Comscore Tracker

Cegah Kanker, 7 Khasiat Rutin Minum Teh Tiap Hari

Asalkan jangan berlebih, cukup secangkir sehari

Seperti kopi, teh termasuk minuman paling populer bagi masyarakat Indonesia. Minuman ini digemari karena mudah dikonsumsi kapan pun, dan tentu saja nikmat.

Di balik rasanya dan efek menenangkan setelah dikonsumsi, teh juga menyimpan sejumlah manfaat bagi tubuh. Seduhan daun teh berkhasiat besar bagi kesehatan, bahkan menurut penelitian, minum teh bisa mencegah penyakit kronis seperti kanker dan diabetes.

Selain itu, teh juga masih punya khasiat lain yang mungkin belum kamu tahu. Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Teh Susu, Teh Tarik dan Thai Tea

1. Menghilangkan bau mulut yang tidak sedap

Cegah Kanker, 7 Khasiat Rutin Minum Teh Tiap Haripreferreddentalcaresantarosa.com

Jangan ragu mulutmu mengeluarkan bau mengganggu saat kamu minum teh. Penelitian dari University of Illinois tahun 2003 mengungkapkan bahwa kandungan polifenol pada teh bisa membunuh bakteri mulut yang menyebabkan bau tidak sedap. Menurut riset itu, pertumbuhan bakteri menurun hingga sekitar 30 persen.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Cegah Kanker, 7 Khasiat Rutin Minum Teh Tiap Hariinternationalintegrative.com

Kalau kamu sulit tidur di malam hari, sebaiknya mulai sekarang rutinlah minum teh. Menurut sebuah studi dari Integrative Medicine Research, minum secangkir teh setiap malam, terutama teh hitam, dapat membantu menyembuhkan insomnia ringan hingga sedang. 

3. Mencegah alzheimer dan parkinson

Cegah Kanker, 7 Khasiat Rutin Minum Teh Tiap Harialsadaranews.com

Dua penyakit yang menyerang otak ini termasuk penyakit genetis. Kalau keluargamu punya riwayat penyakit itu, kamu mesti meminimalisir risikonya sejak dini. Salah satu cara yang ampuh dengan minum teh setiap hari.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan Science Daily tahun 2019 menunjukkan bahwa teh memiliki kontribusi yang besar dalam meningkatkan struktur otak.

Baca Juga: 11 Manfaat Habbatussauda, Jintan Hitam Penyembuh Penyakit

4. Membantu cegah diabetes

Cegah Kanker, 7 Khasiat Rutin Minum Teh Tiap Hariucl.ac.uk

Mengonsumsi makanan manis secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Sebab bisa menyebabkan gula darah naik, yang bisa memicu risiko diabetes.

Jika kamu suka mengonsumsi makanan manis, imbangi dengan rutin minum teh. Menurut studi dari Journal of Food Science tahun 2009, polysaccharide yang dikandung minuman tersebut mampu mengontrol risiko diabetes. 

5. Melancarkan pencernaan

Cegah Kanker, 7 Khasiat Rutin Minum Teh Tiap Hariindiatimes.com

“Zat tannins yang terkandung dalam teh bisa menenangkan usus sehingga mengurangi gejala sakit perut dan diare,” kata Hillary Cecere, seorang ahli diet dan nutrisi kepada The List. 

Menurut sumber yang sama, teh juga mampu menjaga keseimbangan bakteri baik dalam perut. Dengan begitu, pertumbuhan bakteri jahat seperti Salmonella dan H. pylori pun dapat ditekan. Namun, jangan menambahkan susu dalam tehmu karena khasiatnya akan berbalik.

6. Mencegah penyakit jantung

Cegah Kanker, 7 Khasiat Rutin Minum Teh Tiap Haricloudfront.net

Dilansir dari laman WebMD, konsumsi teh secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Lagi-lagi hal ini dapat terjadi karena polifenol yang dikandungnya.

Zat tersebut sangat kuat memerangi radikal bebas yang ada di dalam pembuluh darah. Bukan hanya itu, polifenol juga terbukti bisa menurunkan tingkat kolesterol hingga 11 persen. 

7. Menurunkan risiko kanker

Cegah Kanker, 7 Khasiat Rutin Minum Teh Tiap Harinbcnews.com

Teh memang memiliki berbagai zat yang sangat baik untuk kesehatan. Contohnya polifenol dan antioksidan. Dilansir dari Cancer.gov, keduanya memiliki kemampuan untuk menurunkan risiko kanker dengan menghalangi pertumbuhan tumor ganas. Beberapa kanker yang bisa dicegahnya adalah kanker kulit, prostat, paru-paru, dan payudara. 

Nah, setelah mengetahui semua manfaat teh di atas, apakah kamu tertarik untuk mengonsumsinya setiap hari? Kamu bisa mencoba berbagai jenis yang tersedia.

Mulai dari teh hitam, teh hijau, teh putih, dan lain-lain. Secara keseluruhan, semuanya memiliki khasiat yang disebutkan di atas. 

Baca Juga: 8 Manfaat Kesehatan Daun Kelor, Pencegah Kanker dan Diabetes

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya