Comscore Tracker

Ssst! Ini Tanda Kamu Kecanduan Mi Instan dan Cara Mengatasinya

Apakah kamu cuma mau makan mi instan setiap hari?

Sebagian orang, termasuk kamu, tentu familier degan mi instan. Kadang, mi instan malah dijadikan pengganti makanan pokok pada momen tertentu.

Mi instan memang digemari oleh penduduk bumi. Menurut data Fooducate, masyarakat dunia mengonsumsi 100 miliar mi instan setiap tahun. Fantastis!

Kalau kamu doyan makan mi instan, sah-sah saja. Yang jadi masalah adalah ketika kamu sudah pada tahap kecanduan. Misalnya, kamu cuma ingin makan satu makanan saja, yaitu mi instan, setiap hari.

1. Mi instan termasuk makanan yang sering menyebabkan ketagihan, kenapa?

Ssst! Ini Tanda Kamu Kecanduan Mi Instan dan Cara Mengatasinyainsider.com

Mi instan bisa disebut makanan yang sering membuat orang ketagihan. Mengapa demikian?

Menurut berbagai sumber, mi instan bikin ketagihan bukan cuma karena MSG. Ada juga kandungan rahasia bernama kansui. Dilansir Insider, kandungan itu berupa larutan alkalin (basa) yang tersusun oleh kalium karbonat dan natrium karbonat. 

Kansui sering dipakai untuk menguatkan tekstur dan warna mi instan, serta menjaga kekenyalannya. Di sisi lain, kandungan itu juga yang membuat mi instan enak dan bikin nagih

2. Kecanduan makanan menyerang bagian otak yang sama dengan kecanduan narkoba

Ssst! Ini Tanda Kamu Kecanduan Mi Instan dan Cara Mengatasinyakitchenathoskins.com

Jika kamu cuma ingin mengonsumsi satu jenis makanan setiap hari, mungkin itu tanda kamu kecanduan. Kondisi itu sering diabaikan, meski nyatanya merupakan masalah serius.

Dikutip dari Healthline, kecanduan makanan bisa digolongkan ke dalam eating disorder atau perilaku makan yang menyimpang. Kondisi itu mirip dengan bulimia, gangguan makan berlebihan, hingga anoreksia. 

Kecanduan makanan juga melibatkan bagian otak dan saraf yang sama dengan kecanduan narkoba. Makanan cepat saji, termasuk mi instan, mampu mengacaukan hormon dopamin yang akhirnya memengaruhi kinerja biokimia di otak. 

Baca Juga: 5 Tips Konsumsi Junk Food Biar Gak Berujung pada Penyakit Serius

3. Dampak buruk dari kecanduan mi instan

Ssst! Ini Tanda Kamu Kecanduan Mi Instan dan Cara Mengatasinyayoutube.com/Strictly Dumpling

Kini kita sudah mengetahui bahwa kecanduan makanan adalah gangguan makan serius yang perlu mendapatkan perhatian lebih. Namun, seberapa berbahayakah masalah ini?

Ada beberapa dampak buruk dari kecanduan mi instan. Yang pertama, jika keinginan tersebut terus dituruti, kamu akan mengalami malnutrisi. Gizi di dalam mi instan sangat rendah. Jika kamu mengonsumsinya terus-menerus, tubuh tidak akan mendapatkan nutrisi yang diperlukannya.

Kedua, dilansir WebMD, kecanduan makanan membuat kita berisiko lebih tinggi untuk mengalami obesitas. Terlebih kandungan kalori di dalam mi instan cukup tinggi. 

Konsumsi mi instan secara berlebihan dalam jangka panjang juga bisa meningkatkan risiko beberapa gangguan kesehatan. Mulai dari diabetes tipe 2, hipertensi, meningkatnya gula darah, hingga mengaktifkan sel kanker di dalam tubuh. Seram, kan?

4. Gejala yang menunjukkan kamu kecanduan mi instan

Ssst! Ini Tanda Kamu Kecanduan Mi Instan dan Cara Mengatasinyacgtn.com

Siapa, sih, yang gak doyan mi instan? Pertanyaannya adalah, apakah kita dalam taraf kecanduan atau tidak. Untuk mengetahuinya, berikut ini gejala-gejala yang perlu kamu cermati.

  1. Sering kali ingin makan mi instan walaupun sudah kenyang atau baru saja makan makanan lain.
  2. Ketika makan mi instan, rasanya tidak bisa berhenti dan akhirnya makan lebih banyak daripada perkiraan.
  3. Sering merasa bersalah setelah makan mi instan, tetapi kamu tetap ingin memakannya lagi.
  4. Makan hingga merasa kekenyangan.
  5. Selalu membuat alasan untuk makan mi instan.
  6. Berusaha untuk berhenti, tapi selalu gagal karena tak bisa melawan keinginan makan mi instan.
  7. Makan mi instan sembunyi-sembunyi agar tak ketahuan orang lain;
  8. Tahu bahwa mie instan tak baik jika dikonsumsi terus-menerus, tetapi kamu tak bisa mengontrolnya.

Jika kamu mengalami lima gejala atau lebih, kemungkinan besar kamu mengalami masalah kecanduan. Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini?

5. Cara mengatasi kecanduan mi instan

Ssst! Ini Tanda Kamu Kecanduan Mi Instan dan Cara Mengatasinyacdnparenting.com

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan tentu menghindarkan diri dari makanan yang membuatmu kecanduan. Sebagai permulaan, kamu bisa membatasi porsi makan mi instan per minggu.

Kemudian, cobalah bertahan selama beberapa minggu tanpa makanan tersebut. Selain itu, jangan stok mi instan di rumah karena hal ini akan memudahkanmu untuk "cheating". 

Sebagai gantinya, konsumsilah makanan yang lebih sehat. Misalnya daging, ikan, telur, sayuran, dan buah-buahan. Hindarilah makanan olahan dan makanan cepat saji yang bisa menimbulkan kecanduan lain. 

Akan tetapi, jika kamu sudah tak bisa lagi mengatasi hal ini sendiri, ada baiknya untuk meminta bantuan dari ahli gizi, psikolog, atau dokter. Mereka akan memberikan terapi, pengobatan, dan konsultasi yang kamu butuhkan. 

Baca Juga: Trik Ampuh agar Lepas dari Kecanduan Gula, Ternyata Begini

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya