmiah

4. Kubis

7 Pilihan Makanan Terbaik Pengganti Nasi untuk Dietcloudfront.net

Sayuran berikutnya yang bisa kamu coba adalah kubis yang telah dicincang. Rasa yang dihasilkan tidak jauh berbeda dengan kembang kol, tetapi teksturnya lebih empuk.

Menurut data dari Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), nasi kubis mengandung 12 gram karbohidrat dan 22 kalori. Selain itu, dengan mengonsumsinya kamu juga akan mendapatkan vitamin C dan K. 

5. Barley

7 Pilihan Makanan Terbaik Pengganti Nasi untuk Dietmedicalnewstoday.com

Barley merupakan biji-bijian yang masih satu keluarga dengan gandum. Disebut juga sebagai jelai, ia sering dijadikan sebagai bahan baku roti, sereal, minuman, dan lain sebagainya. 

Tak hanya itu, barley juga bisa menjadi sumber karbohidrat yang lebih sehat, lho. Walaupun hitungan kalorinya kurang lebih sama dengan nasi putih, biji-bijian ini mengandung lebih banyak protein, serat, vitamin B, zinc, dan selenium. 

6. Zukini

7 Pilihan Makanan Terbaik Pengganti Nasi untuk Dietjessicagavin.com

Alternatif berikutnya adalah zukini. Sayuran ini bisa dihancurkan seperti nasi atau diserut hingga tampak seperti pasta. Kalorinya pun sangat rendah. Dalam 100 gram zukini, tercatat hanya mengandung 17 kalori dan 4 gram karbohidrat. 

Selain itu, zukini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Di antaranya kaya akan antioksidan, baik untuk jantung, menurunkan kadar gula darah, melancarkan pencernaan, dan bagus untuk mata.

7. Berbagai jenis jamur

7 Pilihan Makanan Terbaik Pengganti Nasi untuk Dietfreepik.com/stockking

Bukan hanya shirataki, berbagai jenis jamur juga baik untuk pengganti nasi putih. Kamu bisa menggunakan jamur tiram, kancing, enoki, maitake, shiitake, dan lain sebagainya. Sesuaikan saja dengan preferensimu. 

Rata-rata jamur hanya memiliki 16 kalori dan 2 gram karbohidrat per 100 gramnya. Khasiatnya untuk kesehatan juga banyak. Di antaranya baik untuk jantung, menurunkan risiko kanker dan diabetes, hingga kaya akan serat, protein dan antioksidan. 

Selain jenis makanan yang disebutkan di atas, masih banyak lagi makanan pengganti nasi lain yang bisa kamu eksplor. Di antaranya quinoa, bulgur, couscous, gandum, dan lain sebagainya. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Makan Telur Setengah Matang, Apakah Sehat? Ini Penjelasannya!

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya