Comscore Tracker

7 Faktor Ini Meningkatkan Risiko Stroke, Kontrol dari Sekarang!

Biasakan hidup sehat agar terhindar dari penyakit stroke

Stroke terjadi akibat terhambatnya aliran darah ke otak. Menurut data dari World Stroke Organization, satu dari enam orang di dunia menderita penyakit jantung tersebut. Setiap tahun ada 5,8 juta orang yang meninggal karenanya.

Ada banyak hal yang bisa memicu peningkatan risiko stroke pada seseorang.Penyakit ini punya faktor risiko yang sulit dikendalikan, seperti usia, jenis kelamin, genetik, dan ras. Meski begitu, ada juga faktor lain yang bisa dikontrol lewat gaya hidup.

Apa sajakah itu? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Tekanan darah

7 Faktor Ini Meningkatkan Risiko Stroke, Kontrol dari Sekarang!aarp.net

Tekanan darah merupakan faktor risiko yang memengaruhi stroke paling signifikan, sekaligus yang paling mudah dikontrol. Menurut standar terbaru, tekanan darah normalnya 130/80. Kamu bisa memantaunya sejak dini untuk mengetahui dirimu berisiko stroke atau tidak.

Kamu bisa menurunkan tekanan darah dengan membatasi konsumsi garam per hari, dengan menerapkan angka maksimal 1.500 miligram. Kamu juga sebaiknya mengurangi jenis makanan yang mengandung banyak kolesterol.

2. Berat badan

7 Faktor Ini Meningkatkan Risiko Stroke, Kontrol dari Sekarang!ontrackdiabetes.com

Dilansir laman Harvard Health, obesitas termasuk salah satu faktor pemicu komplikasi berupa stroke. Kamu dianjurkan menjaga berat badanmu tidak melebihi batas normal, 30 di Body Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh (IMT).

Kamu bisa mencoba banyak kalkulator BMI yang banyak tersedia di internet atau melalui aplikasi handphone

3. Kadar kolesterol di dalam darah

7 Faktor Ini Meningkatkan Risiko Stroke, Kontrol dari Sekarang!medlineplus.gov

Kolesterol juga sangat berperan dalam menentukan risiko stroke. Zat itu memicu penyumbatan pembuluh darah, sehingga alirannya ke otak tidak lancar.

Dari laman Stroke.org, tingkat kolesterol yang ideal adalah 200. Jika kolesterolmu mencapai 240, risiko stroke akan semakin sulit untuk dikontrol. 

Untuk mengatasinya kamu harus memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung kolesterol baik. Mereka akan membantumu memerangi kolesterol jahat di dalam darah. Contohnya ikan, alpukat, kacang-kacangan, dan buah tinggi serat.

Baca Juga: Coba Kenali 8 Gejala Stroke yang Bisa Terjadi di Usia Muda

4. Kadar gula darah

7 Faktor Ini Meningkatkan Risiko Stroke, Kontrol dari Sekarang!healthline.com

Diabetes, obesitas, dan stroke adalah penyakit yang saling berkaitan. Ketika kadar gula darah tinggi, kamu akan berisiko terkena ketiganya. Sedangkan saat kamu sudah memiliki penyakit diabetes, risiko stroke akan naik sebesar 1,5 kali lipat. Oleh karena itu, jagalah pola makan dan batasi jumlah gula harianmu.

5. Konsumsi alkohol dan obat terlarang

7 Faktor Ini Meningkatkan Risiko Stroke, Kontrol dari Sekarang!medicaldaily.com

Jurnal berjudul “Stroke Risk Factors, Genetics, and Prevention” yang terbit tahun 2017 mengatakan bahwa alkohol dan obat terlarang memiliki risiko yang besar terhadap berbagai jenis stroke. Konsumsi alkohol akan menimbulkan stroke hemoragik. Sementara obat terlarang bisa menyebabkan hipertensi, yang kita tahu merupakan faktor risiko stroke. 

6. Kebiasaan merokok

7 Faktor Ini Meningkatkan Risiko Stroke, Kontrol dari Sekarang!frontiersinblog.com

Masih dari jurnal yang sama, rokok tercatat sebagai faktor risiko utama dari stroke. Bahkan diperkirakan ia berkontribusi terhadap 15 persen kematian dari penyakit tersebut. Zat yang terkandung di dalam rokok bisa membuat darah menjadi kental dan menimbulkan plak dalam pembuluh arteri. 

Tidak hanya berbahaya untuk perokok aktif, mereka yang menghirup asapnya juga berada diambang risiko. Oleh karena itu, batasi kebiasaan merokok mulai dari saat ini. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk menghentikannya. 

7. Penyakit anemia sel sabit

7 Faktor Ini Meningkatkan Risiko Stroke, Kontrol dari Sekarang!ghr.nlm.nih.gov

Anemia sel sabit atau sickle cell anemia adalah kondisi di mana tubuh tidak memiliki sel darah merah sehat untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Dilansir Stroke.org, sel tersebut cenderung menempel di dinding pembuluh darah sehingga menyebabkan penyumbatan. Pasien penyakit ini harus mendapatkan penanganan dari dokter agar tidak berlanjut ke stroke. 

Nah, sudah tahu kan apa saja yang bisa kita kendalikan dari sekarang agar terhindar dari stroke? Agar lebih optimal, kita juga harus membiasakan makan makanan sehat dan berolahraga secara rutin. 

Baca Juga: 5 Manfaat Sehat Stroberi, Ampuh Mencegah Stroke dan Hipertensi!  

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya